Blog

Tingkatkan Engagement Saat Hari Raya dengan 10 Ide Content Marketing Berikut

Jumlah transaksi terutama transaksi bisnis online menjelang hari raya cenderung meningkat. Customer berbondong-bondong belanja berbagai keperluan untuk hari raya, barang-barang kesukaan mereka, maupun hadiah untuk teman dan kerabat. Ini jelas jadi kesempatan bagi bisnis untuk menjangkau calon pembeli dan mendorong mereka untuk melakukan transaksi.

Salah satu yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan saat hari raya adalah melalui content marketing. Buat konten-konten dengan berbagai format di berbagai platform untuk menarik customer dan meningkatkan traffic serta konversi. Apalagi, lebih dari setengah customer mengandalkan media sosial untuk mencari inspirasi dan ide untuk hadiah. 

Baca juga: Manfaatkan Momentum & Hari Raya di 2021 Ini untuk Berjualan Online!

Biasanya bisnis akan membagikan konten berupa ucapan pada hari raya. Namun kamu bisa menghadirkan konten-konten lainnya untuk lebih menarik perhatian target customer. Konten seperti apa yang kira-kira tepat untuk dibagikan oleh brand menjelang hari raya? Berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu terapkan.

Tema Khusus

Khusus selama momen hari raya, kamu bisa membuat tema khusus misalnya menggunakan warna merah putih untuk konten di media sosial, tampilan website, ataupun profil toko di marketplace menjelang 17 Agustus. Ini akan membuat konten hari rayamu mencolok sehingga lebih mudah menarik perhatian calon pembeli.

Update Logo

Hal kecil lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengupdate logomu dengan menambahkan atribut-atribut spesial hari raya. Misalnya menjelang Natal, kamu bisa mengupdate logomu dengan menambahkan topi Santa atau menambahkan ikon ketupat pada logo menjelang Idul Fitri.

Ide atau Rekomendasi Hadiah

Memberikan hadiah merupakan tradisi hari raya. Untuk itu, kamu bisa membagikan konten berupa kumpulan ide atau rekomendasi hadiah dan mengaitkannya dengan produk yang kamu jual. Ini akan membantu meningkatkan awareness terhadap produkmu, apalagi jika kamu meluncurkan produk spesial hari raya.  

DIY atau Tips & Trik

Konten DIY atau tips & trik merupakan salah satu tipe konten yang digemari oleh banyak orang. Kamu bisa membagikan tips & trik seputar hari raya, misalnya DIY membungkus kado atau membagikan video tips fashion untuk Imlek. Lewat konten demikian, kamu bisa secara tidak langsung mempromosikan produkmu di antara tips-tips tersebut. 

Playlist

Minat dan tingkat penggunaan layanan streaming musik dan film/series terus meningkat. Tren ini juga bisa kamu jadikan konten tersendiri. Misalnya menjelang akhir tahun, kamu bisa merekomendasikan lagu atau film yang cocok untuk ditonton oleh pengikutmu. 

Video Bertemakan Hari Raya

Konten berbasis visual seperti foto dan video cenderung lebih mudah menarik perhatian orang. Kamu bisa membuat video bertemakan hari raya. Gunakan teknik storytelling untuk menggugah emosi penonton. 

Sertakan produk pada video dan tambahkan CTA di akhir untuk mengajak orang mengambil tindakan selanjutnya, misalnya mengunjungi website atau melakukan pembelian. Setelah video dibagikan, kamu bisa mengiklankannya di berbagai platform seperti Facebook, Youtube, dan Instagram.

Kontes atau Giveaway

Adakan kontes atau giveaway di media sosial dengan syarat-syarat tertentu. Misalnya untuk meningkatkan awareness dan engagement kamu bisa memberikan syarat mengikuti akun media sosial bisnismu, memberikan like, dan meninggalkan komentar. Sebagai hadiah, kamu bisa memberikan voucher promo, potongan, atau hadiah produk untuk pembelian dengan jumlah tertentu sehingga orang-orang terdorong untuk berpartisipasi dan membeli produk.

Konten Interaktif

Untuk mendorong engagement, bagikan konten interaktif misalnya seperti kuis sederhana, this or that, tebak-tebakan, challenge, menanyakan komentar pengikut, dan konten-konten lainnya. Ajak juga pengikutmu untuk men-tag teman mereka sehingga tingkat awareness brand-mu semakin tinggi. 

Ucapan Terima Kasih

Momen hari raya seperti Lebaran atau akhir tahun menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan apresiasi kepada customer. Bagikan konten berupa ucapan terima kasih, lebih baik lagi jika disertakan dengan promo atau bonus spesial bagi pelanggan setia. Dengan cara ini, customer merasa dihargai. Kamu juga bisa meng-highlight beberapa customer-mu pada konten sebagai testimoni atas nilai atau manfaat produkmu.

Baca juga: (Infografik) Tips Membuat Campaign Marketing untuk Bisnis Online

Promo Spesial

Terakhir dan paling penting, jangan lupa untuk membagikan konten terkait promo spesial hari raya yang akan kamu adakan. Buat tampilan konten semenarik mungkin sehingga bisa menangkap perhatian orang yang melihatnya. Berikan informasi yang jelas seperti periode promo, syarat promo, serta cara melakukan pembelian. Iklankan postingan promomu di berbagai platform untuk mengoptimalkan penjualan. Promo hari raya juga bisa diposting pada fitur feed di online marketplace. Bagi brand retail yang ingin masuk ke jalur distribusi online, SIRCLO Commerce dapat membantu operasional brands melalui layanan end-to-end management yang ditawarkan. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut! 

Dengan konten yang tepat dan sesuai dengan minat calon pembeli dan customer, kamu bisa mengoptimalkan brand awareness, menjangkau lebih banyak orang, menaikkan tingkat traffic, dan meningkatkan jumlah pembelian produkmu di momen hari raya. 

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!