Blog

Cara Jualan Laris di Marketplace, Yuk Simak 5 Tips Mengelolanya!

Ketika memasarkan produk hasil buatanmu melalui platform online, tentunya terbesit keinginan untuk mengetahui bagaimana cara jualan online dengan hasil yang laris. Salah satunya dengan cara jualan laris di marketplace.

Marketplace sendiri adalah sebuah pasar elektronik yang dapat menjadi perantara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli secara online. Platform ini bisa menjadi cara jualan laris di marketplace untuk produkmu lho!

Walau kelihatannya mudah, ternyata mengelola marketplace tidak sesimpel yang terlihat. Dibutuhkan strategi jualan di marketplace yang baik sehingga produkmu dapat laku terjual. Yuk simak tips jualan laris di marketplace sebagai berikut!

Selalu Catat Kuantitas dan Ketersediaan Produk Kamu

Tips mengelola marketplace yang pertama adalah mencatat kuantitas dan ketersediaan produk kamu. Dengan mencatat setiap stok yang masuk dan keluar, pastinya akan memudahkan kamu untuk mengetahui sisa stok barang di marketplace, sehingga lebih mudah dalam membuat pembukuan akhir setiap hari maupun setiap bulan.

Kamu dapat menyiapkan sebuah buku khusus yang sudah dibagi-bagi ke dalam bentuk tabel ke beberapa kolom berisi marketplace, jenis barang yang dijual, kolom pemasukan, serta kolom pengeluaran. Tabel ini bisa berguna untuk mencatat setiap perubahan stok barang kamu di marketplace.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Hindari Review Negatif di Marketplace

Simpan Nota Pesanan dan Nomor Resi

Setelah selesai melakukan transaksi, jangan lupa untuk menyimpan nota pesanan dan nomor resi pengiriman. Tujuan menyimpan nota pesanan dan nomor resi adalah sebagai dokumentasi penjualan, jadi ketika pelanggan ada yang bertanya mengenai barang dengan nota pesanan atau nomor resi tersebut, kamu dapat mencarinya dengan mudah.

Kamu dapat menyimpan nota pesanan dan nomor resi secara mudah dengan menyatukannya dalam satu folder khusus yang diberi label “nota pesanan” dan “nomor resi”. Jika keduanya berbentuk virtual, kamu dapat screenshot dokumen tersebut dan menyimpannya dalam folder khusus pada gawaimu.

Buat Laporan Transaksi Tiap Bulan

Kamu dapat mengawasi perkembangan penjualan produkmu di marketplace dengan membuat laporan transaksi bulanan. Laporan tersebut dapat dibuat dalam bentuk tabel excel yang berisi kolom stok produk di awal, kolom stok produk di akhir, kolom jumlah pemasukan, dan lainnya.

Melalui laporan transaksi bulanan ini, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui bagaimana performa penjualan produkmu selama satu bulan di marketplace, sehingga bisa jadi bahan evaluasi untuk bulan berikutnya.

Baca juga: Tips Menggunakan Copywriting untuk Memperkuat Branding dan Promosi di Marketplace

Gunakan Bantuan Program untuk Pantau Jualan Kamu

Seiring dengan perkembangan zaman, menjual produk tidak lagi memerlukan sumber daya manusia yang banyak. Kamu dapat memilih berbagai program perangkat lunak yang dapat membantu memantau penjualan produkmu di marketplace.

Program-program perangkat lunak tersebut akan membantu kamu melalui serangkaian sistem otomatis yang bisa meningkatkan efisiensi penjualan baik dari sisi waktu, sisi sumber daya, dan pastinya dapat digunakan setiap hari.

Optimalkan Tokomu dengan Fitur Manajemen Marketplace di SIRCLO Store

SIRCLO Store memiliki fitur manajemen marketplace yang dapat mengintegrasikan website toko online kamu dengan berbagai marketplace besar di Indonesia. Kamu dapat melakukan sinkronisasi produk, mengelola pesanan dan nomor resi otomatis, serta mendapatkan akses data dan laporan transaksi penjualan dalam format XLSX yang siap diunduh.

Fitur manajemen marketplace SIRCLO Store dapat mempermudah kamu berjualan di marketplace dengan segala integrasinya, dilengkapi dengan dasbor interaktif yang mudah digunakan serta dimonitor untuk mengetahui pertumbuhan bisnismu. 

Ayo daftar sekarang dan mulai berjualan di berbagai kanal dengan SIRCLO Store. Klik di sini untuk mulai jualan sekarang tanpa batas!

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!