Blog

Cek Inovasi Busana Batik Ala 3 Brand Lokal Berikut!

Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang sudah mendunia. Bahkan, UNESCO sudah menetapkan batik sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity. Sebagai warga Indonesia pun, kita patut berbangga mengenakan busana batik dan melestarikan warisan budaya ini.

Banyak produk busana batik digunakan dalam berbagai acara nasional maupun internasional. Selain itu, saat ini batik juga tidak hanya digunakan untuk acara formal. Kini batik hadir dengan berbagai gaya yang modern dan stylish

Berikut beberapa brand lokal yang menghadirkan inovasi busana batik:

Nigaya Batik

Didirikan pada tahun 2011, owner Nigaya Batik Yenny membulatkan niatnya untuk membuka usaha batik saat tidak sengaja menemukan batik Cirebon yang menarik perhatian saat jalan-jalan. Pada saat itu, batik modern belum begitu banyak. 

Tema batik modern ini menjadi salah satu keunggulan dari Niaga Batik dimana bahan, warna, maupun desainnya selalu mengikuti tren fashion dengan gaya urban. Alhasil, batik buatannya bisa digunakan sebagai baju kerja ataupun kegiatan sehari-hari.

Awalnya, penjualan dilakukan lewat toko online secara grosir. Namun, melihat peluang bisnis online cukup menjanjikan dan sesuai dengan target pasarnya yaitu anak muda, Nigaya Batik mulai masuk ke retail online pada tahun 2019.

Untuk memaksimalkan penjualannya, Nigaya Batik pun terus mengikuti perkembangan tren, termasuk dengan cara membuat website toko online melalui SIRCLO. Menurut owner, fitur pembayaran yang beragam yang disediakan membuat proses transaksi menjadi lebih mudah. 

Selain itu, adanya fitur integrasi dengan marketplace dan media sosial menjadi solusi untuk mendukung penjualan digitalnya. Hal ini pun memudahkan Nigaya Batik dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi customer-nya, yang merupakan salah satu kunci agar bisnis bisa terus bertahan.

Zaali

Awalnya brand kebaya lokal Zaali melakukan penjualannya melalui Instagram pada 2015. Saat itu, sang owner Sari tidak membuka toko offline karena keterbatasan biaya. Bisnis kebayanya sendiri merupakan turun temurun dari sang ibu yang telah membuat kebaya dengan fokus pada pasar Singapura dan Malaysia. 

Meneruskan usaha dari ibunya, Sari mulai merambah pasar Zaali ke Indonesia. Produk Zaali pun dibuat secara handmade satu per satu. Dengan proses produksi demikian, penjualan pun lebih banyak terjadi melalui Whatsapp karena memungkinkan komunikasi langsung dengan customer.

Zaali pun akhirnya memfokuskan penjualannya secara online tepatnya di Instagram dan Whatsapp. Sebagai solusi untuk memperluas jangkauannya di Indonesia sekaligus mempertahankan pelanggan internasional, Zaali memanfaatkan website toko online SIRCLO. 

Baca juga: 6 Tips Memasarkan Produk Secara Online dengan Budget Terbatas

Dengan adanya website toko online, Zaali bisa menjalankan usahanya secara efisien dan mengurangi tingkat chat yang masuk. Alhasil, proses belanja customer jad lebih efektif. Selain itu, Zaali juga menjaga kepuasan pelanggan dengan mengontrol kualitas kebayanya.

Batik Ratu

Serupa dengan Zaali, owner Batik Ratu Jessica Tanuwijaya meneruskan usaha batik dari ayahnya yang sudah bergelut di bidang tersebut selama lebih dari 40 tahun. Karena sejak kecil sudah sering memperhatikan proses pembuatan batik secara langsung, Jessica pun kian tertarik dengan batik.

Dari sana Jessica kemudian menyadari bahwa walaupun ia sering menjumpai baju batik, tetapi aksesoris batik seperti selendang masih jarang ditemukan. Hal ini membuat Jessica menyadari adanya peluang untuk meluncurkan bisnis aksesoris batiknya, Batik Ratu.

Untuk menjangkau pasar anak muda dan mengubah pola pikir yang menganggap batik itu kuno, Jessica menghadirkan produk-produk batik modern yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. 

Melihat saat ini semakin banyak orang yang lebih nyaman berbelanja online sekaligus fleksibilitas yang ditawarkan penjualan online, Jessica pun mulai berjualan secara digital. Beberapa produk andalannya di antaranya ada syal katun Paris, syal sutra Batik, dan kaftan dress.

Awalnya, fokus penjualan Batik Ratu lebih difokuskan untuk souvenir acara. Namun, adanya Covid-19 membuat Jessica harus mengalihkan penjualannya ke retail serta menambah opsi bahan, desain, serta jenis batik. 

Baca juga: 4 Cara yang Dapat Dilakukan UMKM untuk Bertahan Selama PPKM

Selain itu, Jessica juga mengembangkan strategi digital untuk mendukung penjualan onlinenya, termasuk dengan menggunakan website toko online SIRCLO. Lewat SIRCLO Store, Batik Ratu bisa lebih berkembang dan terlihat lebih profesional. Selain itu, websitenya juga mudah dikelola dan terhubung dengan Instagram sehingga pelanggan bisa dengan mudah berbelanja dari satu platform ke platform lainnya.

Dari brand-brand lokal di atas, kita bisa belajar bahwa pengalaman berbelanja dan kepuasan customer aspek krusial untuk mengembangkan bisnis. Kamu bisa menjawab kebutuhan ini salah satunya dengan menyediakan platform belanja online yang mudah digunakan oleh pelanggan. Dengan begitu, mereka mau kembali berbelanja denganmu.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!