Blog

Gunakan Masker Kain untuk Lindungi Diri dari COVID-19

Posted in Berita

Satu bulan sejak Presiden Indonesia Joko Widodo mengumumkan dua orang pasien positif terinfeksi virus Corona di tanah air, alat pelindung diri atau APD menjadi langka. Masyarakat telah berbondong-bondong melakukan panic buying untuk kebutuhan sehari-hari, produk personal hygiene, dan APD. Beberapa oknum juga melakukan penimbunan APD untuk dijual kembali dengan harga yang tinggi. 

Kelangkaan APD menjadi permasalahan mendesak. Dikutip dari Tirto.id, per 9 April, data pemerintah pusat mencatat ada 3.293 pasien positif COVID-19, 280 pasien meninggal dan 252 telah sembuh. Tenaga medis Indonesia harus bekerja di garis terdepan dalam melayani para pasien COVID-19 ini tanpa perlindungan. 

Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk tidak membeli maupun menimbun APD yang menjadi kebutuhan bagi para tenaga medis. Agar tetap bisa melindungi diri dari penyebaran virus Corona, masyarakat dapat menggunakan masker kain sebagai pengganti masker bedah.

Berikan masker medis untuk yang lebih membutuhkan

Walaupun sedang dalam kondisi sehat, masyarakat perlu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Namun, itu bukan berarti masyarakat harus menggunakan masker dan sarung tangan medis saat berada di luar rumah. Masker bedah, sarung tangan medis, hazmat suit, dan alcohol swab masih sangat dibutuhkan oleh tenaga medis maupun pasien. 

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa masker medis perlu diprioritaskan untuk tenaga medis dan pasien COVID-19 yang lebih membutuhkan, dan penggunaan oleh masyarakat dapat menyebabkan rasa aman yang keliru; kemudian berujung pada mengabaikan tindakan kebersihan yang lebih penting seperti mencuci tangan maupun physical distancing.   

Masker kain dapat menjadi alternatif untuk melindungi diri dari penyebaran virus Corona. Pemerintah juga telah meminta masyarakat untuk menggunakan masker kain yang diyakini memiliki efektivitas hingga 70% untuk menangkal virus Corona. Masyarakat dapat membeli atau membuat sendiri masker kain untuk digunakan.

Kenapa menggunakan masker kain?

Director-general WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan bahwa virus Corona bukan virus yang dapat ditularkan melalui udara (airborne), namun melalui droplets atau tetesan dari hidung atau mulut orang yang telah terinfeksi. Di sisi lain, virus Corona juga ditemukan dapat bertahan di udara dalam bentuk aerosol, walaupun bukan dalam bentuk tetesan. Di China, partikel virus Corona dapat ditemukan di sistem ventilasi udara kamar pasien yang terinfeksi. Artinya

Untuk mengurangi potensi penyebaran virus Corona, baik orang yang sehat maupun pasien perlu menggunakan masker.

Dikutip dari shouldiwearafacemask.com, jika orang yang sehat dan orang yang telah terinfeksi virus Corona sama-sama menggunakan masker dengan efektivitas 70%, maka masing-masing hanya memiliki 30% resiko untuk terinfeksi maupun menyebarkan virus. Artinya, hanya ada kesempatan 9% untuk transmisi virus, dan 91% kemungkinan orang yang terinfeksi tidak menularkan virus Corona ke orang lain jika keduanya menggunakan masker.

Semakin banyak orang menggunakan masker, maka pandemi COVID-19 akan semakin bisa diatasi.

Penggunaan yang dianjurkan untuk masker kain

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), masker kain bukan merupakan masker bedah maupun N-95. Masker kain dapat dibuat dengan bahan-bahan kain yang ada di rumah, seperti kain katun, kaos, atau bandana. Namun masker kain juga perlu dipastikan memiliki kriteria berikut:

  • Pas di wajah dan nyaman untuk digunakan.
  • Penempatannya diamankan dengan tali atau loop di telinga.
  • Terdiri dari beberapa lapis kain.
  • Tidak menghambat pernafasan.
  • Dapat dicuci tanpa merusak atau mengubah bentuk kain.

Mulai sekarang, gunakan masker kain

Jika kamu perlu beraktivitas keluar rumah, maupun berinteraksi dengan orang lain, kamu bisa mulai menggunakan masker kain. Kamu bisa membuat sendiri masker kain dengan bahan yang ada di rumah seperti kaos atau membeli masker kain di brand lokal favoritmu, sembari mendukung bisnis lokal untuk tetap bertahan. Beberapa brand lokal yang menyediakan masker kain:

Yuk, mulai gunakan masker kain!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!