Blog

Ide Bisnis Kreatif Selama Bulan Ramadan 2021

Bulan Ramadan telah tiba, selain identik dengan silaturahmi dan bulan berbagi, Ramadan juga dikenal sebagai bulan penuh berkah. Momentum ini banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat bisnis dadakan.

Biasanya penjualan pada bulan Ramadan akan lebih tinggi dibanding bulan-bulan lainnya karena pola konsumsi masyarakat meningkat selama bulan Ramadan mulai dari berbelanja pakaian lebaran, memberi parsel kepada keluarga hal ini sudah menjadi tradisi dan selebrasi yang akan terus ada. 

Berikut beberapa ide bisnis yang dapat kamu jalankan di bulan Ramadan tahun ini:

Katering untuk Berbuka

Terutama di kota-kota besar, banyak orang sibuk dengan berbagai aktivitas sehingga tidak sempat membuat makanan untuk berbuka. Ini merupakan peluangmu untuk membuka usaha katering untuk berbuka. 

Agar kepuasan pelanggan tetap terjaga, kamu bisa mengkombinasikan berbagai menu setiap harinya. Kamu juga dapat menawarkan paket seperti katering untuk berbuka dan sahur, paket keluarga, dan paket lainnya. Pastikan juga agar kualitas makanan tetap terjaga setiap harinya.

Kamu bisa menjual kue kering dengan berbagai cara mulai dari dalam bentuk paket, order sesuai permintaan (by request), ataupun pre-order. Agar lebih terpersonalisasi, kamu juga bisa menambahkan kartu ucapan.

Toples Kue

Dengan meningkatnya permintaan kue kering menjelang Lebaran, bisnis-bisnis tersebut pun akan membutuhkan toples atau kemasan. Selain menjual makanannya, kamu juga bisa menjalankan bisnis packaging spesial Lebaran. Buat packaging yang menarik dan bertemakan Ramadan, kemudian tawarkan ke beragam bisnis kue kering ataupun bisnis makanan khas Lebaran lainnya. 

Baca juga: Tipe-tipe Promo yang Dapat Dilakukan di Marketplace Saat Ramadan

Camilan Takjil

Masih seputar makanan, peluang bisnis lain yang bisa kamu coba adalah menjual camilan takjil. Banyak orang memilih untuk berbuka buasa dengan makanan yang ringan dan manis. Kamu bisa menawarkan berbagai camilan seperti kue, kolak, minuman manis, dan lainnya. 

Semakin banyak pilihan yang kamu tawarkan semakin baik. Pilihlah lokasi yang strategis misalnya di sekitar kompleks perumahanmu atau dekat daerah perkantoran. Jangan lupa juga untuk memperhatikan protokol kesehatan agar pembeli merasa aman.

Parsel

Salah satu bentuk silaturahmi dan berbagi yang dilakukan banyak orang adalah dengan mengirimkan parsel ke orang-orang terdekat. Kebiasaan ini merupakan peluangmu untuk menjalankan bisnis parsel spesial Ramadan. 

Kamu bisa bekerja sama dengan supplier barang dan makanan khas Lebaran. Lengkapi juga parselmu dengan berbagai kebutuhan di kala pandemi seperti masker, hand sanitizer, dan lainnya. Hias parselmu dengan unik agar bisnismu lebih mudah dikenali oleh calon pembeli.

Kurma

Bulan Ramadan identik dengan buah kurma. Sebagian besar orang memiliki buah ini di momen Ramadan. Karena permintaan yang tinggi, ini menjadi peluang yang bagus untuk bisnis.

Yang perlu diingat adalah karena banyaknya bisnis lainnya yang juga menawarkan kurma, kamu harus bisa mencari pemasok (supplier) yang bisa menawarkan harga kompetitif agar harga yang kamu tawarkan juga bersaing. Salah satu alternatif lain yang juga bisa kamu pertimbangkan adalah menawarkan buah kurma kepada bisnis parsel alih-alih kepada konsumen akhir.

Minuman Herbal Tradisional

Selama masa pandemi, masyarakat jadi lebih memperhatikan kesehatan mereka. Penjualan produk kesehatan seperti suplemen, vitamin, dan minuman herbal pun meningkat. Minuman herbal tradisional kini menjadi salah satu alternatif minuman yang lebih sehat untuk berbuka puasa.

Ada begitu banyak macam minuman herbal tradisional mulai dari bajigur, wedang jahe, bandrek, dan lain-lain. Kamu bisa menjalankan bisnis ini dan mengemasnya sedemikian rupa agar terkesan lebih modern dan mudah diingat. 

Baju Lebaran

Kategori produk yang paling banyak dibeli selama bulan Ramadan adalah baju Lebaran, busana muslim, dan perlengkapan ibadah. Karena banyak yang menjalankan bisnis ini, kamu harus bisa memilih tipe mode pakaian yang sedang tren. 

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu tidak harus memproduksi sendiri atau mengeluarkan modal. Kamu bisa menjalankannya dengan sistem dropshipping atau menjadi reseller sehingga kamu hanya perlu memesan barang saat ada order yang masuk.

Agar bisnis bisa berjalan dengan maksimal, kamu bisa menawarkan produkmu di berbagai platform online seperti media sosial, marketplace, maupun chat commerce. Apalagi selama pandemi tingkat belanja online masyarakat meningkat. Semakin mudah calon pembeli menemukan dan mengakses bisnismu, semakin besar juga kesempatanmu untuk meningkatkan penjualan. 

Ide berbisnis selama bulan suci Ramadan, dapat Kamu lakukan untuk meningkatkan penghasilan. Bersama dengan SIRCLO Store melangkah lebih pasti dengan satu akses, kamu bisa pasarkan produkmu ke berbagai marketplace dan berbagai platform. Klik di sini untuk mencoba sekarang!

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!