Blog

Ingin Berbisnis? Ini 5 Alasan Kenapa Menjadi Sociopreneur Patut Jadi Pilihan

Banyak orang, khususnya anak muda, yang tidak ingin sekadar bekerja atau berbisnis untuk mendapatkan penghasilan. Semua orang tentu ingin memiliki gaji besar atau mempunyai bisnis yang sukses dengan profit yang besar. Namun pendapatan bukan satu-satunya motivasi. Tujuan dan makna kerap menjadi motivasi yang tak kalah penting dalam bekerja atau berbisnis.

Apakah kamu salah satu orang yang demikian? Jika ya, menjadi seorang sociopreneur patut kamu pertimbangkan. Sociopreneur merupakan orang yang membangun bisnis bukan hanya untuk profit tapi juga untuk menciptakan dampak sosial. Jenis bisnis ini semakin banyak dilirik akhir-akhir ini sehingga jumlah social enterprise pun terus bertambah. 

Baca juga: 8 Hal yang Bisa Pebisnis Lakukan untuk Ikut Menjaga Kelestarian Lingkungan

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari menjadi seorang sociopreneur, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Berikut 5 alasan yang juga menjadi kelebihan dari menjadi seorang sociopreneur

Membawa Dampak Positif Bagi Orang Lain

Pertama, jelas kamu akan bisa memberikan dampak positif bagi orang lain. Pasalnya, social enterprise didasarkan pada nilai sosialnya. Dengan upaya memecahkan masalah sosial dan menawarkan solusi alternatif, kamu pun bisa turut berkontribusi bagi masyarakat. 

Terlebih lagi, saat ini ada banyak isu kompleks yang membutuhkan kontribusi banyak orang, mulai dari isu lingkungan, sosial, ekonomi, kesehatan, dan banyak lagi. Meskipun berbagai organisasi nirlaba dan pemerintah berupaya untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut, tetapi tetap dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak.

Lewat social enterprise, kamu bisa mendapatkan penghasilan sekaligus ikut ambil bagian dalam membantu memberikan solusi berkelanjutan terhadap berbagai kebutuhan dan masalah yang dihadapi masyarakat. 

Membangun Kesadaran akan Masalah Sosial

Tidak semua orang sadar akan berbagai masalah sosial yang ada di sekitar mereka. Kalaupun sadar, banyak orang yang ragu ataupun tidak bisa mengambil tindakan lebih lanjut untuk menanggapi masalah tersebut karena kesulitan akses, masalah kepraktisan, dan sebagainya. 

Lewat social enterprise, kamu bisa menawarkan produk atau jasa yang bernilai bagi konsumen sekaligus mengajak mereka untuk lebih sadar terhadap masalah sosial yang menjadi fokus dari bisnismu. 

Membangun Hubungan di Luar Tujuan Ekonomi

Bisnis sosial juga mamungkinkan terbangunnya hubungan yang kuat antar individu baik dalam lingkup sosial maupun ekonomi. Berbeda dengan bisnis tradisional pada umumnya, social enterprise mendukung terjalinnya hubungan yang dipupuk oleh dukungan emosional. 

Bahkan, hubungan yang terbangun bisa melebihi batas geografis. Berbagi sumber daya dan informasi dalam masyarakat  bisa bermanfaat bagi kelompok sosial serupa lainnya yang ada di negara lain. Bisnis sosial telah terbukti dapat menciptakan peluang terbentuknya hubungan baik antar dua negara serta memperkuat mereka yang terpinggirkan. 

Tujuan dan Kebahagiaan

Menjalankan bisnis sosial bisa memberikan tujuan dan makna dalam hidupmu lho. Kamu bisa benar-benar menghubungkan antara aspek ‘why’ dari bisnismu dengan bagaimana bisnismu bisa digunakan untuk membantu masyarakat alih-alih sekadar menggunakannya sebagai gimmick

Jika kamu benar-benar percaya dan peduli dengan misi yang kamu angkat, kamu akan punya motivasi untuk terus berjuang setiap harinya. Kamu pun akan merasa memiliki tujuan yang lebih besar dibanding sekadar mencari keuntungan. 

Lewat bisnismu, kamu jadi bisa memberikan kontribusi pada masyarakat. Hal ini tentunya akan membawa rasa kepuasan dan kebahagiaan yang mungkin tidak bisa didapat dari sebatas mendapatkan profit. 

Kepedulian Konsumen Semakin Meningkat

Saat ini, orang semakin peduli dengan produk yang mereka beli. Mereka ingin menggunakan produk atau jasa yang sejalan dengan nilai yang mereka pegang. Orang tidak lagi sekadar mempertimbangkan harga, tetapi juga hal lainnya seperti bahan yang digunakan, dampak produk tersebut terhadap lingkungan, dan lainnya. Lewat social enterprise, kamu bisa membangun hubungan dengan konsumen dan membantu mereka hidup selaras dengan nilai-nilai yang mereka pegang lewat produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Salah satu hal penting dalam membangun social enterprise adalah mendapatkan perhatian dan kesadaran dari masyarakat terkait misi yang kita jalankan khususnya target konsumen kita. Karena saat ini kebanyakan orang sudah terhubung dengan internet, kamu bisa mulai melakukan campaign dengan membuat website toko online dan akun media sosial. 

Baca juga: 8 Tips Menjadi Sociopreneur, Pebisnis yang Membawa Dampak Positif Bagi Masyarakat

Bagikan informasi yang mengedukasi masyarakat mengenai misi sosial dari bisnismu. Apa yang ingin kamu capai, dan siapa kelompok masyarakat yang terbantukan lewat misi tersebut. Update informasi seputar misimu mulai dari dana yang dibutuhkan, dana yang masuk, serta cara pendistribusiannya dengan detail pada web jualan online milikmu. Gunakan jasa pembuatan website toko online terpercaya agar website toko online kamu terlihat profesional dan terpercaya. Dengan demikian, kamu bisa menjalankan bisnis sosialmu dengan efektif dan efisien. 

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!