Blog

Tips Mengembangkan Storytelling yang Menarik untuk Campaign Ramadan 2021

Bulan Ramadan sudah dimulai pekan ini. Pelaku bisnis pun beramai-ramai mempersiapkan campaign spesial. Bagi kamu yang berencana untuk menjalankan campaign khusus Ramadan, salah satu aspek yang harus dipersiapkan dalam merencanakan strategi pemasaran adalah storytelling.

Selain aspek visual, copywriting dan storytelling menjadi bagian yang berperan penting dalam menarik perhatian target audiens. Tanpa penceritaan yang efektif, audiens akan dengan mudah berpaling ke campaign lainnya. 

Lalu bagaimana mengembangkan storytelling untuk campaign Ramadan yang efektif serta menarik perhatian customer? Berikut tipsnya.

Ketahui Siapa Target Audience

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dan tentukan adalah siapa target audience yang disasar. Segmentasi audience-mu akan menentukan gaya bahasa, cerita, bahkan visual untuk campaign-mu. 

Contohnya campaign Ramadan Frestea x LINE yang menggunakan storytelling dalam format chat dan penggunaan meme, audio, serta video untuk membuat penyampaiannya lebih sesuai dengan targetnya yaitu anak muda.

Baca juga: Tipe-tipe promo yang bisa kamu lakukan di marketplace saat ramadan

Pentingnya 5 Detik Pertama

Dengan begitu banyaknya konten campaign dari berbagai brand, bisnis pun harus bisa menghasilkan konten yang dapat menarik perhatian konsumen dalam 5 detik pertama, salah satunya dengan copywriting yang berani dan menarik. Selain itu, usahakan agar storytelling tidak terlihat seperti iklan sehingga audiens mau terus memperhatikan.

Pada campaign eBadah Ramadan tahun lalu misalnya, Gojek melakukan ini dengan copywriting yang langsung menangkap perhatian audiens dengan gaya bahasa maupun visual yang khas. Video campaign-nya pun dimulai dan berfokus pada cerita alih-alih secara gamblang mengiklankan produk.

Tekankan Pesan Positif

Ramadan merupakan momen kebersamaan dan berbagi. Pada momen ini, biasanya pesan dan nilai-nilai positif akan menjadi fokus seperti amal, berkah, rasa syukur, silaturahmi, dan kekeluargaan. 

Tekankan nilai-nilai positif tersebut ke dalam storytelling untuk campaign bisnismu. Membangkitkan emosi positif seperti kegembiraan, humor, dan hubungan baik dengan sesama cenderung akan lebih relevan dengan audiens. 

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menceritakan bagaimana brand-mu memberikan kontribusi bagi masyarakat. Konsumen khususnya milenial akan lebih cenderung untuk menggunakan produk dari suatu bisnis jika mereka merasa bisnis tersebut memiliki dampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan. Namun, hati-hati agar campaign tidak terlihat palsu atau hanya memanfaatkan momen. 

Baca juga: Optimalkan penjualan online diberbagai platform saat ramadan dengan SIRCLO Store

Cerita Berkelanjutan

Berdasarkan riset, brand yang mampu menghadirkan cerita berkelanjutan memiliki performa campaign Ramadan yang lebih baik. Hal ini dikarenakan audiens cenderung akan menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar (screentime) selama Ramadan. Brand dapat memanfaatkan perilaku ini untuk meningkatkan engagement melalui format konten yang lebih panjang yang relevan dan mudah dicerna. 

Karena Ramadan berlangsung selama 30 hari, hal ini memberikan brand peluang untuk mengembangkan cerita melampaui iklan singkat yang berulang. Kamu bisa mengembangkan cerita berkelanjutan seperti webseries agar audiens terpikat dan terlibat lebih banyak dengan setiap bagian cerita yang diunggah. Strategi ini membantu brand membangun koneksi personal dan membuat audiens ingin terus terlibat dalam cerita. 

Bereksperimen

Terakhir, kamu juga bisa bereksperimen dan berinovasi dalam menyampaikan cerita atau pesan. Misalnya alih-alih menyampaikan cerita secara satu arah, kamu bisa melibatkan audiens dalam campaign-mu misalnya melalui eksperimen sosial atau ajakan kepada audiens untuk mengambil suatu tindakan.

Strategi pendekatan storytelling memberi keuntungan lebih bagi brand karena audiens secara pada dasarnya akan lebih menyukai dan menanggapi cerita dibanding iklan. Oleh karena itu, brand yang berhasil memasukkan tema terkait Ramadan dengan tepat melalui penyampaian cerita yang bagus kemungkinan besar akan bisa meningkatkan engagement mereka dan menarik perhatian konsumen dibanding mereka yang tidak.

Kamu juga bisa meningkatkan penjualan toko kamu selama ramadan bersama dengan SIRCLO Store. Melangkah lebih pasti dengan satu akses, kamu bisa pasarkan produkmu ke berbagai marketplace dan berbagai platform.  Klik di sini untuk mencoba sekarang!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!