Blog

Strategi Efektif Berjualan Online Menggunakan Website Untuk Pemula

Tren belanja online tiap tahunnya selalu meningkat. Melihat fenomena ini, banyak para pelaku bisnis baru mencoba peruntungannya untuk memperlebar pasar lewat toko online. Sebagai pemula, banyak yang gagal bertahan di bisnis online ini karena sulit untuk mengembangkan aspek pendukung penjualan produk.

Bagi kamu yang merasa masih pemula tak perlu khawatir. Trias Puspita Sari, Business Operations Manager Sirclo membagikan tips cara jualan online laris bagi pemula lewat sebuah webinar yang sudah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu. Trias membagikan cara efektif berjualan online menggunakan website. Apa saja kira-kira strategi efektif berjualan lewat website? Simak selengkapnya poin-poin berikut.

Gunakan Konten

Di zaman serba digital, konten merupakan aspek pendukung bagi brand untuk meningkatkan penjualan produk. Konten yang menarik hati konsumen saat melihatnya di sosial media mampu menyihirnya untuk segera melihat produk yang dijual di websitenya. Tingkat rasa penasaran yang tinggi dari konsumen ini bisa kamu manfaatkan lewat konten yang menarik dan kreatif.

Konten juga bisa disematkan di website lewat artikel seputar edukasi, tips trik, dan hal yang masih berkaitan dengan produk yang dijual. Apalagi jika mempunyai website yang mudah di dioperasikan serta memiliki tampilan yang mudah diatur sesuai kebutuhan bisnis. Jadi, membuat konten untuk kebutuhan bisnis tak ada salahnya, justru dapat membantu menaikkan tingkat penjualan jika berhasil mempengaruhi konsumen.

Baca juga: Tips Pertahankan Bisnis Di Tengah Pandemi

Siapkan Opsi Pembayaran dan Pengiriman

Selain memiliki tampilan menarik dari segi website, upayakan kamu memberikan pilihan metode pembayaran yang beragam. Saat ini pembayaran lewat dompet digital dan uang elektronik kian marak digunakan dengan berbagai jenis. Sehingga, opsi metode pembayaran perlu diperhatikan demi kenyamanan konsumen.

Beragam jenis metode pembayaran yang ada bukan berarti harus menyiapkan pilihannya semua. Akan tetapi, menyiapkan pilihan 5 besar yang paling sering digunakan konsumen misalnya. Hal ini bisa dilakukan karena melihat efektivitasnya. Semakin banyak metode pembayaran akan semakin sulit menyatukan pendapatan dari produk yang dijual.

Gunakan Online Ads

Iklan yang terpampang di beberapa platform kerap kali bisa kita lihat silih berganti muncul setiap harinya. Ya, cara ini memang gencar dilakukan banyak brand untuk memasarkan produknya secara online. Online ads diyakini dapat membantu memperluas audiens yang berbeda. Sehingga dapat menambah konsumen baru.

Penggunaan online ads banyak jenisnya. Ada yang berbentuk selipan konten, iklan lewat layar tampilan, iklan video, bahkan iklan yang bisa dilihat dari situs pencarian Google. Banyaknya jenis online ads bisa kamu terapkan untuk mampu mendapatkan konsumen baru sehingga produk yang dijual semakin dikenal banyak orang.

Baca juga: 4 Strategi Branding Yang Bisa Bantu Bisnismu

Selalu Pantau Produk

Berbeda dengan toko fisik yang memiliki waktu tutup, toko online tak ada kata tutup. Selama 24 jam konsumen bisa bebas melakukan transaksi. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memantau kuota produk setiap harinya. Jangan sampai saat konsumen ingin membeli produk dan sudah sampai tahap pembayaran namun stok produknya habis karena belum sempat menambahkan. Hal tersebut tentu akan membuat konsumen kecewa.

Untuk mengatasinya, gunakan website yang mampu mengoperasikan stok produk, rekap produk, dan laporan penjualan dalam satu laman. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah memantau setiap transaksinya. Apalagi jika website kamu memiliki sistem otomatis yang dapat membantu rekap produk dalam waktu yang cepat.

Ingin memiliki website seperti yang disebutkan? Jika ya, ini saatnya kamu bergabung bersama Sirclo Store. Sirclo Store membantu kamu untuk membuat toko online yang mudah digunakan dengan tampilan beragam. Membantu setiap kebutuhan update produk lewat satu layar yang mudah dinavigasikan.

SIRCLO Store

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!