Blog

Tipe-tipe Promo yang Dapat Dilakukan di Marketplace Saat Ramadan

Promo menjadi hal yang ditunggu-tunggu konsumen menjelang momen hari Raya. Menjelang momen Idul Fitri, jumlah transaksi konsumen cenderung akan meningkat, khususnya untuk kategori produk tertentu misalnya pakaian muslim.

Toko ritel maupun toko online berlomba-lomba menawarkan berbagai promo untuk menarik calon pembeli, termasuk juga toko-toko di marketplace. Promo yang ditawarkan juga berbagai macam. 

Dengan menawarkan berbagai jenis promo, kamu bisa menyasar beberapa segmentasi audiens dan meningkatkan penjualan. Berikut beberapa tipe promo yang dapat kamu lakukan saat Ramadan di marketplace:

Paket Bundling

Ramadan merupakan bulan berbagi. Kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan menawarkan promo paket bundling, misalnya paket untuk pasangan atau keluarga. Gabungkan produk-produk yang dirasa bisa saling melengkapi. 

Kamu juga bisa menawarkan beberapa level paket bundling, misalnya paket A terdiri dari 2 produk, paket B 3 produk, dan seterusnya sehingga konsumen memiliki beberapa pilihan. Alhasil, penjualan maupun pendapatan selama bulan Ramadan bisa meningkat.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Campaign Ramadan yang Menarik Di 2021

Kupon Cashback

Untuk mendorong customer agar kembali berbelanja di tokomu, kamu bisa memberikan kupon cashback. Jenis kupon cashback ini juga bisa kamu sesuaikan dengan tipe customer. Misalnya untuk mereka yang pertama kali berbelanja, kamu bisa memberikan cashback dengan nilai tertentu untuk pembelian pertama mereka. Kemudian untuk pelanggan, kamu bisa memberikan voucher cashback untuk pembelian selanjutnya. 

Selain dari tipe customer kamu juga bisa memberikan cashback berdasarkan nilai transaksi. Semakin besar jumlah transaksi, semakin besar juga cashback yang mereka dapatkan. Misalnya jika mereka berbelanja sebesar Rp 50.000, mereka akan mendapat cashback senilai Rp 5.000 sementara jika berbelanja sebesar Rp 75.000, mereka akan mendapat Rp 10.000. Ini akan mendorong customer untuk berbelanja lebih banyak. 

Gratis Ongkir 

Promo umum lainnya yang sering dilakukan saat momen-momen besar adalah gratis ongkir. Kamu bisa memberikan gratis ongkir untuk minimal transaksi tertentu agar jumlah transaksi dan pembelian selama Ramadan meningkat. Berikan batas waktu, misalnya hanya berlaku selama bulan Ramadan. Dengan begitu, customer akan terdorong untuk segera membeli.

Flash Sale Saat Ngabuburit atau Sahur

Promo lain yang juga digemari oleh banyak customer adalah flash sale. Pasalnya, biasanya saat flash sale potongan harga yang diberikan lebih besar. Selain itu flash sale juga cenderung diadakan dalam waktu singkat. 

Saat Ramadan, kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu seperti Ngabuburit atau Sahur untuk mengadakan flash sale. Bagikan informasi mengenai flash sale yang akan kamu adakan agar bisa menjangkau banyak konsumen.

Baca juga: Tips Siapkan Bisnis Sambut Ramadan 2021

Promo Kerjasama dengan Brand Lain

Terakhir, kamu bisa bekerja sama dengan brand lain untuk memberikan paket promo produk Ramadan. Misalnya jika kamu berjualan kue kering, kamu bisa bekerja sama dengan brand yang menjual minuman atau kurma untuk menjual paket atau parsel khusus Idul Fitri.

Yang paling penting dalam mengadakan promo adalah untuk merencanakannya dengan matang. Hitung batas promo yang dapat kamu berikan untuk bisa menarik pelanggan sekaligus mendapatkan keuntungan. Komunikasikan promo yang akan diadakan beberapa minggu sebelum promo berjalan agar customer mengetahuinya. 

Ramadan ini, kamu pun bisa menggencarkan promosi di website toko online- mumarketplace hingga WhatsApp. Kemudahan berjualan online bisa kamu dapatkan di SIRCLO Store. Klik di sini untuk mencoba sekarang!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!