Blog

SIRCLO Luncurkan Connexi: Untuk Memudahkan Brand Mengelola Penjualan Online Di Berbagai Marketplace Sekaligus

TANGERANG, 04 Oktober 2019 –  Industri e-commerce Indonesia sedang berada dalam masa naik daun. Peningkatan minat masyarakat untuk berbelanja online mendorong pesatnya pertumbuhan jumlah pengusaha bisnis online di Indonesia. Data dari McKinsey menunjukkan nilai keseluruhan pasar e-commerce di Indonesia akan berada di atas angka US$65 miliar (Rp 922 triliun) dalam 3 tahun mendatang. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa pada tahun 2019, total jumlah usaha e-commerce Indonesia mencapai 26,2 juta unit.

Website toko online dan marketplace memiliki peran penting dalam pertumbuhan angka ini. SIRCLO, perusahaan penyedia jasa solusi e-commerce untuk membantu brand berjualan online, setiap bulannya telah berhasil memfasilitasi nilai transaksi lebih dari US$4 juta (Rp56,7 miliar) di ranah digital. Didorong oleh optimisme dan semangat untuk berkontribusi terhadap akselerasi pertumbuhan e-commerce di tanah air, SIRCLO meluncurkan produk terbarunya, Connexi, untuk membantu brand dalam menjalankan operasional bisnis online. 

Connexi adalah sebuah platform manajemen e-commerce multichannel berbentuk SaaS (Software-as-a-Service) yang diciptakan untuk membantu brand mengelola bisnis dengan mudah melalui satu platform terintegrasi. “Menggunakan Connexi dapat memudahkan pemilik bisnis untuk mengelola penjualan mereka di berbagai channel e-commerce dalam satu dashboard. Connexi telah terhubung dan terintegrasi ke berbagai marketplace di Indonesia, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli.com, Elevenia, Zalora dan Zilingo. Connexi juga memungkinkan sinkronisasi penjualan terpadu ke seluruh marketplace serta website toko online yang dibuat melalui SIRCLO Store,” ujar Brian Marshal, CEO dari SIRCLO.

Teknologi Connexi telah digunakan oleh SIRCLO untuk mengelola penjualan online di SIRCLO Commerce. Beberapa brand yang puas menggunakan solusi ini diantaranya adalah Arnott’s, Quaker, KAO, Reckitt Benckiser, L’Oréal Paris, Beiersdorf dan Levi’s. Secara internal, Connexi berhasil membantu meningkatkan performa penjualan brand-brand tersebut di pasar e-commerce. “Melihat besarnya potensi Connexi dalam melayani lebih banyak brand dan pemilik bisnis, kami akhirnya memutuskan untuk meluncurkan ke publik. Kini, siapa saja bisa  menggunakan Connexi dan mengelola penjualan online dengan lebih efisien,” ungkap Brian. 

Connexi memiliki fitur-fitur yang dapat meningkatkan penjualan dan membantu brand dalam pengelolaan bisnis online; seperti pengelolaan pesanan, integrasi ke berbagai kanal penjualan online hingga proses administrasi pengiriman melalui satu platform. Melalui Connexi, brand dapat mengunggah produk dalam jumlah banyak ke berbagai marketplace lalu informasi stok barang akan di-update secara otomatis. Dengan fitur tersebut, mereka dapat menghemat waktu dan tenaga dalam pengelolaan ribuan pesanan secara sekaligus. “Brand tidak lagi kewalahan dan membatasi diri hanya pada marketplace-marketplace tertentu saja karena limitasi sumber daya dan waktu, karena semuanya sudah bisa diurus melalui satu pintu,” jelas Brian.

Selain itu, brand juga dapat menerima dan mengatur semua pesanan yang masuk dari berbagai marketplace secara mendetail melalui fitur pesanan, tanpa perlu khawatir akan pesanan yang tertukar atau terlewat. Mengelola setiap penjualan marketplace secara manual umumnya bisa menyita waktu dan sumber daya yang banyak. Proses pengiriman juga bisa dilakukan sekaligus menggunakan sistem nomor resi atau air waybill otomatis yang terintegrasi. Brand bisa memantau penjualan melalui laporan penjualan terkini tanpa perlu mengakses kanal penjualan online satu persatu. Alhasil, bisa memastikan semua pesanan diantarkan tepat waktu dan kepuasan pelanggan menjadi lebih terjamin. 

Berdasarkan hasil riset oleh Google, penjualan e-commerce Indonesia menjuarai pertumbuhan transaksi ekonomi digital di pasar Asia Tenggara. Transaksi e-commerce nasional mengalami peningkatan sebesar 49% selama 3 tahun terakhir; dari US$8 miliar (Rp113,5 triliun) pada tahun 2015 mencapai US$27 miliar (Rp383,5 triliun) pada tahun 2018. Angka tersebut diperkirakan akan mencapai US$100 miliar (Rp1.418 triliun) pada tahun 2025. “SIRCLO melihat penjualan marketplace sebagai salah satu pilar utama perkembangan ekonomi digital. Hal tersebut yang selalu mendorong kami untuk terus berinovasi. Teknologi dari SIRCLO dirancang untuk memfasilitasi lebih banyak pemilik bisnis dan brand berjualan online dengan mudah dan efisien,” jelas Brian. Saat ini, SIRCLO menawarkan free demo bagi brand yang telah melakukan registrasi di situs Connexi hingga Januari 2020.

***

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce unggul di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan empat solusi bisnis, yakni SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan situs toko online berbasis template bagi bisnis lokal skala kecil hingga menengah. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 200+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Tangerang), hari ini SIRCLO memiliki 500 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!