Blog

Tips Siapkan Bisnis Sambut Ramadan 2021

Menjelang bulan suci Ramadan, tidak hanya disambut antusias oleh pemeluk agama Muslim, tapi dari berbagai kalangan salah satunya pemilik usaha. Momentum ini dimanfaatkan oleh pemilik usaha karena bisa mendatangkan pendapatan yang cukup besar setiap tahunnya.

Menjelang Idul Fitri, biasanya permintaan berbagai kebutuhan sehari-hari meningkat. Matang atau tidaknya persiapan para pelaku usaha dapat menentukan kelancaran bisnis dan penjualan kamu. Untuk itu, pelaku usaha harus melakukan persiapan sebelum Ramadan agar saat momennya sudah dekat, kamu tinggal mengimplementasikan rencanamu.

Berikut beberapa aspek yang perlu diperhatikan pelaku usaha dalam mempersiapkan bisnisnya menyambut Ramadan 2021.

Budget

Untuk menjalankan strategi, campaign, ataupun promosi, yang pertama perlu kamu persiapkan adalah anggaran. Pastikan kamu memiliki modal yang cukup untuk mendukung seluruh kegiatan operasional yang perlu kamu lakukan mulai dari biaya produksi dan mempersiapkan stok, pemasaran, kemasan, hingga pengiriman. 

Apabila kamu berencana untuk memberikan promo potongan harga atau bentuk promo lainnya, perhatikan agar kamu menghitungnya dengan benar sehingga baik penjualan maupun penghasilan bisa sama-sama maksimal.

Strategi Pemasaran

Bisnismu tentu bukan satu-satunya yang akan mengadakan campaign dan promo selama bulan Ramadan. Sebagian besar bisnis pun akan melakukan hal yang sama. Artinya kamu harus menyiapkan strategi pemasaran dengan baik agar kamu bisa bersaing dan merebut perhatian calon pelanggan.

Tentukan platform apa saja yang ingin kamu gunakan untuk memasarkan bisnismu, apakah secara online, offline, atau keduanya. Kemudian kamu juga bisa menentukan apakah ingin melibatkan pihak eksternal seperti influencer, agensi, dan lainnya. 

Strategi Penjualan

Melakukan pemasaran tentu tidak bisa lepas dari penjualan. Bagaimanapun juga, pemasaran dilakukan tentu dengan tujuan akhir untuk meningkatkan penjualan. Maka itu, persiapkan strategi penjualan dengan matang. 

Pertimbangkan jenis promo yang ingin kamu berikan dan siapa target audiens yang ingin kamu sasar. Apakah kepada calon pembeli baru, mereka yang pernah berbelanja produkmu, atau kepada pelanggan? Ini akan menentukan strategi penjualan yang cocok untuk kamu terapkan.

Baca juga: Peluang Bisnis di Bulan Ramadan yang Patut Dicoba!

Inventori

Menjelang momen Lebaran, penjualan cenderung akan meningkat apalagi jika kamu menjual produk-produk yang berkaitan langsung dengan momen bulan Ramadan. Salah satu yang perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi permintaan yang meningkat adalah dengan mempersiapkan inventori.

Kamu bisa memprediksi kira-kira berapa jumlah permintaan selama Idul Fitri dengan melihat kembali hasil penjualan Ramadan tahun lalu. Tujuannya tak lain adalah agar kamu tidak kekurangan stok saat toko sedang ramai atau sebaliknya menyediakan terlalu banyak stok. 

Layanan Pelanggan

Hal lain yang perlu diperhatikan pebisnis adalah aspek sumber daya manusianya. Saat permintaan sedang banyak, maka pesan atau pertanyaan yang masuk dari customer pun akan meningkat. 

Pebisnis harus bisa mempersiapkan tim layanan pelanggannya terlebih dahulu agar bisa melayani pelanggan dengan baik. Apabila dibutuhkan, kamu bisa mempekerjakan staf tambahan agar kualitas pelayanan tetap terjaga.

Baca juga: Persiapkan Strategi Bisnismu untuk Ramadan dari Sekarang!

Teknologi

Terakhir, aspek teknologi menjadi aspek krusial yang tidak boleh dilewatkan dalam mempersiapkan bisnis. Teknologi di sini mencakup banyak hal mulai dari platform penjualan seperti website, media sosial, dan marketplace, tools untuk kegiatan pemasaran dan operasional, hingga teknologi yang digunakan untuk mendukung proses transaksi. 

Misalnya saja, kamu bisa menyiapkan platform penjualanmu dengan menampilkan campaign-mu di halaman awal dan mengubah tampilan menjadi tema Ramadan. Persiapkan juga agar seluruh metode pembayaran yang disediakan berjalan dengan baik. 

Dengan mempersiapkan tiap-tiap aspek ini dengan matang dan tepat, kamu pun dapat memanfaatkan peluang yang ada, mengembangkan bisnis, dan meraih berkah di bulan Ramadan. Yuk, tangkap momentum bulan Ramadan dengan mulai berjualan di website, budget cuma Rp 0!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , , , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!