Blog

SIRCLO Umumkan Pendanaan USD 6 Juta Untuk Membantu Bisnis Berjualan Online Di Tengah New Normal

JAKARTA, 28 Agustus 2020 – Perusahaan e-commerce enabler SIRCLO mengumumkan penutupan pendanaan Seri-B sejumlah $6 juta (sekitar Rp88 miliar). Investor yang berpartisipasi dalam pendanaan ini adalah East Ventures, OCBC NISP Ventura, Skystar Capital, Sinar Mas Land, dan lainnya. 

“Kami sangat berterima kasih kepada para investor yang telah berpartisipasi dalam pendanaan Seri-B. Kami menggunakan suntikan dana ini untuk membantu memperkuat infrastruktur internal agar terus stabil dalam mengakomodasi pelaku bisnis yang semakin banyak memasuki e-commerce, termasuk klien-klien yang telah mempercayai kami,” kata Brian Marshal, CEO dan Founder SIRCLO. 

Selain pembukaan fulfillment center baru, SIRCLO juga terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan fitur dari SIRCLO Store. Melalui peningkatan layanan ini, maka SIRCLO Store bisa menyediakan platform terintegrasi untuk semua platform digital yang ditawarkan SIRCLO di berbagai kanal penjualan, seperti brand.com, marketplace, dan chat commerce.

Brian mengaku bahwa pendanaan Seri-B ini terjadi di momen yang tepat, dimana SIRCLO sebagai sebuah perusahaan e-commerce enabler berada di sektor bisnis strategis untuk mencapai pertumbuhan yang lebih pesat. Di tengah pandemi Covid-19, Kominfo mencatatkan jumlah transaksi belanja online meningkat hingga 400%. Laporan e-commerce SIRCLO Insights 2020 memperkirakan terdapat 12 juta pengguna e-commerce baru sejak pandemi berlangsung, dimana 40% diantaranya mengatakan akan terus mengandalkan e-commerce bahkan setelah pandemi berakhir. 

Brand-brand yang selama ini mengandalkan kanal penjualan tradisional pun terdorong untuk memasuki platform online agar bisa menjangkau konsumen dengan lebih baik. Karena itu, sebagai perusahaan spesialis yang mengatur kanal penjualan online para brand, maka SIRCLO menjadi solusi tepat dan diperkirakan dapat meningkatkan performa bisnis di tengah pandemi.

“SIRCLO berada pada waktu dan posisi yang tepat dalam masa pandemi ini. Dengan kemampuan yang sudah dibangun sebelum masa pandemi, SIRCLO membantu akselerasi transformasi digital yang sedang terjadi di negeri ini,” jelas Willson Cuaca, Co-founder dan Managing Partner di East Ventures.  

SIRCLO senantiasa menjadi jembatan antara brand ritel dan para konsumen melalui jasa SIRCLO Commerce. Lini bisnis yang satu ini memfasilitasi seluruh proses penjualan online, mulai dari pengaturan stok, proses pemesanan, pengiriman produk, sampai layanan konsumen. Dengan begitu, brand bisa mengandalkan SIRCLO untuk menjadi solusi lengkap ketika ingin berjualan secara online, baik melalui marketplace, chat commerce seperti Whatsapp Business, ataupun website sendiri. Selama masa pandemi, SIRCLO juga terus mengoperasikan fasilitas fulfillment center seperti biasa, untuk memastikan bahwa semua produk bisa terdistribusi dengan baik.

“Pendanaan kami di SIRCLO bertujuan untuk mendukung misi SIRCLO dalam membantu pemilik bisnis di Indonesia memasuki pasar digital dan mendukung perkembangan e-commerce. Bisnis dari berbagai skala seringkali kurang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk transisi dari offline ke online. Dengan berkolaborasi bersama SIRCLO, mereka mampu mendapatkan dukungan yang dibutuhkan untuk membuat website, mengelola berbagai platform marketplace, dan mengelola aspek logistik, sehingga pemilik usaha dapat berfokus penuh dalam menguatkan brand image mereka. OCBC NISP Ventura  percaya ini merupakan dorongan yang dibutuhkan oleh pelaku usaha untuk memasuki ranah e-commerce dan turut mendorong pertumbuhan e-commerce secara keseluruhan di Indonesia,” ungkap Darryl Ratulangi, Managing Director OCBC NISP Ventura.

“Sebagai e-commerce enabler terdepan di Indonesia, SIRCLO ingin terus memberikan layanan dan solusi terbaik bagi brand untuk mengembangkan bisnis secara online. Melalui pendanaan ini, kami terus meningkatkan kapabilitas dan jangkauan, agar bisa membantu semakin banyak brand di Indonesia. Kami juga optimis bahwa transaksi belanja online akan terus meningkat di masa depan, bahkan setelah pandemi berakhir,” ujar Brian Marshal. 

Lakukan Inisiatif Sosial dan Aksi Merger

Bisnis dalam negeri dapat menjadi penggerak ekonomi Indonesia di bulan-bulan mendatang. SIRCLO telah mendukung East Ventures, salah satu investor dari awal dan juga Seri-B ini, untuk menggarap inisiatif “Indonesia Pasti Bisa Jaga APD”. Inisiatif ini bertujuan untuk membantu distribusi APD secara merata ke seluruh Indonesia, serta menghindari kekurangan APD bagi tenaga medis yang bertugas. Dalam mencapai hal tersebut, East Ventures pun telah bekerja sama dengan UMKM dalam negeri untuk memproduksi APD yang akan disalurkan. 

Pada bulan Mei 2020, SIRCLO juga telah melakukan merger perusahaan dengan sebuah agensi penyedia teknologi dan solusi e-commerce ICUBE. Aksi merger ini memungkinkan SIRCLO dan ICUBE untuk menggabungkan ribuan klien mereka, sekaligus menyatukan kekuatan dari kedua belah pihak untuk membantu lebih banyak bisnis dan brand melakukan transformasi digital yang efektif dan efisien.

Pasca-merger, Founder & President ICUBE Muliadi Jeo mengemban posisi Chief Technology Officer (CTO) SIRCLO. Leontius Adhika Pradhana sebagai CTO sebelumnya telah mengambil alih peran Chief Product Officer (CPO). Selain itu, pada bulan Juni SIRCLO juga menyambut Chief Operations Officer (COO) baru, Danang Cahyono. Danang sebelumnya merupakan Managing Director di Westcon-Comstor Indonesia. Selama perjalanan karirnya, ia memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman kerja di berbagai perusahaan industri ritel yang termasuk dalam Fortune 500 Companies.

For English version, click here.

***

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce unggul di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan empat solusi bisnis, yakni SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan situs toko online berbasis template bagi bisnis lokal skala kecil hingga menengah. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 200+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Tangerang), hari ini SIRCLO memiliki 500 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!