Blog

Cara Mudah Mencari Supplier Untuk Produk Bisnis Online

Sudah mantap untuk mencoba peruntungan di dunia eCommerce? Salah satu hal penting yang sejak awal harus dipikirkan adalah produk yang akan dijual lalu tentukan darimana asal produk tersebut. Jangan sampai kamu mengurungkan niat untuk memulai bisnis karena tidak punya atau tidak tahu produk yang akan dijual.

Sebenarnya semua orang bisa kok memulai bisnis meski tidak punya produk sendiri, apalagi dengan adanya platform pembuatan toko online dan menggunakan sistem reseller atau dropship, asalkan tahu bagaimana caranya mencari supplier produk. Mau tahu kan bagaimana caranya mencari supplier produk untuk bisnis online kamu?

 

1. Marketplace Online

Cara pertama adalah dengan mencari supplier produk berbasis online yang menawarkan banyak produk sekaligus, harga miring, serta kredibel dan bisa dipercaya. Alternatif ini bisa kamu pertimbangkan:

Alibaba. Marketplace B2B asal Cina ini punya banyak sekali pilihan produk yang bisa kamu jual, mulai dari mainan anak sampai suku cadang mobil.

Wholesale Lot dari eBay. Ternyata eBay juga punya kategori sendiri untuk pembelian dalam jumlah besar dan dengan harga diskon.

Atau mau pilih supplier dalam negeri supaya lebih mudah? Marketplace di Indonesia seperti BukaLapak juga punya Lapak Grosir yang khusus didekasikan untuk para supplier.

 

2. Hadiri Pameran atau Bazaar

Sering lihat ada pameran atau bazaar tapi cuma lewat saja? Mulai sekarang, rajin cari info mengenai expo, pameran atau bazaar untuk industri yang sama dengan produk yang mau kamu jual. Selain kamu bisa berbicara dan bertanya langsung pada pihak supplier, biasanya akan ada harga khusus untuk transaksi selama event.

 

3. UKM

Ayo bisnis online sambil memajukan produk lokal dan memberikan kesempatan pada UKM untuk berkembang, karena saat ini ada banyak sekali UKM Indonesia yang memproduksi barang berkualitas impor tapi terkendala pemasaran dan perputaran modal.

Selain dengan mendatangi langsung pabrik produksi atau sentra UKM yang kamu tahu, minta juga daftar lengkap UKM dengan industri tertentu ke kantor Departemen Koperasi dan UKM atau Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Dijamin kamu akan pulang dengan daftar panjang supplier produk untuk bisnis online kamu.

 

4. Media Sosial

Jaman sekarang supplier juga sudah melek teknologi kok, jadi kamu juga bisa mulai mencari di berbagai media sosial. Supaya hemat waktu dan tenaga, gunakan hashtag spesifik seperti #GrosirSepatu atau #GrosirBatik saat melakukan pencarian.

Yang agak mirip dengan media sosial dan bisa kamu coba adalah forum lokal, contohnya: Kaskus yang punya FJB atau forum jual beli dan subforum khusus untuk supplier, reseller, dan dropshipper, atau Market Plaza dari FemaleDaily untuk kamu yang tertarik menjual produk kecantikan.

 

5. Google

Yang satu ini jangan sampai ketinggalan. Kalau biasanya mencari informasi apapun di Google, cari supplier juga pasti bisa dong. Supaya hasil pencarian tepat seperti yang kamu inginkan, ketikkan produk yang ingin kamu jual lalu tambahkan kata supplier/produsen/grosir dibelakangnya. Kalau kamu ingin supplier dalam kota untuk mengurangi biaya, tinggal tambahkan juga nama kotamu. Praktis kan?

 

Sudah mau mulai mencari? Ingat ya, sebelum bertransaksi cari tahu dulu apakah supplier kredibel dan bisa dipercaya. Caranya bisa dengan melakukan pencarian di Google atau mendatangi langsung kantor dan gudang – kalau supplier ada di kota yang sama.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!