Blog

Tips Mengubah Pengunjung Toko Online Menjadi Pelanggan Setia

Menjalankan bisnis online tidak cukup dengan memajang contoh produk di website atau toko online, lalu berharap nanti dengan sendirinya pembeli akan berjubel untuk memborong barang dagangan. Kenyataannya, banyak yang pengunjung websitenya sudah lumayan banyak tapi pembeli masih sedikit dan tingkat penjualan tetap saja rendah.

Apa kamu juga mengalami hal ini dan tidak tahu harus melakukan cara apa lagi untuk menarik pelanggan agar mau membeli produk yang kamu tawarkan?

Jangan menyerah dulu, masih ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan. Dengan sedikit perbaikan dan tanpa tool khusus, kamu bisa membuat visitor lebih tertarik lalu akhirnya membeli dan jadi pelanggan setia.

Tambahkan Konten Menarik yang Sesuai dengan Target Pembeli

Pastikan website atau toko online kamu tidak hanya berisi foto dan deskripsi singkat produk saja. Tambahkan beberapa hal yang akan meningkatkan motivasi pengunjung untuk melakukan pembelian, seperti:

1. Konten menarik yang informatif.

Gambarkan nilai lebih dari produk kamu yang bisa menjawab kebutuhan dan keinginan para calon pembeli potensial, tentunya dengan bahasa persuasif dan kreatif ya.

Berikan juga pengetahuan tambahan mengenai berbagai hal lain yang relevan dengan produk kamu, lalu selipkan link produk yang berhubungan di dalamnya. Kalau kamu jualan baju online, coba berikan tips kreatif mix and match, tutorial memasang kancing yang lepas, atau artikel mengenai model baju yang cocok untuk bentuk badan tertentu.

2. Tambahkan bukti sosial.

Yakinkan calon pembeli dengan memajang testimonial paling menarik dan autentik dari pelanggan yang sudah puas dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Akan lebih baik lagi kalau lengkap dengan foto asli saat produk dipakai.

Pengunjung website juga cenderung akan lebih tertarik bila melihat manfaat produk yang kamu tawarkan sudah dirasakan dan dipercaya banyak orang. Kamu bisa menampilkan jumlah orang atau perusahaan yang sudah pernah bekerjasama atau membeli produk tersebut.

3. Gambar menarik.

Sudah tidak jaman memajang foto produk yang asal jepret, apalagi buram dan gelap. Tidak perlu menyewa fotografer professional yang mahal, manfaatkan smartphone dan cari inspirasi kreatif untuk foto produk dari Instagram atau Pinterest.


Bangun Komunikasi Yang Lancar

Setelah berhasil menarik minat pengunjung, biasanya ada beberapa hal yang ingin mereka tanyakan sebelum memutuskan untuk membeli. Pastikan rasa penasaran calon pelanggan bisa segera terjawab, dengan cara:

1. Gunakan fitur live chat.
Manfaatkan fitur ini untuk melayani, memberikan solusi, dan menjawab pertanyaan calon pembeli secara cepat.

2. Tampilkan kontak dengan jelas.
Pastikan pengunjung bisa segera menghubungi kamu dengan menampilkan nomor telepon atau email secara jelas di footer atau header website.

Usahakan untuk selalu membalas dengan cepat, karena semakin lama respon semakin berkurang juga minat untuk membeli. Jangan lupa, selalu gunakan bahasa yang ramah, sopan, dan tidak memaksa.

Tampilan dan Navigasi Website yang Baik

Kenyamanan bernavigasi dalam website akan memberikan kesan baik di mata calon pelanggan. Sebaiknya jadikan ini sebagai acuan:

1. Kemudahan mengakses menu.
Bila kamu mempunyai banyak produk, bagi menjadi beberapa kategori atau menu terpisah. Pastikan penanda menu terlihat jelas dan mudah dilihat.

2. Kombinasi Warna.
Manfaatkan efek psikologis warna untuk meningkatkan citra produk dan juga menandai bagian tertentu dari website agar mendapatkan perhatian lebih dari visitor. Tapi jangan gunakan terlalu banyak warna sekaligus ya.

3. Buat Versi Mobile.
Sebagian besar visitor mungkin akan mengakses website kamu dari smartphone, untuk itu perlu dibuat versi mobile yang sesuai. Pilih jasa pembuatan website yang bisa mengakomodasi hal ini.

4. Kecepatan Loading Halaman.
Hal ini penting sekali untuk diingat, karena loading yang terlalu lama seringkali membuat visitor kabur. Usahakan untuk selalu mengecek kecepatan loading setelah kamu melakukan beberapa perubahan.

 

Hayo, pasti sekarang sudah tidak sabar untuk mulai mencoba memajukan bisnis online kamu dengan berbagai cara tadi kan? Dengan selalu kreatif dan melakukan yang terbaik, semua hasil usaha kamu pasti akan cepat terbayar. Semangat!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!