Blog

Tips Mempersiapkan Campaign Ramadan yang Menarik Di 2021

Sebagian besar bisnis mengadakan campaign khusus Ramadan setiap tahunnya. Momentum ini, orang-orang biasanya berkumpul bersama sanak saudara dan bersilaturahmi. Masyarakat juga cenderung berbelanja lebih banyak dari biasanya, baik untuk diri sendiri maupun untuk berbagi ke keluarga dan kerabat. 

Saat pandemi seperti saat ini, membuat tradisi-tradisi yang umumnya dilakukan menjelang Idul Fitri tidak bisa dilakukan seperti biasanya. Sebagian besar kegiatan jadi harus dilakukan secara digital. Ini pun membuat momen-momen Ramadan biasanya menjadi berbeda. 

Apa saja momen yang beda dari Ramadan sebelum pandemi? Berikut momen-momen unik dari Ramadan beberapa tahun sebelumnya, yang bisa kamu pelajari untuk mempersiapkan campaign.

Ngabuburit

Menjelang buka puasa saat bulan Ramadan, biasanya masyarakat Indonesia berkumpul dan melakukan aktivitas bersama. Karena pandemi, masyarakat pun tidak bisa berkumpul. Sebagian besar orang memanfaatkan platform online sebagai alternatif untuk mencari hiburan untuk dilakukan menjelang buka puasa seperti streaming musik, video, ataupun bermain game online.

Zakat & Donasi

Bulan Ramadan adalah bulan berbagi. Adanya pandemi meningkatkan kesadaran sosial masyarakat Indonesia. Apalagi, pandemi tidak hanya berdampak pada kesehatan saja tetapi juga pada perekonomian. 

Banyak orang pun mencari platform online untuk berdonasi dan membantu mereka yang kekurangan. Berdasarkan laporan Google, pencarian kata kunci seperti ‘donasi corona’, ‘website donasi’, dan ‘zakat itrah online’ sepanjang bulan Ramadan.

Baca juga: Tips Siapkan Bisnis Sambut Ramadan 2021

Buka Bersama

Di tahun 2020, buka bersama menjadi kegiatan yang tidak bisa dilakukan. Alhasil, masyarakat pun mencari cara-cara baru untuk bisa melakukan buka bersama sekaligus menjalankan social distancing. Masyarakat pun mencari alternatif buka bersama secara online, membuat kata kunci seperti ‘ide buka bersama online’ dan ‘cara silaturahmi online’ meningkat pencariannya.

Mudik

Karena pemerintah menerapkan sejumlah aturan baru bagi masyarakat yang ingin mudik saat Lebaran, banyak masyarakat memutuskan untuk mudik lebih awal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mereka pun banyak mencari tahu informasi dan aturan terbaru mengenai mudik dari pemerintah sehingga bisa merencanakan mudik mereka. Sebagai pebisnis, kamu juga bisa menyiapkan campaign Ramadan lebih awal agar tidak ketinggalan momentum.

Produk yang Banyak Dicari

Tidak hanya dari segi tradisi Ramadan saja, produk-produk yang banyak dicari selama Ramadan pun berbeda dengan sebelum pandemi. Misalnya saja, karena dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi, banyak orang mulai mencari opsi produk asuransi, kredit, dan pinjaman lebih awal dari Ramadan tahun sebelumnya. 

Baca juga: Persiapkan Strategi Bisnismu untuk Ramadan dari Sekarang!

Sementara itu, orang-orang memilih untuk memenuhi kebutuhan Ramadan mereka terlebih dahulu sebelum memikirkan ke mana harus mengalokasikan sisa anggaran Ramadan mereka. Pencarian topik mengenai investasi pun cenderung meningkat setelah Ramadan berakhir. 

Walaupun tidak bisa melakukan silaturahmi secara langsung, produk fashion tetap banyak dicari dimana orang-orang mengikuti tren fashion Ramadan terbaru. Produk-produk perawatan dan kebersihan juga mengalami peningkatan pesat. 

Selain produk fashion dan perawatan, produk-produk hiburan online seperti streaming service dan game online juga mengalami peningkatan dalam pencariannya. Sementara itu, sebagian besar orang menunda berbelanja barang-barang dengan harga yang cukup tinggi hingga setelah Ramadan untuk memastikan kebutuhan utama mereka telah tercukupi terlebih dahulu.

Mengetahui apa saja perubahan yang terjadi pada momen-momen Ramadan dapat sangat membantu kamu dalam mempersiapkan campaign Ramadan. Mengetahui perubahan perilaku masyarakat memungkinkan kamu untuk membuat strategi yang lebih relevan dan tepat sasaran sehingga nantinya penjualan bisa maksimal. 

Ramadan ini, kamu pun bisa menggencarkan campaign marketing-mu dan berjualan di website toko onlinemarketplace hingga WhatsApp. Kemudahan berjualan online bisa kamu dapatkan di SIRCLO Store. Klik di sini untuk mencoba sekarang!

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!