Blog

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan dengan 5 Tips Ini!

Memiliki pelanggan setia adalah keuntungan bagi brands, karena itu artinya produkmu akan punya banyak peminat bahkan sebelum rilis. Pelanggan setia juga akan melakukan repeat order untuk produk favoritnya di toko online atau lapakmu. Tentunya, semakin banyak pelanggan setia, bisnismu pun akan terus subur.

Namun menumbuhkan loyalitas pelanggan bukanlah hal yang mudah. Kamu tidak hanya perlu memberikan pelayanan terbaik, namun juga strategi yang tepat. Dikutip dari Mebiso.com, berikut adalah 5 tips untuk meningkatkan loyalitas pelanggan!

Baca juga: Berjualan di Marketplace, Jaga Kepuasan Customer dengan 5 Cara Ini

Memahami kebutuhan pelanggan

Pelanggan tentunya menggunakan atau mengkonsumsi produk yang kamu jual ketika membutuhkannya. Untuk itu, kamu perlu memahami apa saja kebutuhan pelangganmu. Misalnya bisnismu menjual aksesoris, maka kamu perlu mengikuti tren yang sedang berjalan agar tidak ketinggalan jaman. Di masa pandemi ini, kamu juga bisa menawarkan produk yang sesuai dengan bisnis aksesorismu, seperti acrylic atau corona finger dan tali masker yang unik. Produkmu juga perlu menawarkan solusi untuk permasalahan yang tengah dihadapi pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan membeli dan menggunakan produkmu.

Memaksimalkan pelayanan pelanggan

Pelayanan pelanggan yang baik akan memberikan pengalaman berbelanja yang baik pula untuk pelanggan. Sebaliknya, pelayanan yang buruk akan merusak pengalaman tersebut dan membuat pelanggan menjadi enggan untuk berbelanja di lapakmu. Berikanlah pelayanan yang ramah dan helpful dengan menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan serta memberikan solusi yang mereka butuhkan. Kamu akan bisa membentuk reputasi yang baik untuk bisnismu melalui word of mouth pelanggan.

Berkomunikasi dengan efektif

Komunikasi tidak hanya dilakukan saat melakukan transaksi saja. Kamu perlu tetap berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai cara. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memberikan update seputar produk atau brand-mu. Jika kamu menggunakan website toko online sebagai platform jualanmu, kamu bisa menawarkan pelanggan untuk subscribe di mailing list-mu dan mengirimkan newsletter berisikan promo menarik atau katalog produk terbarumu. Pelanggan pun akan tetap update dan tertarik dengan produkmu.

Memberikan penawaran menarik

Berbagai promo dan penawaran menarik tentunya bisa kamu berikan untuk pelangganmu! Kamu bisa menawarkan gratis ongkir, buy 1 get 1, atau potongan harga dari produk-produkmu. Kamu juga bisa menerapkan sistem poin, di mana pelanggan bisa mendapatkan poin dari setiap pembelian. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan produk atau potongan harga di pembelian selanjutnya.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Customer Melalui Website

Memberikan reward atau freebie

Untuk pelanggan setia atau pelanggan yang sering memberikan review yang baik terhadap produkmu di media sosial, kamu bisa memberikan reward sebagai bentuk apresiasi terhadap dukungan dan loyalitas mereka. Kamu juga bisa memberikan freebie atau bonus di pembelian mereka selanjutnya. Walaupun sederhana, reward bisa menumbuhkan rasa dihargai pada pelanggan.

___

Sumber: Mebiso.com

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!