Blog

Tips memulai usaha makanan dan minuman

Tips Membangun Bisnis F&B Agar Dapat Bersaing

Bisnis F&B merupakan salah satu jenis bisnis yang digandrungi banyak orang. Jumlahnya pun terus bertambah setiap tahunnya. Namun, tak sedikit juga yang kesulitan mempertahankan bisnisnya. 

Dengan jumlah bisnis F&B yang bertambah, artinya persaingan pun semakin ketat. Pebisnis harus bisa mempersiapkan strategi agar bisnisnya dapat bertahan. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan jika kamu ingin membangun bisnis F&B:

Menentukan Target Pasar

Memiliki target pasar yang jelas akan membantumu menentukan strategi bisnis. Target pasar ini meliputi usia, pendapatan, gaya hidup, pekerjaan, dan lain-lain. Dari sini, kamu bisa menentukan menu, harga, strategi pemasaran, jenis promosi, dan lain-lainnya. 

Analisis kebiasaan dan preferensi target customer yang ingin kamu sasar. Kamu juga bisa mempelajarinya dengan melakukan riset kompetitor. Buat daftar beberapa bisnis F&B lain yang memiliki target customer kurang lebih sama dengan bisnis yang ingin kamu bangun. Kemudian pelajari strategi mereka, mana yang berhasil, dan apa yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu.

Baca juga: 5 Tips Menulis Deskripsi Yang Menarik Untuk Produkmu

Menentukan Diferensiasi

Selanjutnya, kamu juga harus memikirkan keunikan apa yang dapat ditawarkan bisnismu dibanding kompetitor. Memiliki keunikan akan membuat bisnismu jadi lebih mudah diingat oleh customer. Diferensiasi ini bisa dari segi menu makanan, harga, pelayanan, dan banyak lagi. Dengan memiliki diferensiasi, bisnismu jadi memiliki nilai jual lebih yang dapat ditawarkan ke customer

Membangun Branding

Selain dari segi makanan, branding juga dapat membantumu menjangkau audiens yang luas. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun branding, mulai dari menentukan warna, desain, gaya bahasa, konten, dan banyak lagi, termasuk juga kemasan. 

Kamu bisa membangun branding berdasarkan hasil analisis target pasar kamu. Selain itu, kamu juga bisa mulai dengan menentukan bagaimana kamu ingin bisnismu diingat oleh customer. Untuk mendukung branding-mu, kamu bisa memanfaatkan media sosial misalnya dengan membagikan konten yang menarik, bekerja sama dengan influencer, atau memasang iklan.

Menyediakan Layanan yang Berkualitas

Setelah menarik customer, kamu juga harus bisa memberikan pelayanan yang baik agar mereka mau kembali membeli makanan atau minuman yang kamu jual. Layanan ini termasuk dari segi kecepatan, keramahan, kualitas makanan, cara respons, dan banyak lagi. 

Pertama, pastikan makanan atau minuman yang kamu jual memiliki rasa yang konsisten. Kemudian berikan respons yang cepat dan tepat kepada customer. Sediakan berbagai pilihan layanan bagi customer, misalnya menyediakan pilihan dine in, order online, atau takeaway. Begitu pula dengan metode pembayaran. Kamu juga bisa meminta masukan dari customer agar bisnismu bisa terus berkembang. 

Baca juga: Pikat Konsumen Lewat Promosi Menarik

Memanfaatkan Platform Digital

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan berbagai platform digital untuk memasarkan dan menjual makanan atau minumanmu. Gunakan sejumlah platform seperti website, media sosial, dan Whatsapp. Semakin banyak platform yang kamu gunakan, semakin mudah juga bagimu untuk menjangkau banyak customer

Saat menggunakan banyak platform, pastikan juga seluruh aspeknya konsisten, mulai dari desain, konten, informasi, dan lain-lain. Integrasikan data-data yang ada antar platform untuk memudahkanmu merekap keseluruhan penjualan dan menganalisis perkembangan bisnis, juga memberikan layanan yang menyenangkan bagi customer.Kamu bisa hadir di banyak platform sekaligus dengan menggunakan SIRCLO Store. Kamu bisa mengelola semua channel penjualanmu secara terpadu melalui satu dashboard. SIRCLO Store juga memiliki perangkat analitik sehingga kamu bisa menganalisa perkembangan bisnismu dengan efektif.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!