Blog

cara agar marketplace Facebook dilihat banyak orang

6 Cara Agar Marketplace Facebook Dilihat Banyak Orang

Saat ini ada begitu banyak pilihan marketplace yang bisa kamu gunakan untuk berjualan online, salah satunya Facebook. Yuk, terapkan cara agar marketplace Facebook dilihat banyak orang berikut ini.

Marketplace memang memudahkan para pebisnis kecil untuk menjual produk mereka tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Apalagi saat ini semakin banyak orang yang berbelanja lewat marketplace

Namun dengan kemudahan berjualan di marketplace, jumlah orang yang berjualan di platform-platform tersebut pun membludak.

Artinya jika kamu tidak memahami trik-trik berjualan di marketplace, maka kamu bisa kesulitan bersaing dengan bisnis lainnya. 

Baca Juga: Apa Itu Facebook Marketplace dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagaimana Cara Agar Marketplace Facebook Dilihat Banyak Orang?

marketplace facebook

Foto: SIRCLO Photo Stock

Supaya kamu bisa bersaing saat berjualan di marketplace dan menggaet lebih banyak pengunjung, coba terapkan cara agar marketplace Facebook dilihat banyak orang di bawah ini.

1. Manfaatkan Fitur Premium Seller

Rata-rata marketplace saat ini menyediakan fitur premium seller yang memungkinkan kamu untuk mempromosikan toko online-mu secara lebih eksklusif.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat di antaranya lapakmu jadi muncul di paling atas, produk lebih sering dipromosikan, mendapatkan promo-promo eksklusif, dan sebagainya.

Sebelum meng-upgrade tokomu, cek dulu fitur-fitur dan keuntungan apa saja yang akan kamu terima sehingga kamu bisa memanfaatkannya dengan maksimal. 

2. Gunakan Fitur Ads

Sejumlah marketplace juga menawarkan fitur iklan atau ads sehingga kamu bisa mempromosikan produk yang kamu jual dengan mudah.

Namun, sebelum menerapkan cara agar marketplace Facebook dilihat banyak orang yang satu ini, cek dulu karakteristik iklan yang ditawarkan, apakah berdasarkan kata kunci, letak iklannya, dan sebagainya. 

Pertimbangkan kapan waktu terbaik untuk beriklan. Misalnya, jika produkmu ditujukan untuk pekerja, kamu bisa memasang iklan di jam makan siang atau sore hari setelah orang pulang kerja.

Pikirkan juga berapa biaya yang kira-kira perlu kamu sisihkan untuk beriklan. 

Baca Juga: Ketahui 3 Perbedaan Beriklan dengan Boost Post dan Ads Manager Facebook

3. Harga Bersaing

Di marketplace ada begitu banyak toko online. Beberapa di antaranya mungkin menjual produk yang kurang lebih sama dengan yang kamu jual.

Hanya dengan memasukkan kata kunci, pembeli bisa dengan mudah membandingkan harga suatu produk. Oleh karena itu, usahakan untuk menawarkan produk dengan harga bersaing.

Namun, jangan sampai membanting harga karena nanti pengunjung ragu akan kualitas barangmu. Bingung menentukan harga? Lakukan riset terlebih dahulu terhadap rentang harga kompetitor. 

4. Tawarkan Promo

Cara agar marketplace Facebook dilihat banyak orang berikutnya adalah dengan menawarkan berbagai promo mulai dari potongan harga, buy 1 get 1, gratis ongkir, paket bundling, dan banyak lagi.

Kebanyakan marketplace juga memiliki jadwal dan fitur promo sendiri yang bisa kamu ikuti. 

Apabila pengunjung melihat lapakmu sedang menawarkan berbagai promo, mereka tentu akan semakin tertarik untuk melihat-lihat produk yang kamu tawarkan.

Kamu juga bisa menarik pelanggan baru dengan menawarkan promo untuk first time buyer

Baca Juga: Cara Sukses Merebut Konsumen Toko Online Melalui Facebook Ads

5. Lakukan Riset

Tak ada salahnya untuk mencari tahu produk apa yang paling banyak terjual di Facebook. Maksimalkan pengeluaran iklan Facebook kamu dengan mempelajari item mana yang paling populer di platform tersebut.

Gunakan kategori untuk melihat produk mana yang paling laris. Kamu juga dapat melacak produk populer dengan mengunjungi halaman bisnis yang berbeda.

Hal ini akan sangat membantumu jika menjual produk yang serupa dan pada akhirnya bisa membuat iklan toko milik kamu lebih berhasil.

Karena saat pembeli tertarik dengan iklan yang kamu buat, maka kemungkinan besar bagi mereka untuk membelinya.

6. Promosikan di Platform Lain

Selain melakukan promosi di marketplace, kamu bisa melakukan promosi lebih lanjut di platform lain agar jangkauannya lebih luas, misalnya di media sosial dan web jualan online.

Misalnya, jika bisnis online-mu juga memiliki akun media sosial, pasang link menuju ke lapakmu di marketplace pada deskripsi profil sehingga orang yang tertarik untuk membeli bisa langsung mengklik link tersebut.

Begitu pula di website toko online, kamu bisa memasang widget atau link yang mengarahkan pengunjung ke lapak toko online kamu di marketplace.

Cara lain adalah dengan membuat dan membagikan konten pada website toko online-mu, kemudian memasang tombol CTA (call-to-action) yang mengarahkan pengunjung ke marketplace.

Sebaliknya, kamu juga bisa mempromosikan web jualan online-mu dengan mencantumkannya di lapak marketplace kamu sehingga orang yang ingin mengetahui bisnis dan produkmu lebih lanjut bisa mengunjungi website toko online.

Jadi, masing-masing platform berjualan bisa saling mendukung platform lainnya. 

Untuk memudahkan pengunjung, gunakan jasa pembuatan website e-commerce untuk membuat online shop.

Dengan berjualan di berbagai platform, kamu jadi bisa menarik lebih banyak pengunjung serta memberikan pilihan yang lebih praktis bagi para pelanggan untuk berbelanja.

Tags: ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!