Blog

Cara Mengoptimalkan Blog untuk Bisnis e-Commerce

Tanpa strategi bisnis yang tepat, mustahil bisnis e-Commerce yang sedang kamu rintis bisa tetap bertahan dan memenangkan persaingan.  Strategi bisnis yang kurang tepat bisa menyebabkan bisnis online kamu cenderung statis bahkan bisa saja mengalami krisis keuangan yang serius.  Untuk mencegah kemungkinan tersebut, maka kamu bisa menambahkan blog ke dalam situs web e-Commerce.  Perlu diketahui bahwa blogging merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membantu meningkatkan pencarian situs e-Commerce.

Banyak pebisnis online yang membuat toko online untuk memaksimalkan penjualan, tapi lupa mendedikasikan waktunya untuk corporate blogging. Padahal, blog adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan traffic ke situs toko online kamu. Dengan konten yang relevan serta kata kunci yang tepat, aktivitas menulis blog ini bisa menggiring banyak calon konsumen yang akan antri untuk beli produk/jasa kamu. Dalam ini, kamu bisa memilih platform ecommerce Indonesia yang sudah menyediakan fitur blog di website toko online.

Mengoptimalkan Fungsi Blog Pada Website

Sebagai upaya untuk mengoptimalkan fungsi blog buat website toko online kamu, maka sebaiknya blog tersebut tidak hanya difungsikan sebagai alat penjualan saja.  Akan lebih efektif jika blog juga diisi dengan konten menarik berupa informasi tentang berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis e-Commerce kamu.

Sebagai contoh ketika kamu jualan online sepatu lari, maka kamu bisa memilih tema-tema yang berhubungan dengan produk tersebut secara luas.  Misalnya saja tentang makanan bernutrisi yang wajib dikonsumsi oleh para pelari, atau, tips menjaga stamina bagi pelari, prestasi palari maraton, pentingnya hidrasi bagi tubuh dll.

Selain itu, ada beberapa jenis blog yang bisa dikembangkan di situs web e-Commerce kamu:

  • Blog tentang produk yang dijual di toko online

Blog ini bisa meliputi pilihan produk, deskripsi produk, new product yang sedang dan akan segera dirilis, kurasi produk, hadiah atau merchandise, dan pengujian produk.  Blog ini juga bisa memuat ulasan atau review produk dari konsumen yang nantinya akan meningkatkan kepercayaan konsumen lainnya.

 

  • Blog tentang berita dan event perusahaan

Ajaklah pembaca ke behind the scene agar mereka tahu bagaimana kamu menjalankan bisnis. Blog ini bisa meliputi berita tentang kerjasama dengan bisnis lain, kesuksesan karyawan, atau topic-topik ringan yang sedang tren, tapi masih berhubungan dengan niche bisnis kamu.

 

  • E-Commerce video blog

Jika kamu tidak memiliki cukup penulis tapi cukup percaya diri dan kharismatik secara pribadi, maka pertimbangkanlah untuk membuat video blog yang menarik.  Dengan cara ini kamu bisa menyampaikan informasi melalui film produk yang efektif untuk menarik perhatian pengunjung website toko online kamu.  Dalam video blog ini sebaiknya konten disesuaikan dengan target marketnya.

Jika produk kamu targetnya adalah anak muda atau generasi millenial, sudah pasti kontennya harus fun. Sebaliknya, jika bisnis kamu mempunyai target orang dewasa, baiknya konten tersebut dibuat sedikit lebih formal.

Melihat kegunaan blog untuk bisnis e-Commerce, sudah saatnya pebisnis online seperti kamu mengoptimalkan situs web dengan blogging yang efektif.  Berikan informasi yang menarik dan menghibur untuk menarik perhatian pengunjung.

Bahkan raksasa e-Commerce seperti Amazon pun sangat memahami pentingnya blogging untuk kemajuan bisnis online mereka.  Kamu bisa perhatikan bagaimana Amazon secara teratur memperbarui blognya, mulai dari pembukaan toko, pengakuan karyawan tentang perusahaan tersebut, hingga berita perusahaan yang dikemas secara menarik.  Jika Amazon saja mengakui pentingnya blogging untuk bisnis online mereka, mengapa kamu tidak?

 

 

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!