Blog

E-Commerce Indonesia Berkembang Pesat, Membuka Peluang Bagi Pelaku Bisnis

Banyak bisnis beramai-ramai masuk ke e-commerce untuk mendongkrak penjualannya. Bank Indonesia memprediksikan bisnis e-commerce akan tumbuh 33,2% menjadi Rp337 triliun pada tahun ini. Adanya pandemi memang membuat banyak konsumen mengandalkan platform online untuk memenuhi kebutuhannya. Apalagi rata-rata platform digital seperti marketplace sudah dilengkapi dengan berbagai metode transaksi yang mudah.

Menurut laporan Google, Temasek, dan Bain & Company, waktu orang yang berkunjung ke platform belanja online meningkat dari 3,7 jam menjadi 4,7 jam/hari saat lockdown dan 4,2 jam/hari saat lockdown sudah tidak lagi diberlakukan. Sementara nilai transaksi (GMV) e-commerce naik 54% dibandingkan tahun 2019 dan diperkirakan akan terus naik.

Maka itu, tak heran banyak bisnis baik UMKM maupun brand ritel yang masuk ke platform digital seperti marketplace online untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen dan mengikuti perkembangan yang ada. Pebisnis bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada marketplace untuk mengoptimalkan peluang penjualan. Beberapa fitur yang dapat kamu manfaatkan di antaranya:

Baca juga: Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna E-Commerce Tertinggi di Dunia

Upgrade Toko

Agar toko terlihat profesional dan terpercaya, kamu bisa meng-upgrade tokomu menjadi toko yang premium. Misalnya di Tokopedia ada Power Merchant, Shopee memiliki fitur Star Seller, dan banyak lagi. Biasanya toko yang sudah di-upgrade akan memiliki badge tertentu sehingga customer bisa mengenalinya.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendaftar sebagai Official Store di Tokopedia atau Shopee Mall di Shopee. Biasanya untuk meng-upgrade toko, ada syarat-syarat tertentu yang harus kamu penuhi, misalnya dari segi rating atau pelayanan. Maka itu, usahakan untuk terus menjaga dan memantau kualitas layanan tokomu.

Etalase atau Katalog

Agar produk lebih mudah dilihat oleh customer, sebaiknya atur produkmu sedemikian rupa layaknya di toko offline. Jika kamu menjual beberapa jenis produk, kamu bisa mengkategorikannya ke dalam bentuk katalog. Kamu juga bisa membuat kategori khusus produk-produk yang sedang promo atau produk baru agar saat pengunjung datang mereka bisa langsung melihatnya. 

Dekorasi tokomu sedemikian rupa dan gunakan foto dengan kualitas tinggi sehingga customer pun tidak ragu untuk melakukan transaksi. Jangan lupa untuk memberikan deskripsi yang jelas pada produk untuk menghindari terlalu banyak pertanyaan yang masuk sekaligus mempercepat proses transaksi customer.

Baca juga: Marketplace E-Commerce Jadi Pilihan Platform Berjualan Bisnis Ritel

Feed

Layaknya media sosial, rata-rata marketplace juga memiliki feed dimana pebisnis bisa memposting produk-produknya sehingga pengikut tokomu bisa melihatnya. Kamu bisa memanfaatkan ini dengan mengunggah konten-konten menarik terkait produkmu. 

Konten yang kamu bagikan bisa berbagai macam, mulai dari foto produk terbaru, informasi promo, cara menggunakan produkmu, manfaat dan kelebihannya, dan banyak lagi. Tag produkmu pada postingan yang kamu unggah agar saat konsumen yang melihat postinganmu tertarik, mereka bisa langsung mengunjungi halaman produk dan melakukan transaksi. 

Ads

Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan yang ada pada marketplace. Pilihan iklan yang disediakan biasanya beragam mulai dari di homepage, pencarian, dan lain-lain. Kamu bisa melakukan A/B testing dan menjalankan beberapa tipe iklan sekaligus untuk melihat mana yang lebih efektif. Jika kamu memasang iklan kata kunci, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu kata kunci apa yang banyak orang cari terkait produkmu. Dengan begitu, iklanmu bisa lebih efektif. 

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan end-to-end management dari SIRCLO Commerce utnuk mengelola tokomu di marketplace online. Layanan ini dapat membantumu mengelola gudang, memproses orderan, hingga merekap laporan transaksi sehingga keseluruhan operasional bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!