Blog

Sambut 2021, Ini 7 Hal yang Perlu Disiapkan untuk Bisnis

Menjalankan bisnis jelas tidak bisa lepas dari tantangan tapi tahun 2020 bisa dibilang menjadi tahun yang sulit bagi banyak bisnis terutama bisnis kecil. Walaupun demikian, ini juga berarti akan ada peluang-peluang baru ke depannya.

Tahun 2020 sudah hampir selesai. Bisnis pun mulai menganalisa penjualan di tahun ini dan mempersiapkan penjualan untuk tahun depan. Apa yang dapat dilakukan pelaku bisnis untuk mempersiapkan penjualannya di tahun 2021? 

Baca juga: Harbolnas 12.12 Menutup Tahun 2020, Bagaimana Situasinya di Tiap Marketplace?

Modal yang Cukup

Tahun ini mungkin angka penjualan dan pendapatan berbeda dari keadaan normal. Ini berarti bisnis harus kembali menyesuaikan anggaran pengeluaran untuk operasional dan kebutuhan bisnis lainnya agar bisa tetap berjalan.

Mengelola finansial bisnis terutama saat keadaan seperti ini menjadi kian penting. Kamu perlu membuat perencanaan dengan baik untuk bisnismu ke depannya, apalagi untuk bisnis yang baru saja dimulai. Pertimbangkan beberapa alternatif untuk mendapatkan modal. Analisa tiap-tiap alternatif dan pilih yang kira-kira tepat untuk model bisnismu. 

Kenali Target Audiens

Dengan adanya pandemi, kebutuhan dan perilaku konsumen pun ikut berubah. Agar bisa menyesuaikan, kamu perlu mencari tahu dan mengenal target audiensmu dan perubahan apa yang terjadi.

Dengan benar-benar mengenal target konsumen produkmu, kamu bisa memasarkan produk dengan lebih tepat sehingga anggaran pun tidak terbuang sia-sia. Lakukan riset terhadap pelanggan yang ada maupun calon pembeli yang sesuai dengan target demografi bisnismu. 

Sasar target konsumen dengan potensi pertumbuhan yang paling besar. Jangkau konsumen dengan cara-cara yang membuat mereka tertarik. Bangun hubungan secara personal dengan mereka untuk meningkatkan loyalitas. 

Tim yang Mendukung

Bagaimanapun juga, kesuksesan bisnis ditentukan oleh tim di dalamnya. Luangkan waktu untuk membangun tim dengan baik. Pastikan tiap karyawan dan staf memahami nilai-nilai brand dan produk yang dijual, serta mengetahui tujuan dari perusahaan. Tunjukkan apresiasi terhadap performa karyawan, berikan reward apabila dirasa tepat. Dengan tim yang produktif dan saling mendukung, bisnis pun bisa berjalan dengan efektif.

Manfaatkan Teknologi

Teknologi sudah banyak digunakan dalam berbagai aktivitas, termasuk juga bertransaksi, berjualan, dan berbisnis. Manfaatkan teknologi dalam berbagai kegiatan bisnis, misalnya untuk penjualan kamu bisa memanfaatkan teknologi dompet digital untuk memudahkan konsumen. 

Untuk pemasaran, kamu bisa menggunakan tools yang membantumu menganalisis data-data yang ada. Begitu pula untuk memantau dan meng-update stok atau mengelola keuangan, saat ini sudah ada begitu banyak pilihan tools yang dapat memudahkan kamu menjalankan bisnis sehingga kamu tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengerjakan satu hal.

Teknologi juga bisa kamu manfaatkan untuk berjualan online di platform manapun yang kamu pilih, baik di website, marketplace, dan WhatsApp. Solusi teknologi dari SIRCLO dapat membantumu mengelola penjualan dan menggapai konsumen secara efisien. Dengan budget yang sesuai kantong, kini kamu bisa berjualan online secara profesional. Cari tahu selengkapnya di sini.

Media Sosial untuk Pemasaran

Media sosial kini menjadi salah satu platform yang penting untuk memasarkan dan memperluas jangkauan bisnis. Rata-rata pengguna media sosial menggunakan platform tersebut untuk mencari tahu tentang brand yang tidak mereka kenal sebelumnya. Ada banyak platform media sosial yang bisa kamu gunakan. Namun, pilihlah platform yang tepat dan memang banyak digunakan oleh target konsumen bisnismu.

Buat kisah mengenai bisnismu seperti mengenai manfaat dan nilai dari produkmu kemudian bagikan konten yang menarik bagi audiens. Jaga hubungan dan bangun koneksi dengan mereka dengan cara membagikan konten-konten yang interaktif. 

Membangun hubungan yang personal dengan konsumen dapat membuat konsumen merasa mengenal brand-mu lebih dekat dan meningkatkan kemungkinan konsumen membagikan informasi terkait bisnis atau produkmu ke orang lain.

Layanan Berkualitas yang Terpersonalisasi

Terlihat sepele, tetapi layanan pelanggan menjadi salah satu faktor yang sangat perlu diperhatikan dan dijaga kualitasnya. Konsumen mengharapkan layanan pelanggan yang baik dari suatu bisnis. Bukan hanya masalah responsif saja, tetapi bisa memberikan solusi yang tepat bagi masalah atau kendala yang mereka hadapi.

Maka itu, pastikan kamu telah melatih staf yang bertanggung jawab terhadap layanan pelangganmu untuk bisa memberikan respons yang terpersonalisasi dan detail agar kepuasan pelanggan tetap terjaga. Tunjukkan kepada customer bahwa kamu menghargai mereka sehingga mereka merasa dilayani dengan baik.

Baca juga: Harbolnas, Efektifkah untuk Tingkatkan Penjualan Online?

Kemampuan untuk Beradaptasi

Aspek terakhir yang perlu disiapkan adalah kemampuan untuk beradaptasi. Pandemi tahun ini menunjukkan adaptabilitas menjadi kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh bisnis. Bisnis harus siap menghadapi perubahan yang mungkin terjadi secara mendadak. 

Salah satu contoh sederhananya adalah saat lockdown atau PSBB diterapkan saat awal pandemi. Bisnis offline pun harus bisa segera beralih ke penjualan online untuk bisa bertahan. Tak sedikit yang kemudian akhirnya melanjutkan menggunakan platform online sebagai channel baru untuk meningkatkan penjualan. 

Dengan perubahan yang terus terjadi, ditambah lagi dengan keadaan pandemi saat ini, dibutuhkan kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas agar suatu bisnis bisa bertahan dan bahkan berhasil. Mempersiapkan 7 hal ini akan membantu bisnismu lebih siap dan terus berkembang di tahun 2021.

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. 

Tags: , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!