Blog

Semua Orang Bisa! Ini Cara Membuat Toko Online Bagi Pemula

Zaman sekarang siapapun bisa mulai mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuka toko online. Kamu seakan-akan memiliki toko 24 jam yang sangat mudah untuk dikendalikan karena semuanya serba otomatis.

Dengan model bisnis tertentu, kamu pun juga tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk mulai berjualan online. Nah, bila kamu tertarik memiliki toko online sendiri, berikut kami jabarkan tiga langkah yang perlu kamu lakukan dari awal hingga akhir:

1. Tentukan dasar-dasar bisnismu!

Kamu harus mengetahui dulu produk apa yang mau kamu tawarkan ke pasar, kemudian siapa pasar yang menjadi target kamu, kemudian apa model bisnis yang mau kamu jalankan.

Memilih produk sudah menjadi tantangan tersendiri. Yang jelas, kamu sebaiknya tidak menjual barang yang sama persis orang lain juga jual. Kamu harus bisa memberikan nilai lebih pada produk yang dijual, baik itu dalam segi keunikan, fungsi yang lebih baik, atau harga yang lebih ramah di kantong.

Ada banyak tips yang bisa kamu temukan seputar topik ini. Entrepreneur asal Amerika Steve Chou sebagai contoh, menyarankan agar produk yang dijual jangan rentan rusak dan mudah dikirimkan. Lebih baik lagi bila produk utamanya tidak hanya musiman seperti baju Halloween.

Dan masih banyak hal lain yang harus kamu pikirkan secara matang. Contoh saja bila menjual produk kosmetik, kamu mungkin harus berurusan dengan ijin BPOM yang rumit (dan mahal). Atau saat menjual produk elektronik, harganya akan semakin rendah seiring waktu berjalan, jadi harus dijual lebih cepat.

Setelah itu kamu harus tentukan siapa target pasar kamu, apakah anak kecil, remaja, atau dewasa. Kemudian mereka yang berada di kelas ekonomi bawah, menengah, atau atas. Pastikan kamu sudah mencari tahu terlebih dahulu alasan mengapa mereka akan membeli produk dari kamu. Mungkin ada tren yang sedang happening atau memang produknya dibutuhkan target pasarmu.

Terakhir, kamu perlu mencari tahu model bisnis yang mau kamu jalankan. Jika sebagai direct seller, berarti kamu harus serba sendiri. Dari membuat produk, menerima pesanan, sampai mengirim pesanan.

Model ini cenderung lebih repot dan produk yang bisa dibuat juga terbatas, kecuali kalau ada pabrik. Tetapi kamu lebih leluasa untuk mengembangkan bisnis kamu, dan juga mendapatkan keuntungan 100%.

Kalau reseller, kamu perlu bekerjasama dengan vendor dan menjadi distributor atas produknya. Kamu mengambil produk dengan harga yang lebih murah kemudian dijual dengan harga yang lebih menguntungkan.

Sebagai reseller, kamu juga butuh gudang untuk menyimpan inventori. Kamu tidak perlu pusing membuat produk kamu dari nol, dan tinggal mengurus pemesanan dan pengiriman saja. Jenis produk yang ingin dijual juga bebas sesuai keinginanmu, tetapi hati-hati ya jangan ada produk di gudang yang tidak terjual.

Terakhir adalah dropshipper, model bisnis ini paling pas untuk yang ingin mulai berbisnis tanpa modal. Kamu tidak perlu sibuk karena dari pembuatan hingga pengiriman produk semuanya diurus oleh vendor kamu. Kamu hanya perlu mencari pembeli dan menerima pesanan saja.

Kurangnya model ini adalah kamu tidak bisa memprediksi jika ada terjadi kesalahan dalam pengiriman karena kamu tidak bisa mengeceknya. Dan meskipun bukan salahmu, kamulah yang harus menghadapi komplain dari pembeli.

2. Tentukan platform toko online yang cocok

Selanjutnya kamu tinggal pilih platform toko online yang cocok untuk bisnismu. Sudah banyak platform gratis dan mudah untuk digunakan.

Pertama adalah media sosial seperti Facebook dan Instagram, yang sudah ramai penggunanya di Indonesia. Menjual produk pun sangat mudah, kamu tinggal mengunggah foto-foto produk dan berikan caption atau hashtag yang menarik. Untuk promosi juga tidak sulit, kamu bisa nge-tag nama-nama teman atau menumpang komen di profil orang lain.

Kekurangannya adalah terbatasnya fitur yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk. Tampilan profil kamu pun tidak bisa unik. Kamu juga harus mengatur seluruh proses seperti pencatatan inventori dan pengecekan order secara manual.

Opsi kedua adalah marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak. Berbeda dengan media sosial, situs marketplace akan memfasilitasi pembayaran dengan sistem rekening bersama (rekber) dan memiliki sejumlah fitur menarik lainnya seperti perhitungan biaya pengiriman secara otomatis.

Namun yang pasti banyak sekali kompetitor yang akan berjualan di sini dengan produk dan harga yang kompetitif. Oleh karena itu, pembeli akan jauh lebih selektif dalam memilih penjual, jadi kamu harus siap mengeluarkan modal lebih untuk memberikan variasi pada produk yang dijual di toko kamu agar terlihat sebagai “Toko Besar”.

Ketiga adalah website toko online personal. Tenang ini tidak membutuhkan keterampilan coding kok. Kamu bisa membuat website untuk toko online dengan bantuan platform pembuatan website seperti SIRCLO. Kamu cukup memilih template website yang sesuai, lalu mengisi ruang kosong dengan logo dan produk toko kamu.

Dengan adanya website personal, toko kamu akan terkesan lebih eksklusif karena kamu bebas menata tampilan serta fitur di halaman kamu. Kamu juga memiliki nama domain toko yang sesuai dengan identitas brand kamu. Di sini juga kamu bisa menuliskan konten di blog website untuk memperkuat hasil pencarian kamu di Google.

Toko ini juga bisa dikunjungi dan menerima transaksi selama 24 jam, karena semuanya sudah otomatis. Untuk kelemahannya, kamu perlu menginvestasikan uang dan waktu untuk memastikan website kamu tampak profesional dan up to date.

3. Operasikan, kembangkan, dan terus diupdate

Apabila kamu sudah memilih produk dan platform untuk toko online-mu, ayo segera berjualan!

Segera unggah foto-foto produkmu dan cobalah berbagai cara agar tokomu tampil beda dan membuat pembeli ingin mengunjunginya, misalnya dengan mengedit foto-foto dan mendesain tampilan halaman toko online.

Kamu harus aktif memberikan konten terbaru dan juga berikan layanan serta promo-promo menarik kepada pelanggan-pelangganmu. Dan jangan lupa untuk sebarluaskan informasi toko onlinemu, kalau tidak mana ada yang tahu!


Psst… Jika kamu tertarik membuat toko online gratis di Sirclo, tinggal pilih saja tombol merah di bawah dan kamu sudah bisa berjualan dalam waktu 2 menit saja!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!