Blog

Selebrasi Emansipasi Wanita Melalui Rangkaian Women Empowerment Week

Posted in Lainnya

Sebagai bentuk dukungan dalam memberdayakan womenpreneur di Indonesia, SIRCLO mengadakan serangkaian kegiatan bertajuk Women Empowerment Week yang diselenggarakan mulai dari 19 April 2021 sampai 30 April 2021 melalui platform online. Pekan yang khusus membahas wanita ini menghadirkan sejumlah kisah inspiratif dan informatif dari berbagai womenpreneur yang telah sukses dalam menjalankan bisnisnya. Rangkaian kegiatan yang diadakan oleh SIRCLO  ini  juga menjadi ajang selebrasi dari kelahiran tokoh pejuang wanita terkenal di Indonesia, yaitu Raden Ajeng Kartini yang biasa diperingati setiap tanggal 21 April.

Pentingnya Peran Wanita di Indonesia

Wanita sendiri memiliki peran yang sangat penting di masyarakat Indonesia. Selain menjadi figur ibu, menurut laporan Women in Business 2020, Indonesia dan Meksiko menduduki peringkat ke-4 dengan pemimpin wanita terbanyak di dunia. Sementara itu, menurut Geraldine Christina selaku Co-founder Shestarts.id, dari 63 juta UMKM di Indonesia, sekitar 21% merupakan bisnis UMKM milik wanita. Hal ini memperlihatkan bahwa setiap wanita memiliki kesempatan untuk maju dan punya potensi kepemimpinan yang dapat dikembangkan jika bisa diberdayakan.

Salah satu cara untuk memberdayakannya adalah melalui gerakan emansipasi wanita, yaitu proses pelepasan diri para wanita dari kondisi sosial ekonomi yang rendah, serta pelepasan diri dari pengekangan hukum yang dapat membatasi peluang untuk berkembang dan maju menjadi lebih baik. Dengan adanya gerakan ini, wanita dapat lebih bebas untuk melakukan pemenuhan diri dan pengembangaan diri karena memiliki akses setara ke sumber daya domestik dan masyarakat. Adanya gerakan emansipasi wanita yang dipelopori oleh Kartini, kini menghasilkan buah yang manis. Sekarang semakin banyak bermunculan sosok wanita hebat, mandiri, dan menginspirasi yang disebut sebagai Kartini Modern.

Perjuangan para Kartini Modern ini tidaklah mudah, bahkan dengan adanya tuntutan yang beragam, dapat dibilang perjuangan mereka sangat sulit. Maka itu, wanita harus saling support, belajar bersama dengan membagikan insight-insight yang berguna, dan saling bahu-membahu untuk memperjuangkan emansipasi wanita. Di era pandemi kini, beberapa medium yang bisa digunakan untuk membagikan insight adalah dengan webinar, media sosial, dan live streaming.

Baca juga: SIRCLO X Garnier Berbagi Kiat Merawat Kesehatan Kulit Wajah untuk Para Kartini Modern

Belajar Bersama Melalui Webinar dan Live Instagram

Rangkaian kegiatan Women Empowerment Week terdiri dari dua aktivitas utama yaitu live di Instagram serta Webinar yang dilakukan melalui platform Zoom. Pekan ini dibuka pada tanggal 21 April 2021 dengan Instagram Live “Cerita SIRCLO: dr Soap” yang menghadirkan Eunike Selomith (Founder and Marketing Director dr Soap) dan Jocellyn Stefanie (Founder and Brand & Creative Director dr Soap) untuk memberikan insight baru mengenai womenpreneur di kala pandemi COVID-19. Para founder brand yang fokus pada premium hygiene product ini juga setuju bahwa Women Empowerment berarti bentuk kekuatan wanita yang selalu bisa multitasking dengan banyaknya tuntutan sosial yang ada. 

Dua hari setelah pembukaan rangkaian event Women Empowerment Week, SIRCLO bersama Garnier Indonesia mengadakan Webinar bertajuk “Garnier Green Beauty” yang mengundang Diana Beauty (Senior Product Manager & Green Beauty Enthusiast) serta Sandra Marissa (Business Development eRecycle). Acara ini juga menjadi selebrasi peringatan Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April. Dalam acara ini, kedua pembicara memberikan motivasi kepada para wanita untuk terus bersama-sama menjaga lingkungan dan mengembangkan diri agar bisa memberikan impact positif untuk masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan Instagram Live “Cerita SIRCLO: KALA Studio” yang disiarkan secara langsung pada tanggal 26 April 2021. Sesi sharing ini mengundang KALA Sister yang merupakan founder KALA Studio, yaitu Adinda Tri Wardhani, Vina Ameliya, serta Karina Mahendra. Melalui brand KALA Studio, ketiga KALA Sister mengajak seniman Indonesia untuk berkolaborasi menghasilkan karya seninya dengan cara yang unik, yaitu serba online. Dengan bantuan platform online inilah, para founder dapat berkembang bersama-sama, menjadi wanita yang lebih berdaya, dan menjadi womenpreneur yang sukses.

Baca juga:  Sebuah Komitmen Bersama Untuk Bumi yang Lebih Hijau

SIRCLO dan Garnier kembali berkolaborasi dalam webinar bertajuk “Tips & Trik Skincare di Bulan Ramadan” yang mengundang Nadya Wibisono (Skin & Beauty Expert) dengan tujuan memberikan kiat-kiat untuk mencegah kulit terkena dehidrasi selama berpuasa. Mulai dari pemilihan kandungan produk, step by step pemakaian skincare, hingga pentingnya menggunakan skincare memberikan insight baru kepada womenpreneur yang sedang berbisnis di rumah sembari melakukan aktivitas lainnya.

Puncak rangkaian acara Women Empowerment Week adalah webinar yang diselenggarakan melalui Zoom pada hari Kamis, 29 April 2021. Acara yang bertajuk “Perempuan Ambil Langkah” ini dihadiri oleh business owner Josephine Siswanto (Onwer & Managing Director Less For More) dan Astri Zakiyyah (Owner BWBYAZ), serta community owner Geraldine Christina (Co-founder Shestarts.id). Para pembicara membagikan kisah-kisah perjuangan mereka dalam mendirikan usaha dan komunitas serta membagikan tips-tips untuk menghadapi tantangan yang kerap dihadapi oleh banyak wanita di Indonesia. Pesan yang bisa didapatkan adalah bahwa wanita memiliki “mind & hand”, yang berarti dengan pikiran maupun tangan, para wanita bisa terus berkarya, asalkan bisa yakin dengan diri sendiri.

SIRCLO Terus Dukung Womenpreneur

Dukungan SIRCLO terhadap para womenpreneur tidak hanya diwujudkan dalam bentuk webinar dan live di Instagram saja. SIRCLO juga membagikan banyak tips dan trik dalam bentuk artikel dan konten informatif yang dapat menambah insight terbaru mengenai dunia bisnis. Kamu bisa klik di sini untuk selalu update tentang berita terbaru di dunia bisnis, atau klik di sini untuk tahu lebih banyak tentang solusi bisnis dari SIRCLO.

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!