Blog

Cara Mudah Membuat Toko Online Untuk Mendukung Toko Fisik

Sudah bukan rahasia lagi kalau dampak e-Commerce terhadap dunia perdagangan retail sangat besar sekali. Dengan prediksi penjualan online yang mencapai hingga $500 miliar pada tahun 2018, terlihat jelas sekali kalau pembeli semakin memilih berbelanja secara online. Sebagai pemilik toko fisik, apakah kamu merasa khawatir kalau kehadiran toko online akan memberikan dampak negatif bagi bisnis yang sudah lama kamu jalankan?

Padahal, daripada merasa terancam oleh kehadiran e-Commerce, lebih baik ikut terjun dan bergabung membuat toko online agar kamu bisa memasarkan produk pada pasar yang lebih luas, tanpa batasan waktu, dan peluang penjualan yang tidak terbatas. Asyiknya lagi, berjualan online untuk mendukung toko fisik ternyata tidak serumit yang kamu kira loh. Begini loh caranya:

 

1. Perhatikan Berbagai Platform Online yang Tersedia

  • Marketplace

Situs marketplace seperti Bukalapak, Elevania, atau Lazada dikunjungi oleh jutaan orang setiap harinya. Cukup dengan mendaftarkan akun dan mengunggah foto dan deskripsi produk, kamu sudah bisa mulai berjualan. Kekurangan platform marketplace adalah tidak ideal untuk mengembangkan brand dan menonjolkan diri diantara kompetitor.

 

  • Media Sosial

Melihat hampir semua pengguna Internet memiliki akun media sosial, melakukan penjualan melalui Instagram atau Facebook jadi pilihan banyak penjual retail. Sayangnya, karena tidak bisa melakukan pembelian langsung di media sosial, calon customer jadi harus berpindah ke aplikasi lain untuk membeli.

 

  • Toko Online

Diantara semua platform, toko online memiliki tampilan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter bisnis kamu, serta dilengkapi berbagai fitur pendukung yang akan membantu meningkatkan penjualan.

Penjual retail yang sudah memilih platform ini biasanya menggunakan jasa pembuatan website toko online. Canggihnya lagi, dengan website seperti ini kamu bisa terhubung dengan platform marketplace dan media sosial sekaligus hanya dengan sekali klik.

 

 

2. Tentukan Pilihan Design dan Fitur yang Dibutuhkan

Penyedia platform ecommerce seperti SIRCLO biasanya memiliki beberapa paket yang bisa kamu pilih sesuai dengan fitur yang kamu butuhkan. Ada juga free trial gratis dengan fitur pendukung yang akan menghubungkan toko online kamu dengan marketplace dan media sosial. Gratisan bukan berarti seadanya loh, karena kamu masih bisa memilih design toko online dari template yang sudah disediakan, agar bisa tampil lebih professional di mata customer.

Fitur toko online yang lebih lengkap bisa kamu dapatkan dari paket berbayar SIRCLO, mulai dari kalkulasi tarif ongkos kirim yang terintegrasi sampai fitur reseller dan pilihan pembayaran yang lebih lengkap. Semua paket toko online SIRCLO dijamin akan memudahkan kamu menjalankan bisnis dan memberikan customer pengalaman berbelanja yang maksimal.

 

3. Mulai Membuat Toko Online

Nah, sekarang waktunya untuk membuat toko online! Caranya mudah sekali:

  • Daftarkan diri di website SIRCLO
  • Pilih tampilan toko online dari template yang sudah disediakan. Tenang saja, template masih bisa dibah kalau nanti kamu merasa kurang cocok.
  • Masukkan nama domain dan data lainnya untuk keperluan toko online kamu.

Selamat! Toko online kamu sudah selesai dibuat. Setelah ini, kamu bisa mengaturnya lagi agar lebih sesuai dengan bisnis kamu.

 

Perkembangan e-Commerce memberikan keuntungan ganda untuk toko fisik kamu. Selain memperluas jangkauan penjualan tanpa batasan waktu dan lokasi, keberadaan toko online juga akan membuat customer yang ada di sekitar area bisa mendatangi toko fisik kamu untuk membeli langsung. Asyik ya!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!