Blog

Mengatur budget untuk pemesaran digital

Tips Memilih Platform dan Mengatur Budget untuk Pemasaran Digital

Pemasaran digital kini menjadi aspek penting yang mempengaruhi perkembangan bisnis. Rata-rata bisnis baik kecil maupun besar kini beralih ke platform digital untuk menggaet konsumen, salah satunya dengan beriklan. Apalagi, kini sudah ada begitu banyak platform yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran.

Namun, bagi pebisnis pemula hal ini bisa membingungkan. Berapa budget yang harus dikeluarkan untuk pemasaran digital? Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Ketahui Tujuan

Pertama kamu harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari pemasaran digital yang ingin kamu lakukan, apakah untuk meningkatkan awareness, apakah untuk menjangkau segmentasi pelanggan baru, memperkenalkan produk baru, meningkatkan penjualan, atau untuk mempertahankan pelanggan.

Tidak hanya mengetahui, kamu juga harus menentukan target atau indikator untuk mengukur apakah pemasaran yang dilakukan berhasil atau tidak. Misalnya jika targetnya adalah meningkatkan penjualan, berapa persen peningkatan yang kamu harapkan? Dengan mengetahui tujuan, akan lebih mudah bagimu untuk mengatur anggaran pemasaran digital. 

Baca juga: Tips Membangun Bisnis F&B Agar Dapat Bersaing

Buat Perencanaan

Setelah menetapkan tujuan, selanjutnya kamu perlu membuat perencanaan pemasaran digital. Perencanaan di sini berupa berapa lama durasi pemasaran digital yang akan kamu jalankan, dengan metode dan channel apa, dan sebagainya. Perencanaan yang kamu buat akan menentukan besar kecilnya pengeluaranmu. 

Agar pengeluaran tidak membebani keuangan bisnismu, sebaiknya rencanakan dari awal berapa jumlah anggaran yang dapat kamu keluarkan sehingga dari sini kamu juga bisa menentukan mana strategi yang tepat dan efisien.

Memilih Platform yang Tepat

Sekarang ini ada begitu banyak platform yang dapat kamu pilih untuk melakukan pemasaran, mulai dari Google Ads, iklan di marketplace, media sosial, dan lain-lain. Keuntungan dari beriklan di Google adalah jangkauannya yang sangat luas dan sifatnya yang fleksibel. Kamu bisa mengendalikan penuh kampanye yang akan dijalankan. Biasanya Google Ads didasarkan pada kata kunci. Artinya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kata kunci apa yang banyak dicari orang dan menggambarkan bisnismu.

Sementara itu, media sosial biasanya juga merupakan platform yang tepat untuk membangun awareness. Pilihlah platform media sosial yang memang banyak digunakan oleh target pemasaranmu. Untuk melakukan pemasaran di media sosial, kamu memerlukan visual yang menarik agar calon pembeli pun ingin mencari tahu lebih lanjut.

Di marketplace, rata-rata penggunanya adalah memang orang yang ingin berbelanja sehingga memudahkanmu untuk menarik pelanggan. Kamu bisa menampilkan keunggulan produkmu dan menambahkan informasi promo jika memang ada. 

Rata-rata platform juga biasanya mengizinkan penggunanya untuk menentukan budget iklan sehingga mudah bagi kamu untuk mengikuti anggaran yang sudah direncanakan. Selain itu, kebanyakan platform tersebut juga memungkinkan kamu untuk mengatur target iklan agar lebih relevan.

Baca juga: 5 Tips Menulis Deskripsi Yang Menarik Untuk Produkmu

Pertimbangkan Sumber Daya

Jangan lupa juga untuk memperhatikan sumber daya yang ada. Sumber daya yang dimaksud bukan hanya biaya tetapi juga hal-hal lainnya seperti tenaga kerja dan aset. Pertimbangkan hal-hal apa saja yang kamu perlukan untuk melaksanakan pemasaran digital dan sesuaikan rencanamu dengan hal tersebut. Tujuannya adalah untuk menghindari adanya biaya-biaya tersembunyi yang akhirnya membuat pemasaranmu tidak efektif.

Evaluasi Kembali

Setelah kampanye selesai, jangan lupa untuk mengevaluasi kinerjanya mulai dari berapa anggaran yang dikeluarkan, apakah sesuai rencana, strategi apa yang berhasil dan mana yang tidak, dan banyak lagi. Alhasil nantinya saat kamu mau melakukan pemasaran digital lagi, kamu sudah memiliki pembanding sehingga memudahkanmu dalam membuat perencanaan dan mengatur anggaran.

Mengingat begitu pentingnya pemasaran digital bagi perkembangan bisnis, SIRCLO Store menyediakan layanan terpadu untuk penjualanmu, termasuk pemasaran di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Jadi kamu tak perlu khawatir atau repot mengatur dan mengelola pemasaran, dan pemasaran digital pun bisa terlaksana dengan baik. 

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!