Blog

Ingin Memulai Bisnis Camilan dari Rumah? Ini Strateginya!

Menjalankan bisnis di tengah pandemi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ide bisnis menjadi fokus penting bagi pelaku usaha untuk bisa tetap bertahan. Bisnis camilan saat ini masih menjadi tren dikalangan para pelaku bisnis rumahan atau UKM. 

Bisnis camilan banyak dipilih para pelaku usaha selain karena modalnya yang terjangkau, bisnis camilan tetap menjadi pilihan karena tahan lama dan dapat disimpan. Hal ini selaras dengan kebijakan new normal yang diterapkan oleh pemerintah.

SIRCLO dan Mebiso punya tips untuk kamu yang ingin memulai bisnis camilan. Yuk, simak beberapa tipsnya!

Pastikan Segmen Pasar dan Fokus Produk Bisnismu

Untuk membuat ide bisnis, pertama yang perlu diketahui adalah mengetahui segmen target pasarmu. Hal ini akan mempermudah kamu untuk menentukan produk yang lebih tepat dan sesuai dengan target sasaranmu. Mengingat kondisi saat ini yang memaksa masyarakat untuk hidup lebih sehat dan memperhatikan kebersihan. Pastikan kamu memilih fokus produk yang sesuai dengan gaya hidup new normal saat ini.

Ide bisnis yang bisa dibuat yaitu menyediakan menu bahan baku atau ready to cook. Kamu bisa menjual paket yang tinggal dimasak sendiri atau menjual bahan bakunya. Buatlah menu camilan yang memiliki keunikan sebagai daya nilai jual.

Baca juga: Adopsi Digital Jadi Kunci Bertahan Bagi UMKM, Berikut 7 Caranya

Daftarkan Bisnis UKM Camilan pada Layanan Order Online

Jaga jarak menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam mengelola bisnis seperti saat ini. Memiliki layanan delivery atau bekerja sama dengan layanan pengiriman bisa menjadi salah satu jalan keluar. 

Oleh karena itu, cobalah untuk mendaftarkan bisnis camilanmu kepada mitra pengiriman online. Layanan ini akan membantu bisnis supaya tetap bisa bertahan dan mempertahankan pelanggan di tengah pandemi.

Beri Penawaran Menarik

Salah satu nilai plus lainnya adalah dengan menerapkan strategi bundling dengan menawarkan paket yang menggabungkan beberapa produk makanan. Hal ini tentunya akan sangat menarik perhatian calon pelanggan.

Kamu bisa memberi penawaran berupa pembelian secara bersamaan dengan harga yang lebih murah. Selain itu, kamu juga bisa melakukan promosi dengan memberikan voucher gratis ongkos kirim. Dengan melakukan penawaran-penawaran menarik seperti ini, konsumen akan terus terdorong untuk membeli produkmu.

Jangan Lupakan Pemasaran Produk

Hal yang tak kalah penting dalam menerapkan pemasaran usaha makanan ringan adalah melakukan penjualan melalui berbagai platform. Sebab, dengan memanfaatkannya, maka proses penjualan jadi lebih cepat dan pencatatan penjualan jadi rapi dan tersistem.

Kamu bisa memanfaatkan Instagram, Facebook, Tiktok, hingga beberapa marketplace. Selain itu, dengan melakukan hal ini maka calon pelanggan semakin menaruh kepercayaan pada brand yang dibangun.

___

Sumber: Mebiso.com

___

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!