Blog

Tips Pengiriman Frozen Food Agar Tetap Aman Sampai di Tangan Pelanggan

Trend frozen food sedang gencar menghiasi sektor bisnis kuliner. Makanan beku ini menjadi pilihan banyak orang karena mudah untuk dikonsumsi dan tahan lama. Pembeli hanya tinggal menggoreng produk tanpa perlu repot-repot melumuri bumbu karena sudah terdapat varian bumbu sesuai yang tertera di kemasan.

Tren frozen food pun kini merambah secara online. Pasar yang luas dan permintaan dari banyak daerah menjadi alasan utama. Namun, tantangan bagi jenis kuliner ini adalah proses pengemasan pengiriman barangnya. Kamu harus memastikan bahwa barang pesanan konsumen bisa sampai selamat dengan kondisi yang baik dan segar. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar pengiriman paket frozen food bisa tetap aman? Simak artikel berikut. 

Baca juga: Tips Kirim Produk Tepat Waktu Selama Harbolnas

Kemasan Tertutup Rapat

Pengiriman paket makanan beku rentan rusak jika tidak dikemas dengan baik. Untuk itu, dibutuhkan kontrol kemasan produk tetap tertutup rapat agar tidak terkontaminasi partikel lain pada proses pengiriman. Makanan yang tertutup rapat juga bisa membuat kondisi produk segar, tahan lama, dan tetap nikmat disantap di rumah.

Bergabungnya semua jenis paket dalam satu pengiriman ekspedisi membuat kemasan makanan perlu perlakuan khusus. Kemasannya pun harus melewati sistem press agar tidak ada udara dalam kemasan dan membuatnya tetap aman di perjalanan. Kemasan yang tertutup rapat memungkinkan produk tidak mudah terguncang dan bisa terhindar dari kerusakan.

Sedia Styrofoam atau Kotak Es

Perlakuan khusus lainnya yang harus disiapkan adalah styrofoam atau kotak es untuk menjaga suhu makanan tetap dingin dan segar. Jika sekali pengiriman memiliki jumlah yang banyak, kamu bisa lebih mudah mengatasinya. Styrofoam yang dilapisi dengan plastik nylon bisa membantu paket makanan tetap terjaga.

Wadah pengiriman siapkan yang sedikit lebih besar agar terdapat ruang untuk menimbun makanan dengan es. Es memang tidak bisa bertahan lama, namun terapkan strategi estimasi tujuan sesuai dengan pengisian es. Wadah seperti styrofoam atau kotak es bisa menambah masa berlaku es agar tidak cepat mencair. 

Batasi Jumlah Es Gel

Saat produk sudah berada di dalam kotak es, pengecekan masih perlu dilakukan. Salah satu cara agar tetap hemat pengiriman dan biaya penanganan, gunakan perbandingan 20:80 dengan rincian 20% diisi es gel dan 80% diisi dengan produk yang akan dikirim. Perbandingan ini tapi tetap harus menyesuaikan estimasi pengiriman lokasi.

Terapkan pengemasan teknik roti lapis. Masukan ice gel di dasar kotak sebelum memasukkan makanan ke dalam wadah styrofoam atau kotak es. Setelah itu masukkan produk makanan beku dan tambahkan lagi sisa ice gel di atasnya. Barulah tahap akhirnya menutup wadah dengan rapat. Dengan begitu paket produk bisa tetap terjaga berkat teknik pengemasan satu ini.

Baca juga: Berikut Barang-Barang Yang Akan DiIncar Selama Harbolnas

Pilih Jasa Pengiriman Instan 

Terkhusus pengiriman paket makanan beku yang masih dalam satu kota, sebaiknya kamu menggunakan jasa pengiriman instan dari ojek online atau jasa ekspedisi yang langsung diantarkan kurir pada waktu yang sama. Hal ini lebih efisien dari segi waktu maupun dari segi biaya. Tak lupa, lakukan kerjasama dengan jasa pengiriman agar mendapatkan promo menarik.

Memiliki bisnis frozen food memang tidak mudah layaknya bisnis sektor lain. Namun, dengan tekun dan konsisten dalam menjalankannya, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang terus bertambah berkat kebutuhan sektor makanan yang selalu diperlukan manusia. Dengan jasa pengiriman instan, konsumen pun bisa dengan cepat menyantap hidangan makanan beku hanya dalam hitungan jam.

Demi memperluas jangkauan konsumen frozen food, segera buat website yang menarik dan mudah dinavigasikan. Jika kemudahan tersebut ingin kamu dapatkan, bergabunglah bersama SIRCLO Store. SIRCLO Store memungkinkan kamu mendapatkan website dengan template ciamik yang terintegrasi dengan marketplace dan WhatsApp Business dalam satu tampilan halaman. Klik banner untuk informasi selengkapnya.

SIRCLO Store

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!