Blog

Terapkan Tips Fotografi Produk untuk Bisnis Online Agar Dilirik Konsumen

Konsumen selalu menginginkan cara yang paling efisien dan hemat waktu untuk berbelanja, termasuk dalam hal mempertimbangkan suatu produk. Saat melihat-lihat, perhatian konsumen biasanya akan tertuju pada cara tercepat untuk menilai suatu produk yaitu melalui foto.

Foto sangat menentukan kesan pertama yang dimiliki konsumen terhadap produk dan bisnismu dan apakah mereka akan lanjut mencari tahu serta membeli atau tidak. Makanya, fotografi produk merupakan cara berjualan online agar cepat laku yang sangat penting untuk dipahami oleh pebisnis. Berikut beberapa cara sukses jualan online melalui fotografi produk yang tepat.

Baca juga: 7 Aspek yang Perlu Diperhatikan Agar Bisa Sukses Jualan Online

Tips Dasar

  • Pencahayaan yang Pas

Pencahayaan menjadi faktor utama yang mempengaruhi kualitas foto. Semenarik apapun suatu foto, tanpa pencahayaan yang tepat hasil foto tidak akan maksimal. Sebisa mungkin gunakan pencahayaan alami dan pastikan cahaya pada foto terbagi secara merata ke seluruh permukaan produk. 

Jika produkmu memiliki banyak detail dan lebih cocok untuk difoto di dalam ruangan (indoor), kamu bisa memanfaatkan pencahayaan artifisial seperti menggunakan flash atau lampu khusus fotografi. Atur agar pencahayaan tidak terlalu mencolok sehingga foto produk tetap enak dipandang.

  • Pilih Background yang Sesuai

Ada dua tipe foto yang akan kamu gunakan dalam bisnis online yaitu foto produk dengan background putih untuk ditampilkan pada katalog dan foto produk dengan konteks yang menampilkan produk dalam lingkungan yang relevan. Foto jenis kedua biasanya digunakan untuk tujuan pemasaran dan ditampilkan pada channel-channel seperti blog, media sosial, atau email.

Untuk foto dengan background putih, ambil foto produk dari berbagai sudut supaya nantinya customer bisa benar-benar melihat produkmu secara menyeluruh. Untuk foto kontekstual, tampilkan produk dalam situasi yang memang sesuai dengan penggunaannya. Misalnya jika produk adalah alat hiking, tunjukkan bagaimana seseorang menggunakan produk tersebut saat mendaki.

  • Gunakan Tripod

Cara sukses jualan online lewat fotografi produk lainnya adalah dengan memastikan kualitas foto jelas, fokus, dan konsisten. Hal ini bisa dicapai dengan menggunakan tripod. Memotret produk dengan tangan tanpa tumpuan sangat mungkin menghasilkan foto yang kurang fokus. Perlambat shutter speed agar foto tidak mudah blur. Dengan menggunakan tripod, standar kualitas fotomu bisa lebih konsisten dan detail.

Baca juga: Sukses Optimalkan Toko Online Anda dengan 7 Layanan Berikut

Tips Berdasarkan Kategori Produk

  • Makanan & Minuman

Jika kamu menjual makanan dan minuman, cara sukses jualan online yang bisa kamu terapkan adalah dengan menata makanan dengan baik agar terlihat lebih menarik. Kamu bisa menggunakan alat-alat makan seperti sendok, pisau, atau garpu sebagai properti untuk melengkapi komposisi foto.

Selain memotret makanan atau minuman yang kamu jual, kamu juga bisa menampilkan detail lainnya seperti proses pembuatannya atau detail tertentu yang ingin kamu tonjolkan seperti bahan yang kamu gunakan atau tekstur dari makanan atau minumanmu. Ini akan menghasilkan foto yang estetik dan dapat digunakan untuk tujuan pemasaran.

 

  • Fashion

Bagi kamu yang menjalankan bisnis fashion, sebaiknya setrika dulu produkmu sebelum difoto agar terlihat rapi. Ini juga memudahkan proses editingmu agar kamu tidak perlu menghabiskan waktu menghilangkan bagian-bagian yang kusut. Kamu juga bisa menggunakan manekin untuk menunjukkan bagaimana produk akan terlihat saat dikenakan. 

Padu padankan produk-produkmu juga menjadi salah satu cara berjualan online laris yang bisa kamu terapkan. Dengan cara ini, kamu tidak hanya menampilkan produk tetapi juga memberikan tips style pakaian bagi customer.

  • Elektronik

Pencahayaan sangat penting saat memotret produk elektronik. Hindari menggunakan flash untuk menghindari pantulan atau bayangan yang kasar. Jangan lupa untuk menangkap detail-detail dan spesifikasi dari produk elektronikmu. Apabila memungkinkan tunjukkan juga fitur-fitur utama dari produk. Untuk menghindari distorsi foto, ambil foto dari jarak tertentu dan gunakan zoom in alih-alih berdiri terlalu dekat dengan objek. 

  • Furniture

Cara jualan online laris lewat fotografi produk untuk produk furniture adalah dengan memilih waktu pemotretan yang tepat. Ini terutama penting jika kamu mengambil foto di outdoor. Hindari memilih waktu pemotretan yang terlalu pagi atau terlalu sore. Pagi menjelang siang merupakan waktu yang tepat untuk memotret produk furniture. 

Tambahkan objek lain pada foto dan atur tata letak agar komposisi terlihat lebih menarik sekaligus menjadi pembanding ukuran. Contohnya untuk produk meja, kamu bisa menambahkan beberapa benda di atasnya seperti buku atau vas bunga. Sebelum pemotretan dilakukan, bersihkan furniture sehingga hasil foto terlihat bersih dan rapi.

  • Peralatan Rumah Tangga

Bagi kamu yang menjual peralatan rumah tangga, cara jualan online laris yang bisa kamu terapkan adalah dengan memotret produkmu sesuai konteks penggunaannya. Misalnya jika kamu menjual blender, kamu bisa menampilkan foto seorang model menggunakan blendermu untuk membuat jus. 

Tunjukkan fitur apa yang dimiliki produkmu dan hasil atau manfaat apa yang bisa konsumen dapat jika mereka menggunakannya. Dengan begitu, konsumen tidak hanya melihat produk saja tetapi juga memahami nilai dari produk tersebut.

Sebagai cara berjualan online agar cepat laku, sebenarnya tidak selalu diperlukan peralatan yang canggih untuk menghasilkan foto yang baik. Kamu pun bisa menghasilkan foto yang berkualitas melalui smartphone. Yang penting, kamu tahu cara mengatur pencahayaan, sudut pengambilan gambar, dan komposisi agar bisa menangkap esensi dari produkmu. Jika foto menarik, produkmu juga pasti akan dilirik oleh calon pembeli sehingga penjualan meningkat. Terapkan tips-tips di atas agar cara jualan online laris kamu berhasil!

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com. 

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!