Blog

pengiriman cepat selama harbolnas

Tips Kirim Produk Tepat Waktu Selama Harbolnas

Momen Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Bagi pelaku bisnis ini merupakan waktu yang tepat untuk melipatgandakan penghasilan, bagi konsumen Harbolnas menjadi ajang menemukan diskon besar-besaran pada setiap produk, dan bagi jasa ekspedisi harus siap membantu pengiriman barang yang cukup banyak dibandingkan hari-hari biasanya.

Bagi jasa ekspedisi, pengiriman barang secara tepat waktu merupakan indikator keberhasilan yang bisa menimbulkan kepercayaan konsumen. Namun, masih banyak penyebab alasan paket datang terlambat. Menurut data dari Ninja Xpress sebesar 36% penerima tidak ada di lokasi, 14 % alamat tidak lengkap, 24% membatalkan pesanan, dan sebanyak 22% penerima barang belum dapat membayar COD.

Semua penyebab pengiriman barang datang tidak tepat waktu tidak hanya dari sisi konsumen. Terdapat beberapa jasa ekspedisi yang telat mengantarkan paket Harbolnas karena kewalahan dengan banyaknya paket. Akan tetapi, jika pihak ekspedisi logistik siap, kesalahan dari pihak jasa ekspedisi bisa mengecil. Lantas, apa saja cara yang perlu dilakukan agar pengiriman barang sampai tepat waktu saat hari besar seperti Harbolnas? Selengkapnya sebagai berikut.

Berada Di Titik Pengiriman

Kurir biasanya melakukan pemetaan proses pengiriman paket berdasarkan jarak dan arah keberangkatan. Hal tersebut mereka lakukan untuk meminimalisir pengiriman paket yang rumit dan memecah arah pembagian. Untuk itu, usahakan konsumen berada di titik lokasi pengiriman pada saat waktu estimasi diprediksi akan tiba. Sehingga paket akan cepat sampai dan kurir pun bisa melanjutkan proses pengiriman.

Kerap kali, beberapa konsumen tidak berada di titik pengiriman pada saat waktu yang ditentukan. Minimal jika pesanan sudah dibayar lewat metode pembayaran yang dipilih, upayakan untuk berada di lokasi atau menitipkan kepada keluarga atau tetangga untuk menerima paket. Lebih baiknya segera respon kurir saat mencoba mengontak.

Baca juga: Apa Manfaat Dari AirWay Bills?

Menuliskan Alamat Secara Lengkap

Menulis alamat secara lengkap merupakan salah satu sikap yang membantu pekerjaan kurir saat proses pengantaran paket. Mereka akan berjibaku melewati jalanan demi memberikan pelayanan pengiriman secara tepat waktu, jadi tak ada salahnya membantu kurir untuk menuliskan alamat pengiriman secara rinci. Masukkan alamat beserta gang, rt, rw, no rumah, bila perlu jelaskan patokan rumah jika lokasinya berada di pedalaman.

Kerap kali banyak video lalu lalang di media sosial memperlihatkan kurir yang kebingungan karena penulisan alamat tidak lengkap. Ada yang tersesat di tengah kebun, melewati sawah, sampai tak tahu arah karena tersesat di jalanan sepi belum terakses Google Maps. Jika ingin sesegera mungkin membuka paket Harbolnas, tuliskanlah alamat secara jelas. Konsumen senang, kurir tenang. 

Hindari Pembatalan Secara Mendadak

Sudah pernah melihat fenomena pembatalan produk secara mendadak? Hal ini memang terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi. Faktor konsumen yang paling banyak terjadi. Konsumen merasa ragu dan tiba-tiba membatalkan pada menit-menit akhir pengiriman paket, sehingga kurir kerap kali membawa pulang lagi paketnya ke pool terdekat.

Adapun faktor lain seperti platform yang mengalami gangguan sehingga tertulis batal namun tetap terkirim. Alasan satu ini bisa tetap ditanggapi dengan santai jika konsumen bisa menjelaskan bahwa produk tersebut tidak jadi dibeli. Biasanya kurir meminta biaya pengganti untuk mengirim kembali paket ke penjual. Jadi jangan kaget dan bayarlah biaya pengiriman ulang dan lakukan komplain kepada penjual bukan kepada kurir.

COD, Bayar Dulu Baru Buka Barang

Etika dalam melakukan belanja online rasanya belum dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Buktinya, masih banyak kasus konsumen yang memesan dengan metode cash on delivery atau COD tapi langsung membuka paket tanpa membayar terlebih dahulu. Beberapa dari mereka malah memarahi kurir yang tidak tahu menahu soal produk dan tidak membayarnya.

Konsumen yang belum mengetahui metode pembayaran COD jelas menghambat laju kurir dalam mengirimkan paket. Terutama untuk perayaan besar seperti Harbolnas. Agaknya, konsumen perlu mempelajarinya sebelum melakukan tindakan. Agar konsumen tercerahkan dan proses pengiriman paket tidak terhambat.

Baca juga: Ingin Berjualan Dengan Sistem Pre Order? Ikuti 5 Cara ini

Jadwalkan Ulang Penerimaan

Kurir akan memberikan pesan informasi berupa paket yang sudah datang namun lokasi pengiriman tidak ada siapapun perwakilan yang menerima. Biasanya kurir akan kembali membawa paket tersebut ke kantor tempat penyimpanan ekspedisi terkait. Untuk mendapatkan paket kembali, sebaiknya segera hubungi kurir sebelum berangkat untuk melakukan jadwal ulang penerimaan agar memudahkan kerja kurir dan mendapatkan paket dengan cepat.

Penjadwalan sifatnya bisa ditunda sesuai keinginan konsumen. Bahkan, jika tidak memungkinkan sekalipun karena kesibukan, konsumen bisa mendatangi kantor tempat penyimpanan ekspedisi untuk mengambil secara mandiri.

Sambut Harbolnas, kamu bisa mendapatkan kemudahan pengiriman barang dengan menggunakan fitur auto AWB (AirWay Bill) di SIRCLO Store. Menggunakan fitur auto AWB di SIRCLO Store membuat kamu tak perlu repot-repot mengantarkan paket ke lokasi ekspedisi, karena pihak ekspedisi yang akan menjemput paket di lokasi kamu dan sampai tujuan tepat waktu.

SIRCLO Store

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!