Blog

Tips Menjalankan Strategi Emotional Marketing untuk Campaign Hari Raya

Pernah melihat iklan atau konten brand yang membuat Anda merasa terharu, bangga, ataupun termotivasi? Strategi seperti ini dinamakan emotional marketing. Emotional marketing merupakan strategi pemasaran yang ditujukan untuk menarik perhatian audiens atau calon pembeli dengan memanfaatkan emosi.

Baca juga: Jenis Promo Hari Raya yang Cocok Bagi Brands yang Berjualan di Marketplace

Strategi ini dipercaya efektif untuk mendorong customer mengambil tindakan karena menurut riset, konsumen lebih sering membuat keputusan pembelian berdasarkan emosi dibanding logika. Selain itu, emotional marketing juga bisa membuat customer lebih loyal dan merasa memiliki hubungan yang dekat dengan brand.

Strategi ini terutama cocok untuk digunakan menjelang campaign besar seperti momen hari raya dimana pembelian dan transaksi cenderung meningkat. Berikut beberapa strategi menjalankan emotional marketing menjelang hari raya.

Storytelling

Storytelling merupakan salah satu cara emotional marketing yang ampuh menggugah emosi penonton. Untuk menggunakan strategi storytelling, pastikan kamu mengetahui dulu siapa target audiensmu dan emosi seperti apa yang ingin kamu sampaikan. 

Misalnya menjelang Lebaran atau Natal, kamu bisa mengangkat kisah hangatnya kekeluargaan. Bangun cerita yang relevan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari target customer.

Menggugah Aspirasi

Pendekatan ini diterapkan dengan menunjukkan pencapaian mimpi serta emosi positif yang dihasilkan dari pencapaian tersebut. Untuk menggunakan pendekatan ini, kamu harus mengetahui dulu kebutuhan, keinginan, maupun citra diri yang ingin dicapai konsumen serta bagaimana brand dapat mewujudkan hal tersebut.

Ambil contoh iklan mobil. Ada iklan mobil yang menggambarkan bahwa orang yang mengendarainya adalah seorang pebisnis berkelas. Iklan mobil lainnya menggambarkan bahwa mobil mereka cocok untuk bepergian bersama keluarga. Hal ini juga bisa kamu terapkan pada bisnismu. Misalnya jika kamu menjual produk fashion yang sedang tren, kamu bisa menunjukkan bagaimana produkmu bisa membuat yang memakainya lebih up-to-date atau keren.

Inspirasional

Pendekatan lain yang juga banyak digunakan oleh brand adalah dengan menginspirasi audiensnya. Contohnya saja Nike, yang banyak menggunakan kisah inspiratif atlet ternama pada iklannya. Ini juga bisa kamu terapkan pada brand-mu. Misalnya kamu bisa menceritakan kisah inspiratif dari klien atau customer-mu. 

Gerakan

Pendekatan ini menarik penonton dengan cara menunjukkan gerakan yang sedang, akan, atau pernah dilakukan oleh brand-mu. Misalnya kamu mengadakan suatu komunitas atau gerakan donasi kepada orang yang membutuhkan, kamu bisa mengajak customer untuk turut berpartisipasi dan membagikan info kegiatan tersebut ke orang lain. Ini akan menciptakan persepsi atau reputasi brand yang baik di mata konsumen sekaligus membuat mereka merasa ikut terlibat di dalamnya. 

Semangat Selebrasi

Hari raya juga ditandai dengan rasa semangat dan perayaan. Kamu bisa menampilkan selebrasi di hari raya untuk menunjukkan emosi positif kepada audiens. Misalnya menjelang Imlek kamu bisa membuat konten atau iklan yang menunjukkan perayaan yang meriah sembari menampilkan produkmu sehingga mereka terdorong untuk membeli.

Baca juga: Tingkatkan Engagement Saat Hari Raya dengan 10 Ide Content Marketing Berikut

Nostalgia

Sebagian besar orang senang bernostalgia dan mengenang masa lalu. Kamu bisa memanfaatkan emosi ini dengan menampilkan tren dari masa lalu dan mengaitkannya dengan produk yang kamu jual atau bisa juga menunjukkan sepak terjang brand-mu dari waktu ke waktu. Konten atau iklan yang mengangkat rasa nostalgia juga cenderung mendorong audiensnya untuk membagikan konten tersebut ke orang lain sehingga jangkauan brand-mu bisa semakin luas. 

Local Pride

Pendekatan lain yang bisa kamu coba adalah local pride. Hal ini terutama bisa dilakukan apabila produkmu merupakan produk asli buatan lokal, memberdayakan masyarakat lokal, atau mengangkat budaya lokal. Pendekatan demikian umumnya cocok digunakan menjelang Hari Kemerdekaan. Strategi ini juga bisa diterapkan jika kamu akan membuka cabang atau memperluas penjualanmu ke suatu daerah tertentu. 

Ucapan Terima Kasih

Terakhir adalah dengan menunjukkan rasa terima kasih kepada customer atau pelanggan setia. Tunjukkan bahwa kamu menghargai dan mengapresiasi mereka, dan bagaimana mereka membawa brand-mu hingga ke tahap sekarang. Pendekatan ini cocok dilakukan menjelang akhir tahun atau saat Tahun Baru. Akan lebih baik lagi jika kamu menyertakan promo atau penawaran tertentu sebagai bentuk terima kasih kepada customer.

Terlepas dari pendekatan yang kamu pilih untuk campaign hari raya brand-mu, yang terpenting untuk diperhatikan sebelum melaksanakannya adalah benar-benar memahami siapa target audiens yang kamu tuju dan persona brand yang ingin kamu bangun. Alhasil, strategi marketingmu bisa benar-benar menunjukkan hasil yang tepat dan sesuai tujuan. 

Bagi brand retail, momentum dan hari raya juga menjadi salah satu peluang untuk menawarkan berbagai promo produk atau memulai campaign di berbagai channel penjualan. SIRCLO Commerce dapat membantu operasional brands yang ingin masuk ke online marketplace melalui layanan end-to-end management yang ditawarkan. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut! 

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!