Blog

Terapkan 7 Hal Ini untuk Branding Website Toko Online-Mu

Pada umumnya selain sebagai platform yang memberikan informasi mengenai bisnismu, website juga menjadi platform untuk membangun koneksi emosional dengan target customer bisnis kamu. Tampilan, kesan, dan persona pada website-mu juga memiliki peran penting yang sama dengan informasi yang ada di dalam website bisnismu. Tujuannya untuk menarik calon pembeli setelah mampir ke dalam website-mu.

Cara untuk menghadirkan kesan online presence yang relevan dengan target customer mu  diperlukan membuat sebuah website yang konsisten dengan branding bisnismu. Website yang konsisten dengan persona dan image brand, akan lebih efektif dibandingkan dengan website yang hanya terlihat menarik secara visual.Dengan menerapkan branding pada website toko online-mu, kamu bisa membangun persepsi target customer untuk bisnis mu.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menerapkan branding pada website toko online:

Identitas Brand

Hal pertama yang perlu kamu tentukan dulu adalah identitas brand yang ingin dibangun. Setelah itu lakukan riset terhadap target customer-mu, pikirkan mengenai persona brand yang ingin dibangun seperti apa yang paling relevan bagi mereka.

Persona yang dibangun berperan penting dalam menghidupkan brand-mu. Anggaplah brand-mu merupakan seorang manusia. Kamu ingin brand-mu memiliki kepribadian seperti apa yang akan ditunjukkan. Apakah brand yang cerdas dan profesional, tangguh dan jantan, bergengsi dan eksklusif, lembut dan hangat, atau ceria dan menyenangkan? Semua kembali pada keinginanmu. Persona yang kamu pilih akan mempengaruhi keseluruhan elemen bisnismu.

Baca juga: 6 Elemen Penting yang Perlu dalam Desain Website E-Commerce

Logo

Saat memikirkan suatu brand, perhatian banyak orang langsung tertuju pada logo. Logo pada dasarnya merupakan wajah atau simbol yang menunjukkan identitas dan nilai-nilai brand serta yang membedakan brand-mu dengan brand lain.

Buat logo yang sederhana tetapi mudah dikenali dan jelas. Gunakan ikon atau tipografi yang menggambarkan bisnismu, begitu pula dengan warnanya. Jika kamu sudah memiliki logo, meletakkan logo di halaman utama website, sebaiknya di sisi kiri atas. Sehingga saat orang mengklik logo tersebut, mereka akan secara otomatis kembali ke menu utama.

Warna

Sama dengan logo, pilihlah warna-warna yang merepresentasikan persona brand kamu. Kamu bisa memilih warna berdasarkan psikologi warna. Warna hijau misalnya lebih cenderung untuk dikaitkan dengan alam sementara warna merah dan kuning memberikan kesan muda, energetik, dan berani.

Saat memilih warna untuk website toko online, pertimbangkan warna mana yang akan digunakan untuk latar belakang menu, navigasi, dan CTA. Pastikan juga warna-warna yang kamu gunakan konsisten di seluruh halaman website.

Font

Elemen branding lain yang mungkin sering diabaikan adalah jenis huruf atau font utama yang kamu pilih untuk digunakan. Jenis huruf ini akan mempengaruhi seberapa mudah konten informasi pada website-mu untuk dibaca oleh pengunjung.

Memiliki font yang konsisten bukan berarti kamu hanya boleh menggunakan satu font saja. Kamu bisa mempunyai tipografi sekunder untuk hal-hal lainnya, tetapi gunakan font utama untuk sebagian besar halaman website agar tidak membingungkan pengunjung.

Gambar & Ilustrasi

Gambar seperti apa yang akan kamu tampilkan pada website bisnismu? Apakah foto yang artistik atau realistis? Apakah kamu mencari ilustrasi yang padat atau minimalis? Apapun itu, pastikan gambar dan ilustrasi yang kamu pilih sejalan dengan visi untuk brand.

Gambar dan ilustrasi tersebut juga harus selaras dengan warna-warna brand yang sudah kamu tentukan. Sebaiknya gunakan foto, gambar, atau ilustrasi yang dibuat sediri alih-alih menggunakan stock photo untuk website. Pastikan juga agar warna pada gambar tidak bertabrakan dengan warna logo ataupun latar.

Brand Voice

Selain dari visual, gaya bahasa yang kamu gunakan untuk menyampaikan informasi pada website juga dapat membentuk kesan pengunjung terhadap brand. Misalnya jika kamu ingin membangun kesan brand yang mudah dan menyenangkan, kamu bisa menggunakan bahasa yang lebih semiformal atau kasual. Sesuaikan brand voice dengan target demografis customer dan emosi yang ingin dibangun.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Tampilan Website E-Commerce Penting untuk Diperhatikan

Layout

Layout website-mu secara tidak langsung mengedukasi audiens mengenai brand-mu. Misalnya untuk bisnis fotografi atau travel, kamu bisa lebih menonjolkan elemen-elemen visual seperti karya-karyamu atau fotografi perjalanan. Artinya, kamu membutuhkan layout website yang dapat memfasilitasi gambar berukuran besar dan memprioritaskan elemen visual.

Apapun bisnis yang kamu jalankan, pastikan websitemu jelas dan memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang mereka cari. Hindari menggunakan seluruh ruangan pada website agar website tidak terlalu ramai.

Hindari juga menggunakan terlalu banyak variasi warna agar pengunjung lebih mudah memproses tampilan maupun informasi yang mereka lihat. Dalam menentukan layout, kemungkinan besar kamu perlu memilih template website.

Sebelum memilih template, penting bagi kamu untuk memikirkan dulu tipe website seperti apa yang ingin kamu bangun sehingga kamu bisa memilih template yang memang sesuai dengan fitur-fitur yang kamu butuhkan.

Kamu bisa memilih template website dari jasa pembuatan website toko online seperti SIRCLO Store. SIRCLO menyediakan banyak pilihan template dengan beragam layout sehingga memudahkan kamu untuk menyesuaikan dengan tipe atau industri bisnis yang kamu jalankan. Kamu pun bisa mulai berjualan di website toko online dengan tampilan yang indah hanya dengan 0 Rupiah! Klik di sini untuk mencoba Starter Plan SIRCLO. 

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!