Blog

Hadapi Dampak Pandemi COVID-19, Ini Tips untuk Bisnis UKM

Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 yang masih terus menyebar turut mempengaruhi sektor ekonomi, terutama bisnis UKM. Banyak pebisnis UKM pun mulai bingung dan khawatir dengan masa depan bisnis mereka. Tak sedikit yang menyatakan bahwa pandemi Covid-19 berdampak terhadap penjualan bisnis UKM mereka. 

Kekhawatiran ini pun jelas wajar. Pasalnya, kita tidak tahu kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Kamu pun tidak sendiri. Kecuali untuk industri tertentu, hampir seluruh bisnis terutama bisnis UKM menyatakan kecemasan yang sama. Apalagi, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS saat ini sedang melemah. 

Namun, ini bukan berarti kamu sebagai pebisnis UKM hanya bisa pasrah saja. Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19 ini. Berikut beberapa langkah jangka pendek yang bisa kamu lakukan bagi bisnis UKM-mu untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19. 

Baca juga: Strategi Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19

Keselamatan No. 1

Dalam keadaan seperti ini, ingat bahwa kesehatan dan keselamatan tetap nomor satu. Segera implementasikan langkah-langkah pencegahan yang telah direkomendasikan oleh WHO maupun pemerintah dalam bisnismu. Hal ini bertujuan agar bisnismu bisa beroperasi dengan aman tanpa risiko apapun. 

Jika memungkinkan, terapkan sistem work-from-home bagi karyawan. Jika tidak memungkinkan, berikan himbauan bagi karyawanmu untuk di rumah saja apabila sakit atau merasa tidak enak badan. 

Bersihkan area kantor maupun lingkungan kerja secara berkala. Tekankan pula kepada karyawanmu mengenai pentingnya mencuci tangan dan menerapkan etika batuk dan bersin yang benar. Sebisa mungkin sediakan hand sanitizer dan sabun cuci tangan yang cukup di area kantor. 

Komunikasi dengan Pelanggan

Keamanan tentu juga jadi kekhawatiran pembeli. Apakah barang yang saya beli aman? Oleh karena itu, komunikasikan langkah-langkah preventif yang telah kamu terapkan untuk bisnis UKM-mu dalam mencegah penyebaran Covid-19 sehingga pembeli pun merasa tenang. 

Beritahu mereka bahwa kamu menanggapi situasi ini dengan serius dan jelaskan kebijakan-kebijakan apa saja yang kamu lakukan untuk menjamin keamanan pembeli. Jangan lupa juga untuk memberikan update kepada pelanggan apabila ada perubahan jam operasional atau ketersediaan produk. 

Manfaatkan Teknologi Digital

Bagaimana cara mengkomunikasikan hal-hal di atas? Manfaatkan teknologi digital untuk tetap bisa melayani pembeli. Berikan update kepada pelangganmu melalui email ataupun media sosial. 

Jangan lupa untuk juga memperbarui seluruh informasi bisnismu di platform-platform yang kamu gunakan, misalnya Google My Business. Bisa juga dengan menyediakan jasa pick-up sehingga pembeli bisa menelepon untuk memesan barang yang mereka inginkan tanpa perlu datang langsung ke toko. 

Apabila kamu sudah mempunyai website toko online, jangan lupa untuk memperbarui situsmu. Membuat website toko online juga jadi salah satu cara bagi bisnis UKM offline untuk tetap bisa berjalan di tengah pandemi Covid-19. 

Dengan himbauan untuk melakukan social distancing, banyak orang pun mulai mengurangi aktivitas di luar rumah. Banyak bisnis offline pun mengalami penurunan permintaan dan pendapatan. Maka itu, beralih ke website toko online bisa menjadi solusi alternatif. 

Baca juga: Bagaimana Pandemi COVID-19 Berdampak pada E-Commerce?

Intinya, terapkan berbagai strategi agar bisnis UKM-mu bisa dengan cepat beradaptasi dengan keadaan. Apabila itu artinya memberikan update lewat media sosial, terapkanlah hal tersebut. Apabila itu artinya membuat website online, segeralah buat website toko online untuk bisnis UKM kamu. Apalagi, saat ini membuat website toko online gak lagi ribet karena sudah tersedia jasa pembuatan toko online

Khawatir dengan harga? Tenang, saat ini ada banyak jasa pembuatan toko online dengan harga terjangkau. Jadi pastikan kamu tidak lambat bergerak ya. Sebisa mungkin bekali dirimu dan bisnis UKM kamu dengan berbagai strategi dan perencanaan sehingga tetap bisa berjalan di tengah pandemi Covid-19 ini.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!