Blog

Manfaatkan waktu belanja

Waktu Ideal Memaksimalkan Perilaku Konsumen Untuk Penjualan

Arus belanja konsumen di e-commerce memang terjadi sepanjang hari. Akan tetapi, nyatanya siang hari merupakan aktivitas terbanyak konsumen belanja di e-commerce. Perilaku belanja online ini bisa dilihat lewat riset yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) dan Kredivo menghasilkan bahwa lonjakan terjadi pada jam 09.00 sampai 15.00. Puncaknya terjadi pada pukul 12.00 dengan proporsi 6,4%.

Hal tersebut terjadi karena waktu istirahat dan makan siang banyak digunakan konsumen untuk melakukan aktivitas belanja di e-commerce. Setelah siang hari aktivitas belanja menurun sampai mulai melonjak lagi pada pukul 18.00 sampai 21.00 pada kisaran 5,2-5,5%.

Untuk itu, saatnya kamu memaksimalkan siang hari yang merupakan waktunya belanja di e-commerce untuk mendapatkan penjualan yang besar. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar menarik banyak konsumen di siang hari.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Brand Perlu Website Sendiri

Rilis Produk Baru

Manfaatkan kebiasaan masyarakat yang melakukan aktivitas belanja dengan mengeluarkan produk pada siang hari. Ya, merilis produk baru di siang hari bisa menyasar banyak konsumen. Dengan begitu, saat produk baru dikeluarkan bisa saja langsung ludes diborong oleh konsumen.

Tetapi untuk membuat produk kamu diburu banyak konsumen, alangkah lebih baiknya sejak jauh-jauh hari sudah memberikan informasi mengenai produk yang akan keluar kapan. Informasi yang disampaikan bisa menjadi pengingat bagi konsumen untuk segera berburu produk agar mendapatkannya.

Apalagi jika kamu menyematkan bahwa produk yang kamu jual merupakan edisi terbatas. Hal tersebut bisa membuat konsumen ingin segera memiliki produk kamu agar tidak kehabisan. Jadi, manfaatkan perilisan produk kamu untuk segera ludes dalam jangka waktu per jam.

Informasi Promo Barang

Promosi barang wajib dilakukan dalam rangka menghabiskan kuota produk atau mencoba membuat konsumen tergiur. Semua informasi barang seperti cashback, diskon, paket beli satu gratis satu, dan bentuk promo lain bisa kamu informasikan pada siang hari.

Aktivitas belanja pada siang hari yang begitu besar bisa kamu manfaatkan selain malam hari yang juga terhitung lumayan besar. Apalagi kamu memaksimalkan penyebaran informasi pada hari Senin-Rabu. Sebab pada hari tersebut proporsinya sebesar 15%. Di luar itu hanya 14%. Bahkan, hari Minggu hanya menyentuh angka 13%.

Promosi juga bisa dilakukan dengan melakukan broadcast chat kepada para konsumen yang pernah belanja atau mengikuti akun toko online kamu. Untuk beberapa kesempatan, konsumen akan tertarik jika penawaran yang kamu berikan sesuai dengan keinginannya. 

Flash Sale

Flash sale merupakan penawaran harga yang dijual dengan harga lebih murah. Akan tetapi waktu dan jumlah kuota produk sudah ditentukan. Untuk itu, flash sale bisa disebut momen rebutan barang. Bukan tanpa alasan, biasanya saat flash sale banyak konsumen berbondong-bondong memandangi layar handphone sembari harap-harap cemas mendapatkan barang incaran.

Flash sale saat ini menjadi momen yang tidak terjadi pada hari belanja online (harbolnas) saja. Hampir setiap hari terdapat flash sale. Akan tetapi melakukan flash sale pada momen-momen tertentu mungkin lebih menarik bagi para konsumen sebab konsumen bisa seperti merayakan hari tersebut.

Konsep inipun merupakan bagian dari permainan psikologis. Buktinya beberapa penawaran bisa menjadi konsumen berperilaku konsumtif saat belanja. Niatnya hanya membeli satu barang nyatanya melihat barang lain hati tergiur juga untuk membeli. Hal tersebutlah yang perlu kamu manfaatkan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen dan keuntungan yang besar. 

Baca juga: 5 Tips Menulis Deskripsi Yang Menarik Untuk Produkmu

Kode Voucher Potongan Harga

Kode voucher merupakan langkah tempat yang harus kamu lakukan untuk menarik para konsumen untuk datang dan membeli produk. Siapa sih yang tak suka potongan harga? Rasanya mayoritas menyukai ini.

Sampai-sampai jika kamu melakukan pencarian Google dengan keyword kode voucher e-commerce, maka akan muncul banyak artikel memberikan kode voucher harian baik dari website ternama sampai website abal-abal yang digunakan untuk menipu konsumen. Untuk itu segera lakukan kode voucher dan bagikan pada siang hari untuk mengundang para konsumen agar datang ke website kamu.

Nah, saat ini apakah kamu sudah memiliki website sebagai toko online bisnismu? jika belum, ini saatnya kamu bergabung bersama Sirclo Store. Sirclo Store memungkinkan kamu untuk berjualan secara efisien dan menjangkau lebih banyak pelanggan karena dapat terintegrasi dengan marketplace dan Whatsapp. Sehingga bisnismu bisa berjalan dengan otomatis lewat satu pintu.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!