Blog

Indonesia Termasuk Kedalam Negara yang Sering Berbelanja Lewat Chat Commerce

Chat commerce merupakan tren baru dimana konsumen dan pelaku bisnis terhubung melalui obrolan atau bantuan suara dengan maksud untuk mendorong pembelian barang atau jasa. Cara ini dianggap menjadi hal baru yang bisa dimaksimalkan pelaku bisnis untuk menyasar peluang yang melibatkan para pembeli, salah satunya lewat WhatsApp Business API. Akses ini biasa dikatakan sebagai mobile shopping, yakni belanja online lewat smartphone.

Chat commerce semakin gegap gempita di beberapa negara karena berhasil menimbulkan efek dan kesan positif dari para konsumen. Menurut penelitian Boston Consulting Group (BCG) lewat surveinya terdapat 67% pembeli merasa akan mempertahankan cara belanja chat commerce mereka. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode tersebut berhasil meninggalkan kesan dan siklus yang berulang bagi para pembeli.

Tren belanja menggunakan chat commerce berhasil menyerap di berbagai negara. Tak terkecuali Indonesia. Bahkan, para konsumen yang melakukan akses pembelian melalui chat commerce di Indonesia 53%-nya berencana akan menambah pengeluaran mereka. Hal ini dilatarbelakangi oleh kemudahan akses dan cepatnya interaksi saat berbelanja.

Baca juga: 4 Manfaat penggunaan WhatsApp Business API untuk Toko Online-mu

Persentase respon pembeli Indonesia untuk menambah pengeluaran memang masih kecil dibandingkan dengan India yang mencapai 84%, Thailand 75%, dan Brazil 72%. Namun, dengan adanya angka ini bisa dikatakan bahwa setengah dari konsumen Indonesia sudah merasakan belanja via chat commerce dan merasakan manfaatnya. Dengan adanya data tersebut, kamu bisa memulai melakukan pendekatan belanja menggunakan chat commerce tanpa memulai sosialisasi dari nol.

Perkembangan ini bahkan menjadikan dua area berkembang pesat. Area tersebut adalah Asia dan Amerika Latin.  Konsumen di kawasan Asia pasifik memiliki kemungkinan 1,26x lebih besar daripada rata-rata global untuk menggunakan chat commerce sebagai sarana mencari informasi produk sampai berbelanja. Lalu di Amerika latin, orang menggunakan WhatsApp pada level 1,43x lebih tinggi dan Messenger 1,28x dari rata-rata global pada umumnya.

Dikutip dari Katadata.co.id, menurut riset yang dilakukan Bain & Company dan Facebook 2020 menyebutkan terdapat beberapa hal yang mendorong pertumbuhan belanja online di Indonesia, yakni tumbuhnya konsumen digital Indonesia dari sekitar 34% menjadi 53% populasi, penggunaan akses internet yang meningkat, dan penggunaan pembayaran digital di kota-kota kecil.

Pendekatan dengan chat commerce merupakan salah satu cara yang bisa terus meningkatkan daya belanja online di Indonesia. Riset yang dilakukan tersebut dilakukan kepada 12.965 responden yang tersebar di Indonesia , Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Hasilnya diprediksi kelas menengah Asia Tenggara mendominasi 70-80% pertumbuhan konsumen digital pada 2025 nanti.

Baca juga: Cek 6 Tips Jualan di Whatsapp Berikut Agar Laris

Dengan daya belanja online dan tingkat melek belanja lewat chat commerce di Indonesia tersebut bisa menjadi alasan bagi para pelaku bisnis seperti kamu untuk mengembangkan penjualan lewat chat commerce via WhatsApp Business API. Bahkan, dengan adanya penelitian yang menyebutkan bahwa chat commerce bisa mendorong penjualan, kamu bisa segera menerapkannya pada toko online-mu agar meraup keuntungan lewat teknologi.

Untuk mengembangkan penjualan secara online, kamu bisa memanfaatkan layanan SIRCLO Store yang memungkinkan kamu membuat toko online yang terintegrasi dengan marketplace dan WhatsApp. Dengan begitu, kamu bisa mengelola dan memantau perkembangan bisnis secara efektif.

Tentang SIRCLO

Dimulai pada tahun 2013, SIRCLO adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brands berjualan online. SIRCLO menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise. Pada kategori entrepreneur, SIRCLO menawarkan platform pengelolaan toko online UMKM untuk berjualan di 3 platform yang berbeda (website, marketplace, chat commerce), yaitu SIRCLO Store. Pada kategori enterprise, SIRCLO menawarkan layanan e-commerce enabler secara end-to-end melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear, serta dipercaya oleh brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, dan Levi’s. Berlokasi di Green Office Park 1, The Breeze (BSD – Serpong), hari ini SIRCLO memiliki 700 karyawan serta perwakilan yang berbasis di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!