Blog

Tips Menggunakan Copywriting untuk Memperkuat Branding dan Promosi di Marketplace

Memberikan promo atau diskon bukan menjadi satu-satunya jalan untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan. Salah satu cara lain yang dapat dilakukan untuk meraihnya adalah dengan menerapkan copywriting jualan. 

Apa itu copywriting? Copywriting merupakan teknik untuk memasarkan suatu bisnis atau produk melalui tulisan. Lewat copywriting, kamu bisa menarik konsumen dan memperkuat branding dengan cara yang lebih halus. 

Pada marketplace, copywriting bisa diterapkan pada banyak bagian, mulai dari copywriting produk, toko, deskripsi, dan banyak lagi. Beberapa cara membuat copywriting untuk marketplace di bawah ini dapat membantu strategi promosimu agar lebih menarik lagi di mata calon pembeli.

Ketahui Perilaku dan Kebutuhan Target Konsumen

Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu bagaimana kebiasaan target konsumenmu dan apa kebutuhan mereka. Cari tahu apa yang mendorong atau memotivasi mereka. 

Misal kamu menjual alat olahraga, kamu menentukan terlebih dahulu siapa target konsumen dari alat olahragamu, apakah pria atau wanita, demografinya, dan lain-lain. Kemudian, kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai motivasi mereka mencari alat olahraga, apakah untuk diet, hidup sehat, atau alasan-alasan lainnya. Dengan mengetahui perilaku dan kebutuhan dari target konsumen, kamu bisa menyusun copywriting jualan yang lebih relevan bagi konsumen. 

Baca juga: Tingkatkan Traffic Toko Online-Mu di Marketplace, dengan Terapkan 5 Teknik SEO Ini

Analisis Copywriting Kompetitor

Apabila kamu masih ragu, kamu bisa mencoba melihat copywriting beberapa kompetitor yang memiliki target konsumen serupa dengan bisnismu. Dari sana, kamu bisa menarik kesimpulan mengenai gaya penulisan yang kira-kira bisa kamu gunakan.

Hal ini bukan berarti kamu bisa serta merta meniru copywriting kompetitormu. Meniru kompetitor akan membuat bisnismu terlihat tidak orisinal. Setelah menganalisis copywriting produk kompetitor, kamu bisa membandingkannya dengan produk dan bisnismu. Apabila ada informasi atau fitur penting yang tidak disebutkan oleh kompetitor, ini bisa menjadi celah bagi kamu untuk membuat deskripsi yang lebih jelas dan lengkap.

Sesuaikan Gaya Bahasa

Jika kamu sudah mengetahui dengan jelas siapa target konsumenmu, kamu bisa menyesuaikan gaya copywriting kamu dengan gaya bahasa mereka sekaligus persona yang ingin kamu bangun. 

Contohnya jika kamu ingin membangun brand yang dipandang gaul dan keren dengan target audiens anak muda, kamu bisa menggunakan gaya bahasa yang lebih santai dan menggunakan istilah-istilah kekinian. Sebaliknya, jika kamu ingin dipandang sebagai brand yang eksklusif, kamu bisa menggunakan gaya bahasa yang lebih elegan. 

Terapkan SEO

SEO juga merupakan bagian penting dari cara membuat copywriting yang efektif. Selain copywriting yang menarik, kamu juga perlu memastikan bahwa kata kunci yang kamu gunakan relevan dan banyak dicari oleh target audiens.

Kamu bisa mencari kata kunci tersebut melalui Google Trend ataupun fitur pada marketplace. Setelah menetapkan kata kunci, usahakan untuk memasukkannya pada copywriting produk misalnya pada judul atau deskripsi. Dengan demikian, calon pembeli akan semakin mudah menemukan produk mu.

Deskripsi yang Menarik & Jelas

Pada deskripsi, usahakan untuk tidak bertele-tele. Jika penjelasan panjang, kamu bisa membaginya ke dalam beberapa poin. Gunakan istilah-istilah yang mudah dimengerti oleh calon pembeli. Jelaskan detail selengkap dan sejelas mungkin.

Pada awal deskripsi, kamu bisa menambahkan 1 kalimat untuk menarik customer, misalnya menyebutkan manfaat utama dari produk, mengingatkan mengenai kebutuhan mereka, atau memberikan rasa urgensi. 

Baca juga: 5 Hari Besar Setelah Lebaran untuk Memasarkan Produk

Manfaat, Bukan Fitur

Yang juga perlu ditekankan dalam membuat copywriting jualan adalah tekankan manfaat alih-alih terlalu berfokus pada fitur. Manfaat dan fitur merupakan 2 hal yang berbeda. 

Fitur merupakan komponen dari produk yang kamu jual. Misalnya mesin cuci yang kamu jual memiliki fitur logic system, pulsator, dan banyak lagi. Sementara manfaat merupakan dampak apa yang bisa didapat atau dirasakan customer saat atau setelah menggunakan produk yang kamu jual. Misalnya pakaian lebih lembut dan wangi. Selain dampak, kamu juga bisa menekankan pada solusi apa yang bisa kamu tawarkan untuk masalah yang mereka hadapi. 

Tidak semua konsumen memahami apa pengaruh dari fitur-fitur yang dimiliki suatu produk. Apalagi terkadang terdapat istilah-istilah asing pada fitur. Dengan menekankan manfaat yang bisa diterima, customer akan lebih mudah mencerna dan memahami fungsi produk serta mendapatkan alasan yang jelas untuk membeli produk tersebut.

Itulah beberapa cara membuat copywriting untuk berjualan di marketplace. Jika kamu sudah memiliki panduan copywriting dan gaya bahasa untuk brand kamu, pastikan juga kamu menerapkannya saat berkomunikasi secara langsung dengan customer. Dengan begitu, brand kamu akan terlihat konsisten dan profesional.

_________

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!