Blog

Terapkan Ide Kreatif, Untuk Memasaran Produkmu Lewat Media Sosial

Media sosial sudah seperti makanan bagi kehidupan masyarakat saat ini. Ketergantungannya tak lepas dari perubahan media sosial yang selalu menghadirkan pengembangan inovasi dan memberikan akses informasi mengenai kabar terbaru yang tengah terjadi. Semua hal yang dibutuhkan bahkan dimiliki oleh media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lainnya.

Bahkan, media sosial saat ini bisa dipergunakan sebagai wadah bisnis. Banyak perusahaan mulai memainkan strategi berbisnis di media sosial. Media sosial disasar karena dicap praktis dan mudah disebarkan kepada banyak audiens. Terlebih, muncul cara-cara kreatif yang bisa dilakukan untuk semakin membantu produk laku di media sosial. Seperti apa saja cara-caranya, berikut penjelasannya.

Giveaway atau Kuis

Strategi ini banyak dilakukan oleh banyak brand dalam memasarkan produknya. Giveaway merupakan pemberian hadiah jika audiens mampu menjawab soal dengan benar atau mengikuti instruksi sesuai dengan arahan. Giveaway dan kuis bisa efektif bila hadiah yang kamu layangkan menarik. Entah itu berupa produk kamu sendiri atau barang lain yang dapat memikat audiens.

Akan tetapu cara ini kerap kali mengundang cemoohan dari netizen karena dianggap mencari perhatian, tetapi untuk beberapa kasus cara ini berhasil dilakukan. Dampaknya, audiens akan melihat profil bisnis kamu. Misalnya kamu mengadakan giveaway dan kuis di instagram, maka traffic profile instagram kamu akan melonjak.

Baca juga: Tingkatkan Brand Awareness Dengan Endorsement

Membuat Challenge

Challenge adalah suatu tantangan yang diberikan kepada audiens. Nantinya, seluruh audiens yang mengikuti challenge akan diberikan penilaian. Biasanya, untuk beberapa orang yang terbaik akan diberikan hadiah. Challenge yang diberikan bisa kamu lakukan dengan beragam. Bisa dengan menyanyi, joget, mengunggah twibbon, atau cara kreatif lainnya sesuai intruksi yang diberikan. 

Saat keikutsertaan challenge merambah masyarakat luas, produk kamu akan ikut dikenal. Sehingga cara ini ampuh untuk mempromosikan produk kamu karena didalam challenge biasanya kamu bisa menyelipkan identitas produk. Jadi semakin banyak audiens membuat challenge, maka semakin populer pula produk bisnismu dikenal banyak orang.

Tips-Tips dan Video Tutorial

Menjadikan media sosial sebagai sarana promosi tidak bisa dilakukan secara terus menerus. Seiring berjalannya waktu, kamu harus mengubah akun media sosialmu menjadi lebih informatif. Audiens akan berkunjung ketika akunmu tidak hanya berjualan, tetapi terdapat pula informasi yang bermanfaat bagi audiens. Terutama mengenai kehidupan sehari-hari hajat orang banyak.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengemas konten-konten ringan seperti tips-tips yang masih berkaitan dengan jenis produkmu. Konten yang dikemas bisa menggunakan artikel ringan atau berupa video tutorial yang kini diakomodir oleh media sosial. Salah satu media sosial yang bisa digunakan untuk kebutuhan ini ialah TikTok dan Instagram. Dengan cara tersebut, kamu dapat menjaring promosi sekaligus membagi ilmu kepada banyak orang.

Iklan Kreatif

Jika kamu ingin memasarkan produk, cobalah untuk beriklan di media sosial dengan kreatif. Kamu bisa membuat iklan yang nyeleneh, kocak, atau yang membuat banyak orang merasa terwakili karena pernah merasakannya. Sebuah pengemasan iklan yang baik bisa menghipnotis mata audiens. Minimal, dia akan lebih mengenal produk kamu setelah melihat iklan tersebut.

Buatlah audiens terasa terngiang-ngiang terhadap iklanmu. Jika iklanmu cocok di pasaran dan banyak dibicarakan orang maka dengan ramainya iklan tersebut, kamu akan segera mendapatkan dampak daya beli dari audiens. Ditambah, sekarang ini hampir semua media sosial mengeluarkan fitur iklan berbayar yang bisa menyebarkan iklan kepada audiens sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga: Tingkatkan Brand Awareness Dengan Terapkan Cara Ini

Jangkau Komunitas

Komunitas sangat penting bagi kemajuan bisnis. Sehingga, coba dekati komunitas tertentu yang memiliki pengaruh untuk menjadi wadah dukungan sekaligus promosi dari produk kamu. Tentunya komunitas yang disasar yakni komunitas yang masih memiliki kesinambungan dengan produk yang kamu jual agar targetnya sesuai. Contohnya, banyak minuman berenergi mendekati komunitas sepakbola.

Langkah produk minuman berenergi tersebut terbilang baik. Pasalnya, minuman berenergi sangat dekat dengan dunia olahraga karena mampu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Sehingga dengan menggaet komunitas, produk tersebut bisa semakin memperluas sirkulasi bisnisnya. Walaupun secara asupan, minuman berenergi tidak baik dikonsumsi secara berlebihan karena kandungan gula yang cukup tinggi.

SIRCLO Store menjadi partner dengan WhatsApp mengajak para pelaku bisnis seperti kamu untuk berkembang dengan menggunakan Whatsapp Business API yang memudahkan kamu untuk berjualan.

Selain itu, kamu akan menerima banyak manfaat seperti pembuatan website toko online secara gratis, pembuatan NIB secara gratis, mendapat kelas mentoring secara mandiri dan berkesepatan untuk memenangkan hadiah ratusan juta rupiah yang diundi diakhir periode. Untuk informasi lebih lanjut mengenai mentoring bisa klik banner ini.

Pasti Prioritas

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!