Blog

Siapkan Strategi Ini Untuk Sambut Harbolnas 12.12

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional 12.12 sebentar lagi hadir. Perayaan ini ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tak terkecuali bagi pemilik toko online. Harbolnas bisa dijadikan ajang meraup keuntungan besar karena banjirnya promo mampu mengundang banyak konsumen untuk ikut serta melakukan transaksi belanja online.

Ajang tahunan yang selalu dilaksanakan mulai tanggal 12 Desember sampai beberapa hari kedepan ini awalnya hanya memiliki misi edukasi berupa pengenalan kemudahan berbelanja online. Makin bertambahnya tahun, ajang ini semakin digemari banyak penjual maupun pembeli. Partisipasi dari keduanya pun semakin meningkat

Untuk menyambut ajang besar tersebut, kamu sebagai penjual online wajib mempersiapkan segala mekanismenya. Dimulai dari persiapan jauh-jauh hari berupa riset, promosi, dan stok barang. Sampai pasca Harbolnas berupa survei penilaian konsumen. Demi mewujudkan penjualan toko online yang sukses, berikut panduan lengkap mempersiapkannya.

4 Minggu Sebelumnya

  • Lakukan Riset

Cari tahu tren barang terbaru apa saja yang sering dijual atau dicari pembeli di toko online melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, atau melalui chat grup seperti WhatsApp dan Line.

  • Tentukan Program Promo

Pikirkan dulu baik-baik berapa total diskon yang akan kamu berikan. Lalu, susun strategi untuk menarik pembeli agar mau belanja lebih banyak. Selain diskon produk, kamu juga dapat menambah minat pembeli dengan memberikan produk gratis. Kata “gratis” selalu menarik perhatian pembeli. Ditambah jika kamu menerapkan promo gratis ongkir.

 Baca juga: Berikut Barang-Barang Yang Akan DiIncar Selama Harbolnas

3 Minggu Sebelumnya

  • Persiapkan Stok Barang

Mempersiapkan stok barang yang siap dijual sangatlah penting. Tidak hanya jumlah produk yang harus diperhatikan, namun perlengkapan lainnya seperti kotak pengiriman, label pengiriman barang, dan sebagainya. Hal tersebut perlu dilakukan agar pembeli tidak menunggu terlalu lama setelah berbelanja di toko online kamu.

  • Konten Berkualitas

Persiapkan konten blog yang berisi tentang penjelasan detail dari produk yang kamu pajang di website toko onlinemu, Sertakan informasi lainnya yang bermanfaat seperti tips dan trik. Selain baik untuk mengedukasi pembeli tentang produk yang akan kamu jual saat Harbolnas 12.12, konten berkualitas juga berguna untuk mengoptimalkan SEO website kamu.

  • Rajin Promosi

Tingkatkan kegiatan mempromosikan program diskon, cuci gudang, dan program lainnya secara berkala. Jangan takut untuk mulai mempromosikan program diskon yang akan dijual. Kamu bisa mempromosikannya dengan menggunakan sosial media ads atau lewat influencer pilihan yang sesuai.

2 Minggu Sebelumnya

  • Modifikasi Website Toko Online

Percantik website kamu agar elok untuk dipandang dan pilihlah gambar yang menarik serta tulis deskripsi yang jelas di bawah gambar. Upayakan foto atau gambar di website sesuai dengan barang aslinya. Hindari membuat pengunjung merasa bingung dan jenuh berlama-lama di website. Buat pengunjung merasa nyaman saat membaca isi website onlinemu. Gunakan tampilan pada atas layar untuk informasi promosi agar mudah dibaca pembeli.

  • Sumber Daya Manusia

Selain siap dari segi platform dan kondisi produk. Kamu juga harus menyediakan dan melatih staf administrasi untuk menjawab respon penjual dengan cepat. Segera tanggapi pesanan atau pertanyaan pengunjung yang mampir di website onlinemu dengan cekatan. Kelalaian dalam melayani pembeli akan menurunkan citra brand di mata pembeli.

1 Minggu Sebelumnya

  • Informasi Toko Online

Periksa kelengkapan dan kebenaran nomor kontak, alamat email, nomor WhatsApp, dan informasi penting yang mendukung toko onlinemu. Hindari kehilangan order dari pelanggan hanya karena kesalahan kecil seperti tersebut.

  • Email Marketing

Kirimkan email kepada calon pembeli berupa informasi promosi Harbolnas 12.12. Apabila kamu menggunakan tools seperti MailChimp, Hubspot, Beepro, dan sejenisnya maka kamu dapat melakukan A/B Testing agar kamu tahu judul email seperti apa yang lebih jitu untuk menarik perhatian pembeli.

 Baca juga: 5 Cara Efektif Meningkatkan Penggunaan Facebook Ads

Pasca Harbolnas

  • Kumpulkan Pendapat

Beri kesempatan kepada pembeli untuk berpendapat. Tampung pendapat dari pembeli melalui sosial media, email, ulasan website, atau survey sederhana dengan Google Forms. Hal ini berguna agar kamu bisa meningkatkan kualitas toko dan kualitas produk berdasarkan hasil ulasan pembeli.

Menatap Harbolnas sebagai ladang keuntungan bisa kamu lakukan bersama SIRCLO Store. Sebagai penyedia layanan pembuatan toko online, SIRCLO mampu membuatkan website menarik dengan berbagai template gratis dan bisa diintegrasikan lewat satu dashboard. Informasi selengkapnya klik banner di bawah ini.

SIRCLO Store

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!