Blog

Permintaan Produk di Marketplace Alami Lonjakan Selama Pandemi COVID-19

Adanya pandemi Covid-19 membuat kebiasaan dan perilaku berbelanja masyarakat pun ikut berubah. Banyak orang yang jadi beralih ke platform e-commerce untuk membeli berbagai kebutuhan. Kategori produk yang dibeli dan diminati oleh konsumen pun ikut bergeser. Misalnya saja, penjualan sepeda menjadi meningkat pesat sejak pandemi.

Salah satu produk yang paling banyak dicari di tengah pandemi ini tidak lain adalah produk kesehatan dan farmasi seperti masker, hand sanitizer, dan multivitamin. Kenaikan ini khususnya terjadi di awal pandemi. Berdasarkan data Tokopedia, nilai penjualan masker di bulan Maret meningkat sebanyak 197 kali dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Laporan Selengkapnya: On COVID-19: Sanitization Product Sales Surge in Indonesia’s E-Commerce by SIRCLO Insights

Selain produk kesehatan, kategori produk lainnya yang juga mengalami peningkatan adalah gadget dan alat elektronik. Hal ini terjadi karena sejak pandemi orang lebih banyak beraktivitas di rumah baik bekerja maupun mengisi waktu luang sehingga membutuhkan gadget untuk tetap terhubung dengan orang lain. Berdasarkan data penjualan Blibli, produk-produk seperti laptop, printer, dan peralatan gaming merupakan salah satu produk dengan pertumbuhan tertinggi. 

Tak hanya itu, peralatan elektronik rumah tangga seperti kompor dan oven juga banyak diburu. Menurut data Nielsen, 49% konsumen jadi lebih sering memasak dibandingkan sebelum pandemi. Bersamaan dengan munculnya kebiasaan memasak, jumlah penjualan online produk F&B pun meningkat. 

Peningkatan Demand untuk Produk F&B

Berdasarkan data internal SIRCLO, jumlah pemesanan produk food & beverage (F&B) meningkat sebesar 143% di berbagai platform marketplace dari Februari hingga Maret. Produk minuman seperti jus buah kemasan, susu, dan minuman instan mengalami peningkatan paling besar. Sementara produk makanan khususnya makanan kemasan (packaged food) seperti biskuit, bumbu rempah, dan snack mengalami peningkatan kedua tertinggi. 

Data ini pun sejalan dengan temuan sejumlah marketplace seperti Blibli dan Tokopedia. Menurut Senior Consumer Goods Key Account Manager Blibli, produk-produk seperti sayuran segar, buah-buahan, makanan frozen, minyak, dan peralatan rumah tangga lainnya mengalami lonjakan pesat. 

Begitu pula di Tokopedia, produk-produk makanan seperti daging sapi, jahe, dan kurma juga mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan laporan Tokopedia, selama bulan Maret lebih dari 100 ton daging sapi terjual. Sementara jumlah jahe yang dijual mencapai 60 ton. Salah satu alasan penjualan jahe meningkat ini bisa disebabkan karena jahe dipercaya dapat meringankan gejala Covid-19. 

Berdasarkan jenis-jenis makanan yang mengalami peningkatkan dalam penjualannya secara online, dapat disimpulkan bahwa makanan yang banyak dicari orang adalah bahan-bahan makanan untuk memasak serta makanan kemasan. Dari bahan-bahan makanan sendiri, data Nielsen di bulan Maret menunjukkan jumlah penjualan telur dan daging unggas meningkat masing-masing 26% dan 25%. Jumlah penjualan daging sapi meningkat 19% sementara sayuran dan buah-buahan meningkat 8%. 

Tidak sampai di Maret saja, tren pelonjakan penjualan online produk F&B ini pun terus berlanjut hingga 2 minggu pertama bulan April. Bahkan, jumlah pesanannya telah mencapai 1,5 kali lebih banyak dibandingkan penjualan di bulan Februari. 

SIRCLO Commerce Fasilitasi Distribusi Online

Melihat kebiasaan berbelanja online yang masih terus berlangsung dan jumlah transaksi online yang terus mengalami lonjakan, pebisnis pun dituntut untuk bisa bergerak cepat dan beradaptasi dengan perubahan ini, khususnya mereka yang sebelumnya tidak menjalankan bisnis secara online

Baca juga: Ini Alasan Brand Ritel Perlu Official Store di Marketplace

Untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, ada beberapa kanal penjualan yang bisa dimanfaatkan khususnya oleh pebisnis F&B, salah satunya marketplace mengingat tren penjualan di marketplace meningkat dengan signifikan. Agar dapat mengelola tiap-tiap channel marketplace yang digunakan dengan optimal, gunakan e-commerce enabler seperti SIRCLO Commerce. 

SIRCLO Commerce merupakan solusi multichannel e-commerce yang dapat membantu bisnis ritel untuk masuk ke jalur distribusi online dengan cepat dan mudah. Menyediakan layanan end-to-end mulai dari proses merchandising, pemasaran, pengelolaan inventori, hingga customer service e-commerce, SIRCLO Commerce memungkinkan sinkronisasi penjualan yang lebih mudah. 

Tags: , , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!