Blog

Tiga Tren Pendukung Akselerasi Pertumbuhan Online Sektor FMCG di Indonesia

TANGERANG, 28 Februari 2020 – Pertumbuhan pasar online di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan telah mendorong berbagai brand Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) berlomba-lomba meningkatkan eksistensi di ranah digital. Menurut laporan e-commerce enabler SIRCLO, ritel online yang tadinya hanya menyumbang 8% penjualan total industri pada tahun 2018, diperkirakan akan menyumbang hingga 24% di tahun 2022. Angka ini membuktikan besarnya potensi penjualan di ranah digital yang masih perlu dimaksimalkan terutama oleh brand FMCG yang sangat dekat dengan kebutuhan masyarakat sehari-hari. 

Pertumbuhan pesat ini didorong oleh beberapa tren industri e-commerce Indonesia. Head of E-Commerce Reckitt Benckiser Indonesia, Rudy Adrian mengatakan bahwa salah satu pendukung pertumbuhan ini adalah perekonomian dan perkembangan infrastruktur yang semakin stabil di Indonesia. “Dari segi infrastruktur, adaptasi teknologi dan ekonomi Indonesia yang stabil membantu akselerasi pertumbuhan e-commerce. Banyak pasar yang tengah menyambut peluang besar, seperti segmen ibu dan anak, serta kecantikan dan personal care berkat ketersediaan infrastruktur teknologi distribusi” jelasnya. 

Tren selanjutnya berkaitan dengan perilaku dan konsumen yang semakin berevolusi. Rudy mengambil contoh pangsa pasar ibu di Indonesia. “Kini para ibu Indonesia dalam kesehariannya telah ‘berevolusi’ menjadi lebih mahir memanfaatkan teknologi. Dari mencari informasi untuk melakukan monitoring kehamilan dan pertumbuhan anak, hingga mengurus dan berbelanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari semuanya melibatkan teknologi. Bahkan saat membayar dan mendapatkan produk,” jelas Rudy. “Ini juga berkat internet yang menyediakan informasi mengenai produk kesehatan dengan mudah dan cepat.”

Dua tren tersebut menandakan bahwa brand FMCG perlu go online atau lebih gencar melakukan pemasaran secara online. Ini berkaitan dengan tren ketiga yaitu, semakin banyak brand FMCG yang bekerjasama dengan partner e-commerce enabler terpercaya. Reckitt Benckiser yang menaungi berbagai brand-brand ternama seperti Enfagrow, Sustagen, Dettol, Durex, Vanish, Harpic butuh partner yang tidak hanya mengerti operasional bisnis, namun juga memahami daya jual dan produk dari brand tersebut. Dua faktor ini yang membuat mereka terpercaya.

“Ketika Reckitt Benckiser memutuskan untuk terjun di industri e-commerce, kami mencari partner bisnis yang memiliki pengalaman dan dapat membantu kami dalam semua proses operasional. Kami butuh partner yang bisa sangat fokus, memahami daya jual produk dan brand, serta responsif,” ujar Rudy. “Hingga saat ini, kami cukup puas bekerja sama dengan SIRCLO untuk kebutuhan tersebut. 

Menggunakan platform SIRCLO Commerce, proses bisnis e-commerce Reckitt Benckiser menjadi lebih praktis, simpel, dan fleksibel terhadap tren-tren baru berkat insight dan strategi berorientasi pada Gross Merchandise Value (GMV). “Keunggulannya adalah proses bisnis secara keseluruhan menjadi lebih lean. Forecasting dan proses route to market menjadi lebih sederhana,” jelas Rudy.

SIRCLO Commerce merupakan sebuah platform teknologi e-commerce dari SIRCLO untuk membantu brand berjualan di marketplace online. Sejak tahun 2016, brand (khususnya brand FMCG seperti Reckitt Benckiser) yang menggunakan SIRCLO Commerce telah menunjukkan peningkatan transaksi penjualan hingga 20% secara online

Platform SIRCLO juga bisa memberikan bantuan dalam menentukan jenis platform yang cocok untuk brand dan produk yang dimiliki, hingga ke aktivasinya (misalnya dengan membuat promo atau aktivitas penjualan khusus). “Dulunya kita fokus pada term komersial, sekarang dengan platform SIRCLO kita fokus pada pencapaian GMV,” kata Rudy. “Ini jauh lebih sehat bagi brand, karena akuisisi dan retensi shopper menjadi kunci kesuksesan dan fokus utama kami.”

Founder dan CEO SIRCLO, Brian Marshal mengatakan bahwa dalam mengembangkan bisnis secara online, brand menghadapi beberapa tantangan, seperti kurangnya tenaga ahli di bidang e-commerce dan sistem penjualan di berbagai kanal yang terintegrasi. “Kandidat yang ahli dan berpengalaman di bidang e-commerce FMCG masih belum banyak tersedia, dan perusahaan sering kesulitan mencari talenta yang cocok. Selain itu, kebanyakan sistem tradisional masih bersifat manual, sehingga memudahkan terjadinya eror. Belum lagi sistem pergudangan dan logistik yang tidak didesain untuk memenuhi order secara online,” ujar Brian. “SIRCLO menyediakan solusi satu atap untuk permasalahan-permasalahan ini bagi klien FMCG seperti Reckitt Benckiser.”

Hingga saat ini, SIRCLO Commerce telah membantu lebih dari 40 klien ternama yang memayungi 200 brand besar di dunia dan di Indonesia. Menurut data tahun 2019, SIRCLO telah memfasilitasi lebih dari USD4 juta (sekitar Rp55,9 miliar) transaksi ritel online setiap bulannya. 

***

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce unggul di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan empat solusi bisnis, yakni SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan situs toko online berbasis template bagi bisnis lokal skala kecil hingga menengah. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 200+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Tangerang), hari ini SIRCLO memiliki 500 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!