Blog

Tertarik Mencoba Bisnis Offline Go Online?

Kemajuan teknologi memang sangat berpengaruh terhadap setiap aspek kehidupan manusia. Tidak terkecuali pada aspek ekonomi, dimana sewajarnya orang memperoleh penghasilan dari pekerjaan yang dilakukannya secara nyata. Namun kini dengan adanya teknologi yang berkembang dengan pesat, akhirnya manusia bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan tanpa harus beranjak dari rumah atau bahkan kamar tidurnya.

Perkembangan teknologi ini ikut berdampak terhadap usaha atau bisnis di dunia nyata atau biasa disebut dengan bisnis offline. Sebelum ada internet dan sarana media ini, segala hal yang berkaitan dengan usaha atau bisnis kalian memerlukan tenaga, waktu dan biaya yang cukup besar maka kini segalanya dapat dilakukan dengan mudah dan bahkan gratis!

Bayangkan saja jika sebelumnya orang harus memiliki toko atau setidaknya tempat untuk berjualan baju, maka saat ini biaya sewa tempat bisa dicoret dari anggaran bisnis. Semua orang dapat berjualan baju hanya dengan modal koneksi internet dan smartphone atau laptop. Kemudahan-kemudahan ini tentu sedikit banyak membuat para entrepreneur di dunia nyata khawatir. Khususnya bagi para entrepreneur yang masih belum mau atau mampu untuk mengimbangi kemajuan teknologi ini.

Namun sepertinya berkat tuntutan konsumen serta persaingan yang ada, kini cukup banyak lho para pebisnis atau pengusaha yang beralih dari bisnis offline ke bisnis online. Ada beberapa yang beralih sepenuhnya dan ada yang menggabungkan keduanya. Pilihan mana yang tepat?

Jika menilik tren dan juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi kelangsungan sebuah usaha atau bisnis, maka pilihan kedua itu lebih baik. Bagi kalian yang sudah memiliki bisnis offline, sebaiknya jangan terlalu cepat untuk memutuskan menutup bisnis kalian. Sebaliknya, cobalah untuk masuk ke bisnis online tanpa harus meninggalkan bisnis offline. Kegiatan seperti ini biasa disebut dengan bisnis offline go online.

Dengan kata lain, kalian menjalankan bisnis offline secara online, metode ini terbukti efektif mendatangkan keuntungan berlipat dan bahkan brand toko kalian akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini karena kalian dapat memanfaatkan promosi secara gratis via media sosial, blog pribadi ataupun email. Banyak cara berpromosi yang dapat kalian tempuh dengan gratis, jika kalian tertarik untuk menjalankan bisnis offline go online ini.

Satu hal yang pasti harus kalian persiapkan jika memang ingin menjalankan bisnis offline kalian secara online adalah sebuah website untuk mewadahi kegiatan jual beli yang akan dilakukan nanti dan juga media sosial sebagai pendukung marketing online bisnis kalian. Dalam hal ini kalian tidak memerlukan modal besar kok, karena kalian harus ingat bahwa kelebihan bisnis online adalah modal kecil dan bahkan ada beberapa yang gratis.

Untuk membuat toko online, kalian bisa menempuh dua cara yaitu membuat website gratis sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website yang sudah banyak bertebaran di dunia maya. Jika kalian ingin membuat website gratis, kalian hanya perlu mengetikkan keyword “cara membuat website gratisdi mesin pencarian dan berbagai situs maupun tutorial akan muncul untuk memberikanmu berbagai pilihan. SIRCLO pun menawarkan Paket Starter yang hadir tanpa batas waktu maupun komitmen, dan bisa langsung kamu coba dengan klik tombol di bawah ini.

Setelah website untuk bisnis offline sudah tersedia, maka pastikan kalian rajin meng-update isi toko agar konsumen dan calon konsumen dapat dengan mudah memilih produk yang diinginkan. Lalu, maksimalkan promosi gratis di media sosial dan blog pribadi kalian. Jika mungkin kalian kurang update mengenai cara berpromosi secara online, kalian tidak perlu khawatir karena di internet telah tersedia banyak artikel tutorial untuk melakukan promosi secara online.

So, are you ready to go online?

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!