Blog

Simak Cara Melakukan Pemasaran Frozen Food

Terdapat satu sektor bisnis kuliner yang justru meningkat saat pandemi melanda. Bisnis kuliner ini adalah frozen food. Makanan beku ini terdapat banyak variannya seperti bakso, ayam potong dengan berbagai varian rasa, nugget, bakso, bakmi, donat, dan aneka daging olahan serta cemilan lainnya. Banyaknya varian menjadi pilihan alternatif banyak orang kala bosan beraktivitas dari rumah.

Walaupun dominasi pelaku bisnis jenis ini berasal dari UKM rumahan, tapi kualitas dari produknya bisa bersaing dengan brand-brand besar. Peluang bisnis makanan beku bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk berkecimpung di dalamnya. Permintaan pasar yang banyak bisa menjadi penguat bagi kamu untuk melakukan pemasaran yang tepat. Ikuti langkah-langkah ini untuk menarik atensi konsumen.

Buat Identitas Brand yang Jelas

Memiliki identitas brand yang jelas mampu membantu konsumen untuk mengenali brand kamu. Hal ini tak boleh diabaikan. Identitas Brand merupakan pondasi utama untuk memulai segala usaha. Nama yang mudah dikenali dan memiliki arti yang jelas dapat memperkokoh pondasi. Demi memperkuat identitas brand, kamu bisa membuat kemasan menarik yang berhubungan dengan brand.

Nuansa keselarasan perlu diterapkan pula di media sosial. Media sosial merupakan wajah utama brand jika metode penjualan dilakukan hanya lewat online saja. Terapkan setiap konten memiliki warna, foto, dan konten yang sesuai dengan identitas brand. Dengan identitas yang jelas, konsumen akan mudah mengingat dan akan semakin dikenal. 

Baca juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Terima Pesanan Saat Harbolnas

Berikan Variasi

Makanan beku memang sedang tren di pasaran. Namun, jika kamu hanya mengikuti yang sedang ramai tanpa adanya variasi, kamu akan kalah saing oleh penjual lain. Variasi bisa dilakukan dengan membuat jenis frozen food baru atau memberikan banyak pilihan kepada konsumen. Misalnya kamu menyediakan tiga macam jenis nugget agar membuat pilihan konsumen beragam.

Variasi lain juga bisa diterapkan pada varian rasa. Misalnya, saat kamu menjual bakmi kamu bisa membuat beberapa varian rasa agar menambah daya tarik konsumen untuk memilih sesuai yang mereka sukai. Banyak variasi memang bakal menambah anggaran. Namun saat penempatan komposisinya tepat, konsumen akan berdatangan. 

Sajikan Konten Marketing Menarik

Informasi soal makanan selalu menarik perhatian konsumen saat pengemasannya menarik. Hal ini bisa kamu lakukan pada bisnis makanan beku untuk memberikan sajian konten marketing yang ciamik. Tak perlu jauh-jauh memikirkan hal rumit. Kamu bisa memberikan tips seputar makanan, cara pengolahan, nilai gizi yang terkandung, dan semua edukasi soal makanan.

Saat konsep ide sudah baik, bentuk implementasi agar lebih cantik bisa menggunakan editing foto atau video. Kunci konten di media sosial merupakan visual. Sehingga, buat konsumen terpukau dengan desain dan visual yang disajikan. Konten visual yang berhasil merupakan konten yang bisa membuat konsumen lapar saat melihatnya.

Bangun Daya Tarik Dengan Promo

Banyak yang bilang bahwa keuntungan berjualan frozen food tidak besar. Akan tetapi, menerapkan promo kepada konsumen tetap jangan terlewat. Promo menarik justru mampu mendatangkan konsumen. Walaupun keuntungan sedikit namun pembelian terjadi secara serentak dan banyak, keuntungan tetap bisa didapatkan.

Beberapa promosi yang bisa kamu terapkan seperti potongan harga, voucher diskon, gratis ongkos kirim, cashback, paket bundling, dan sebagainya. Untuk menambah kepercayaan pelanggan, selalu selipkan kartu ucapan terimakasih yang disertai nomor telepon toko. Walaupun sederhana namun cara ini bisa membuat konsumen merasa dihargai dan melakukan pembelian lagi dilain waktu.

Baca juga: Berikut Barang-Barang Yang Akan DiIncar Selama Harbolnas

Gunakan Platform Online

Kemajuan akses informasi teknologi membuat pelaku bisnis ikut terbantu. Berjualan secara online dengan berbagai platform tersedia untuk diselami. Beberapa platform online yang turut membantu memasarkan produk seperti marketplace, website, dan WhatsApp Business. Ketiganya merupakan platform jualan online yang bisa dimaksimalkan pebisnis frozen food seperti kamu.

Media sosial juga bisa membantu memuluskan langkah kamu untuk memasarkan produk jualan. Terlebih, di beberapa media sosial sudah terdapat fitur shop yang artinya konsumen bisa langsung membeli di media sosial terkait tanpa perlu mengunjungi website atau menghubungi via WhatsApp. Era digital membuat berjualan semakin mudah.

Untuk membantu kebutuhan konsumen frozen food, buat website dengan tampilan yang menarik. SIRCLO Store memungkinkan kamu mendapatkan website dengan beragam template sesuai pilihan yang terintegrasi dengan marketplace dan WhatsApp Business dalam satu tampilan halaman. Klik banner untuk info selengkapnya.

SIRCLO Store

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!