Blog

Pilah Pilih Kompetisi Toko Online yang Pas untuk Brand Kamu

Semakin banyaknya toko online yang muncul di Indonesia, calon pembeli juga memiliki banyak pilihan untuk memutuskan toko mana yang akan menjadi tempat mereka membeli produk atau jasa sesuai dengan yang dibutuhkan. Dengan banyaknya toko online dan terbatasnya pasar, pemilik toko online, mau tidak mau, harus menentukan posisi toko online-nya dan jenis persaingan apa yang akan mereka hadapi dengan toko online lainnya.

Berikut beberapa jenis persaingan toko online yang dapat kamu pelajari:

Persaingan harga

Persaingan harga antar toko online memang adalah yang paling umum dilakukan. Tetapi, bersaing pada harga bukan merupakan pilihan terbaik untuk penjual dengan sistem pengecer dengan jumlah kecil. Alasannya pemilik toko online yang lebih besar biasanya memiliki margin yang lebih baik dan dapat memasang harga yang lebih rendah dari pada produk yang sama. Salah satu contoh bisnis yang selalu memberikan potongan harga secara besar-besaran adalah Walmart, Carefour, hingga Hypermart. Salah satu trik untuk memenangkan persaingan harga adalah dengan membeli produk dalam jumlah besar, sehingga toko online tersebut dapat menawarkan produk dengan harga yang lebih murah kepada calon pembeli.

Persaingan kualitas

Salah satu persaingan yang juga banyak dilakukan oleh toko online selain persaingan harga adalah persaingan kualitas. Salah satu hal yang menunjukkan bahwa toko online tersebut bersaing secara kualitas adalah dengan harga yang lebih mahal dengan produk lainnya, terdapat garansi, bahkan tercantum kata ‘premium‘ atau ‘high quality product‘. Bersaing pada kualitas biasanya pada produk unggulan atau produk yang dibuat dengan kualitas lebih baik. Persaingan ini dapat menjadi cara yang bagus untuk bersaing dengan toko online lainnya yang sejenis dan ada memungkinkan membentuk pasar yang bertahan lama (bukan hanya pada saat tren). Selain itu, foto produk dan tampilan website yang elegan dan tampak profesional adalah salah satu penunjang untuk menarik pasar yang mementingkan kualitas produk.

Persaingan jasa/servis

Persaingan jasa atau layanan sangat bergantung pada ketekunan pemilik toko online dalam memberikan layanan yang terbaik daripada lainnya. Persaingan ini bisa saja sulit dilakukan pada skala usaha kecil baru tapi juga dapat menjadi strategi untuk memenangkan pasar. Salah satu bentuk persaingan layanan adalah dengan mengandalkan kekuatan word-of-mouth dari pembeli yang sudah pernah melakukan transaksi di toko online tersebut sebelumnya. Sebuah toko online mendapatkan calon pembeli melalui sharing pengalaman dan rekomendasi yang diberikan oleh pembeli yang telah selesai berbelanja.

Persaingan nilai tambah/value add

Persaingan dengan memberikan nilai tambah pada produk yang dijual adalah salah satu cara terbaik untuk membedakan diri di pasar. Dengan memberikan nilai tambah kepada calon pembeli memang terkesan sedikit ‘memaksa’ mereka untuk membeli 2 atau lebih produk dari toko online kamu dengan sistem bundling produk. Biasanya sistem bundling dikaitkan dengan penawaran harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan membeli produk secara terpisah. Dengan memberikan nilai tambah kepada calon pembeli, mereka akan merasa ‘diuntungkan’ dengan membeli produk yang mereka butuhkan di toko online kamu daripada membelinya secara terpisah di toko online lainnya.

Buat toko online mudah dan cepat: www.sirclo.com

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!