Blog

jualan melalui platform live streaming

Tips Berjualan Dengan Live Streaming Platform

Metode berbelanja melalui siaran video langsung atau live streaming, merupakan cara berjualan baru dengan menggunakan influencer untuk melakukan live streaming menawarkan produk yang dijual. Cara ini menyasar anak muda yang senang menghabiskan lebih banyak waktunya dengan smartphone mereka. Calon konsumen bisa langsung bertanya mengenai produk yang pajang, lewat fitur komentar dan akan dijawab oleh influencer terkait.

Promosi sekaligus berjualan menggunakan live stremaing dipopulerkan oleh Alibaba Group. Kala itu, Alibaba sebagai salah satu e-commerce populer di Cina melakukan live streaming di Hari Belanja Nasional yang di adakan pada tahun 2019 akhir. Alibaba Group mampu meraih keuntungan sebanyak dua triliun rupiah. Seiring berjalannya waktu, beberapa marketplace yang masuk di Indonesia mulai memberikan fitur live streaming sebagai sarana berjualan.

Hadirnya fitur live streaming kerap kali menyertakan diskon dan promo menarik dari yang kecil sampai besar untuk menambah daya tarik konsumen untuk membeli. Lantas, apa saja kelebihan dari metode belanja baru ini? Selengkapnya sebagai berikut

Baca juga: Strategi Agar Usaha Kuliner-mu Ramai

Menciptakan Interaksi Personal

Promosi menggunakan live streaming memungkinkan kamu untuk bisa berinteraksi langsung dengan calon konsumen. Saat respon yang diberikan selama berlangsungnya live streaming berjalan baik, konsumen tak akan sungkan untuk mengikuti program yang sama dilain waktu. Beberapa barang bahkan dijual secara lelang dan konsumen sikut-sikutan untuk mendapatkannya.

Live streaming juga bisa membuat konsumen memperhatikan barang incaran untuk melihatnya secara detail. Ajukan saja pertanyaan dan keinginan konsumen untuk melihat produk lebih dekat. Pemandu acara nantinya akan memperlihatkan bagaimana tampak produk lebih dekat pada beberapa sisi. Hal tersebut banyak dilakukan konsumen untuk mencegah terjadinya produk yang tidak sesuai harapan.

Brand Awareness Meningkat

Semakin tahun, trend akan metode belanja semakin beragam. Inilah kesempatan kamu untuk mengikuti trend agar bisa meningkatkan brand awareness, salah satunya dengan mencoba metode promosi menggunakan live streaming yang terdapat di beberapa marketplace. Brand awareness penting bagi suatu brand untuk meraup keuntungan. Semakin besar produk yang dilihat dari konsumen, semakin banyak konsumen yang mengetahui mengenai produk dan brand kamu.

Setiap marketplace memiliki segmentasi masing-masing. Dengan bergabung menjadi bagian live streaming di beberapa marketplace, kamu bisa melebarkan sayap untuk semakin dikenal oleh audiens yang lebih luas. Brand awareness yang besar juga dapat berpengaruh pada tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko kamu.

Baca juga: Kemasan Desain Kreatif, Faktor Penting Bagi Usaha Kuliner

Penjualan Bertambah

Dampak dari promosi dan berjualan di live streaming bisa membantu penjualan menjadi bertambah secara signifikan. Menurut laporan digital 2021 oleh We Are Social menjelaskan bahwa 98,5% pengguna internet cenderung menonton video. Kecenderungan pengguna internet bisa kamu maksimalkan dengan mulai melakukan promosi dan berjualan di live streaming.

Saat live streaming, kamu perlu menawarkan cara yang membuat konsumen semakin tertarik. Bisa dengan promosi, diskon, memasukkan kode voucher, dan sistem lelang selama durasi live streaming yang ditetapkan. Dengan berhasil membuat tawaran yang menarik bagi konsumen ditambah metode ini banyak mendapatkan benefitnya, kamu bisa mendapatkan penjualan yang bertambah jika konsisten dan menghadirkan sesuatu yang berbeda pada sesi live streamingnya.

SIRCLO hadir sebagai solusi untuk e-commerce enabler terdepan di Indonesia. SIRCLO Commerce menyediakan solusi channel management yang unggul dalam memfasilitasi perusahaan FMCG, retail fashion, kecantikan dan berbagai industri lainnya untuk berjualan online.

SIRCLO Commerce

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!