Blog

Tips Membuat Konten Menarik untuk Brand-mu Agar Masuk ke FYP TikTok

TikTok kini menjadi salah satu medium yang dapat dimanfaatkan brand untuk promosi dan meningkatkan awareness. Apalagi, jumlah pengguna TikTok di Indonesia terus meningkat. Saa tini, Indonesia menjadi negara pertama dengan jumlah download terbanyak untuk aplikasi TikTok.

TikTok sendiri menawarkan jenis konten yang cukup berbeda dari konten-konten media sosial lainnya. TikTok menawarkan konten berupa video singkat yang dipersonalisasi untuk masing-masing pengguna lewat ‘For You Page’ (FYP). 

Baca juga: Promosi Bisnis di TikTok? Cari Tahu Dulu Cara Kerja Algoritma TikTok di 2021

Apabila suatu video banyak ditonton dan masuk ke FYP banyak pengguna, konten tersebut berpotensi untuk viral. Namun bagaimana cara membuat konten yang menarik agar video brand-mu ditonton banyak orang dan masuk ke FYP? Berikut sejumlah tips yang dapat kamu terapkan.

Singkat 

TikTok memungkinkan kamu untuk membuat video berdurasi 15 detik hingga 1 menit. Namun pengguna cenderung lebih menyukai konten yang singkat dan menarik dibandingkan video yang panjang. 

Rata-rata video TikTok yang banyak ditonton adalah video dengan durasi 15-30 detik. Semakin banyak videomu ditonton oleh pengguna sampai habis, semakin besar juga kemungkinan videomu untuk direkomendasikan oleh algoritma TikTok dan masuk ke FYP.

@eos

pov: we handed the aux cord to our new BOOST balm 😜 💃🏻#keepingactive #beauty #lipbalm #dancing #eos #fyp

♬ Body – Dirtcaps Remix – Loud Luxury

Buat Video yang Menarik Perhatian Sejak Awal

Pastikan awal videomu sudah bisa langsung menarik perhatian orang yang menontonnya. Hindari intro yang terlalu panjang dan membosankan. Pastikan 3 detik pertama kontenmu sudah bisa menangkap perhatian audiens. Dengan cara ini, kamu pun bisa mendorong pengguna untuk lanjut menonton videomu hingga selesai.

@washingtonpost

My new best friend is a little different but cool once you get to know him.

♬ original sound – We are a newspaper.

Pastikan Konten Memiliki Kualitas dan Editan yang Bagus

Kualitas video yang jernih juga menjadi salah satu syarat agar videomu ditonton sampai habis oleh pengguna. Edit video dengan rapi dan bagus. Gunakan berbagai teknik editing yang bisa menarik perhatian. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Tiktok seperti filter, stiker, effect, template, dan opsi-opsi lainnya.

@jasonderulo

What time is it where u are?

♬ original sound – Jason Derulo

Ikuti Tren Terbaru

Ada begitu banyak tren yang sering muncul di TikTok, misalnya berbagai challenge yang viral. Beberapa tren berkaitan dengan peristiwa saat ini, beberapa muncul secara tiba-tiba. Apabila kamu melihat suatu tipe konten sedang populer atau akan tren, segera manfaatkan tren tersebut dengan membuat konten serupa. Tentunya apabila tipe konten tersebut sesuai dengan brand-mu. Kamu juga bisa mencari tahu tren-tren terbaru dari Discover page. 

Baca juga: Begini Cara Kerja Algoritma Instagram 2021 yang Perlu Kamu Ketahui

@tokopedia

siapa yg belum moveon? #tokopediahaul

♬ original sound – Tokopedia Official

Gunakan Hashtag yang Relevan

Selain menggunakan hashtag yang relevan dengan kontenmu, kamu juga bisa menggunakan hashtag untuk FYP seperti #fyp dan #foryoupage. Apabila kamu membuat konten berdasarkan konten atau hashtag yang sedang tren misalnya video challenge sertakan juga hashtag tersebut agar kontenmu bisa menjangkau lebih banyak orang. Namun hindari terlalu banyak menggunakan hashtag terlalu banyak.

@shopee_id

Upaya mimin gombalin Bangchan 😂🧡 Doain ya! #fyp #foryoupage

♬ original sound – Cantika Raka

Buat Caption yang Menarik

Buat caption yang singkat dan menarik perhatian. Batas maksimum untuk caption TikTok adalah 150 karakter. Jadi dengan ruang yang terbatas tersebut, kamu harus bisa membuat caption yang bisa membuat pengguna ingin menonton kontenmu. 

Kamu bisa menarik perhatian dengan membangkitkan rasa penasaran mereka, misalnya mengajak pengguna untuk menonton sampai akhir atau ajukan pertanyaan sehingga mereka mau meninggalkan komentar dan tingkat engagement kontenmu jadi lebih tinggi.

@zachking

How many of did you guess correctly? #illusion #game

♬ original sound – Zach King

Gunakan Lagu yang Sedang Tren

Sama dengan hashtag, lagu-lagu di TikTok juga menjadi salah satu aspek yang banyak diperhatikan oleh penggunanya. Kamu bisa menggunakan lagu atau audio yang sedang populer sehingga kontenmu bisa direkomendasikan oleh algoritma TikTok. 

Kamu bisa menemukan lagu-lagu yang sedang tren dengan membuka video editor dan pilih Sound. Kamu juga bisa melihat-lihat konten dari akun yang populer di TikTok untuk mencari tahu lagu apa yang sering mereka gunakan.

Lakukan Duet

Salah satu keunikan dari TikTok adalah kamu bisa berkolaborasi atau berduet dengan creator lainnya. Kamu dapat berduet dengan brand lain atau influencer sehingga jangkauan kontenmu bisa semakin luas. Selain berduet, kamu juga bisa membuat konten yang mengajak orang lain berduet dengan kontenmu dengan membuka opsi duet. Tambahkan hashtag #duetwithme untuk menarik orang-orang yang mau membuat konten duet.

Pada dasarnya, algoritma TikTok bekerja layaknya algoritma media sosial pada umumnya. TikTok akan merekomendasikan konten-konten yang dianggap menarik perhatian bagi penggunanya. Dengan mengikuti tips-tips di atas dan menghasilkan video berkualitas yang relevan dengan target audiens brand-mu, kontenmu pun bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

Setelah membuat konten di TikTok, kamu bisa mengarahkan calon pelanggan untuk berbelanja di website toko online-mu, loh. SIRCLO Store adalah solusi untuk kamu yang ingin segera berjualan dengan website toko online. Mulai dari Rp 275.000 per bulan, kamu bisa berjualan di website e-commerce-mu sendiri. Klik di sini untuk memulai!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!