Blog

SIRCLO: Solusi E-Commerce Bagi Brand Lokal hingga Brand Enterprise

Posted in Berita

TANGERANG, 9 Juli 2018 – Berawal sejak Juli 2013, lima tahun sudah SIRCLO berkiprah di industri e-commerce sebagai pemain di balik layar. Brian Marshal, Founder dan CEO SIRCLO, bersama beberapa rekan yang kuliah bersamanya di Singapura memulai perusahaan ini untuk memenuhi kebutuhan akan pembuatan website toko online dengan mudah bagi orang-orang yang ingin berjualan tanpa keahlian coding. Sadar akan potensi e-commerce di Indonesia, Brian yang pernah memperoleh medali Olimpiade Komputer internasional beserta timnya terus mengembangkan teknologi SIRCLO sehingga menjadi solusi e-commerce yang terus membawa dampak positif bagi brand lokal maupun internasional.

SIRCLO Store merupakan produk pertama yang dikembangkan SIRCLO sebagai SaaS (software as a service) berupa platform pembuatan website toko online yang langsung jadi dan berbasis template siap pakai. Layanan ini ditujukan untuk membantu local brands skala kecil hingga menengah untuk membangun brand mereka. Untuk memberikan kemudahan dalam berjualan online, website yang dibuat oleh SIRCLO Store dilengkapi dengan fitur-fitur e-commerce seperti keranjang belanja, mengatur foto produk, kalkulasi ongkos kirim, dan integrasi dengan sistem pembayaran. SIRCLO Store menjadi solusi para pengguna membuat dan mengelola toko online yang terjangkau, lengkap, serta dapat diandalkan.

Produk kedua adalah SIRCLO Commerce yang menawarkan solusi end-to-end channel management bagi brand enterprise yang ingin mengembangkan jangkauannya di ranah online. SIRCLO Commerce mengelola penjualan di berbagai marketplace sesuai ketentuan masing-masing channel, merancang program promosi dan pemasaran, sampai akhirnya memastikan setiap pesanan diterima oleh para konsumen. Tim SIRCLO Commerce dibekali teknologi SIRCLO yang dapat melakukan sinkronisasi inventori produk sehingga proses pemenuhan order terjadi dengan efisien. Brand besar mendapatkan partner yang profesional dan terpercaya dalam mengoptimalkan jalur distribusi online mereka.

Saat ini, lebih dari 800 local brands telah memulai mengembangkan bisnis mereka melalui website toko online menggunakan paket berbayar SIRCLO Store. Masing-masing memiliki perjalanan yang berbeda untuk mencapai mimpi yang besar, di antara mereka adalah Luna Habit milik Luna Maya, This Is April yang telah memiliki lebih dari 40 toko di seluruh Indonesia, serta Ittaherl dan Wearing Klamby yang berjualan dengan metode webhunt. Dalam periode semester 1 2018, SIRCLO Store telah membantu memfasilitasi transaksi senilai Rp 99 miliar (setara dengan $6,9 juta). Dengan kata lain, seluruh bisnis yang mempercayakan pembuatan website toko online-nya di platform SIRCLO Store, memperoleh transaksi Rp 550 juta setiap harinya.

Di sisi lain, SIRCLO Commerce selalu mengalami lonjakan penjualan pada kampanye parade belanja seperti Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), periode Hari Raya Idul Fitri dan Natal, maupun program promosi dalam rangka ulang tahun marketplace tertentu. Sebagai contoh, omset gabungan klien SIRCLO Commerce menjelang Idul Fitri yaitu Juni 2018 bertumbuh sepuluh kali lipat dibandingkan dengan rata-rata bulan-bulan sebelumnya di tahun yang sama. Tentunya kenaikan ini menjadi tantangan tersendiri karena diperlukan persiapan untuk menangani pesanan yang masuk agar tetap terkendali dan terkirim kepada konsumen akhir dalam kondisi prima.

“Seiring bertumbuhnya industri e-commerce di Indonesia dan melihat perkembangan brands yang telah menitipkan kepercayaannya, kami sadar bahwa segala hal yang kami lakukan memberikan dampak yang besar bagi mereka. Oleh karena itu, ke depannya, SIRCLO melalui kedua produknya yaitu SIRCLO Store dan SIRCLO Commerce akan terus memberikan solusi berkualitas premium dan layanan yang dapat diandalkan. Kami ingin dapat tumbuh dan berkembang mengiringi berbagai brand di Indonesia mulai dari yang baru merintis hingga principals,” ujar Brian Marshal, CEO dan Founder SIRCLO.

Appendix: Testimonial Klien SIRCLO

Wearing Klamby – SIRCLO Store: Menyihir Konsumen dengan Kontrol Kualitas Produk yang Ketat

Pertama kali mencoba berjualan pakaian ketika masih duduk di bangku kuliah, Nadine Gaus tidak terbayang bahwa bisnisnya akan memiliki ratusan ribu pengikut di sosial media. Kenyataannya, produk brand Wearing Klamby yang mengusung tema modest fashion wear miliknya selalu ludes dibeli oleh konsumen hanya dalam hitungan menit sejak dipublikasikan di website. Nadine memiliki keyakinan bahwa brand lokal di Indonesia dapat bersaing dengan produk-produk impor selama dibekali dengan pengawasan mutu produk yang ketat serta menitikberatkan pada komunikasi dengan konsumen. Nadine berkata bahwa kebutuhan Wearing Klamby akan sebuah website yang dapat menangani sistem webhunt menjadi tantangan tersendiri baginya. Baginya, SIRCLO Store telah berhasil menjawab tantangan tersebut.

Reckitt Benckiser – SIRCLO Commerce: Tantangan Brand Principal Masuk E-Commerce

Dalam mewujudkan keputusan perusahaannya untuk terjun ke dalam e-commerce, Reckitt Benckiser menyadari bahwa tantangan utamanya ialah bagaimana bisa menemukan partner yang tepat yang bisa menangani urusan operasional seutuhnya dalam waktu yang relatif singkat. Kata Rudy Adrian yang menjabat sebagai Head of E-Commerce Reckitt Benckiser, “Yang saya sukai dari SIRCLO Commerce adalah mereka selalu fokus dan selalu bekerja untuk mengejar hasil yang maksimal. Mereka juga memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi dengan lingkungan sekitarnya. Tim di dalamnya terus berusaha memahami tentang brand dan produk yang kami miliki, juga bertanggungjawab terhadap tugas-tugas yang diemban. Saya memiliki kesan yang sangat baik kepada SIRCLO Commerce.”

***

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce unggul di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan empat solusi bisnis, yakni SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan situs toko online berbasis template bagi bisnis lokal skala kecil hingga menengah. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 200+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Tangerang), hari ini SIRCLO memiliki 500 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!