Blog

Ingin Memulai Bisnis di Tengah Pandemi? Simak Dulu Strateginya

Dengan adanya pandemi Covid-19, banyak aktivitas bisnis pun terhambat. Bahkan ada juga bisnis yang terpaksa tutup akibat dampak ekonomi dari penyebaran virus ini. Tak sedikit pebisnis yang harus membuat keputusan sulit tentang masa depan bisnis mereka. 

Dengan banyaknya ketidakpastian ini, mungkin kamu bertanya: Memulai bisnis di tengah pandemi? Gak Salah? Kamu mungkin merasa memulai bisnis di saat bisnis-bisnis lain sedang kesulitan merupakan ide gila yang terlalu berisiko. Namun jangan salah. Di tengah keadaan seperti ini, beberapa jenis bisnis malah berkembang pesat. 

Banyak dari perusahaan-perusahaan raksasa saat ini diciptakan saat resesi sedang terjadi, seperti Uber, Whatsapp, Instagram, dan Slack. Sama halnya dengan kondisi saat ini, akan ada banyak bisnis inovatif yang bermunculan dari pandemi Covid-19 ini. 

Baca juga: Beda Platform, Beda Strategi: Manajemen Komunikasi Brand di Tengah Pandemi COVID-19

Dengan berubahnya kebiasaan dan gaya hidup orang banyak akibat pandemi ini, banyak pula peluang baru yang muncul. Walaupun demikian, memulai bisnis di tengah pandemi tentu memiliki tantangan dan risiko. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar siap sebelum mulai. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis di tengah pandemi. 

Cek Dulu Kondisi Finansial

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan atau memeriksa kondisi keuanganmu. Memulai bisnis tentu perlu modal. Misalnya saja, karena sekarang bisnis yang paling memungkinkan adalah bisnis online, artinya kamu perlu mengeluarkan modal untuk membuat website toko online

Kalau yang kamu ingin jual adalah produk, berarti kamu harus memiliki modal untuk membeli produk tersebut kemudian menyimpannya. Selain itu, tentu saja kamu juga harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memasarkan bisnismu. 

Oleh karena itu, pastikan kondisi finansialmu siap untuk memulai bisnis. Buat budget dan anggaran yang kira-kira akan kamu keluarkan untuk memulainya, kemudian periksa apakah jumlah tabunganmu memungkinkan untuk melaksanakannya. 

Analisis Peluang & Kebutuhan Pasar

Langkah selanjutnya adalah untuk melakukan analisis pasar. Menurut statistik, persentase belanja online kini meningkat. Kebutuhan orang pun bergeser. Orang mulai mencoba hobi-hobi baru, menanamkan kebiasaan baru, dan sebagainya. 

Produk kesehatan dan olahraga misalnya, penjualannya meningkat pesat dalam beberapa minggu terakhir. Di samping itu, orang-orang saat ini juga tidak takut untuk mencoba brand baru. Nah, ini jelas menjadi suatu peluang untuk berinovasi bukan?

Jika kamu ingin memulai bisnis, sebaiknya fokus pada jenis-jenis produk atau jasa yang bisa dibeli secara online. Dalam beberapa minggu terakhir misalnya, penjualan produk kesehatan dan olahraga sedang meningkat. 

Namun, jangan berhenti pada sekadar mengkapitalisasi produk-produk yang sedang tren saja. Modifikasi lagi bisnismu agar sesuai dengan pasar yang ingin kamu tuju dan evaluasi secara berkala agar bisnismu bisa bertahan dalam jangka panjang. 

Buat Target yang Jelas

Tentukan dengan spesifik siapa target dari bisnismu. Tidak mungkin untuk menargetkan bisnismu ke semua orang. Yang ada, nanti bisnismu jadi tidak punya fokus. Dengan punya target pasar yang jelas, kamu jadi bisa menyusun perencanaan, strategi, serta cara pendekatan yang tepat. 

Jika kamu sudah tahu bisnis apa yang ingin kamu buat tapi masih bingung siapa target pasar yang harus kamu tuju, coba tuliskan siapa saja kompetitor dari bisnis yang akan kamu buat kemudian analisis target pasar mereka. Dari situ, kamu bisa mendapatkan ide siapa target pasarmu sekaligus mencari tahu inovasi apa yang bisa kamu tawarkan yang belum dimiliki kompetitor bisnismu. 

Pertimbangkan Masalah Suplai

Kalau yang kamu jual adalah produk, hal yang satu ini sangat penting untuk kamu pertimbangkan sebelum memulai bisnis. Ada beberapa produk yang suplainya terhambat karena pandemi ini. Apalagi jika produk berasal dari luar negeri.

Maka itu, cari tahu terlebih dahulu apakah produk yang kamu tawarkan suplainya tidak akan terhambat. Misalnya kamu mau memulai bisnis catering, pastikan terlebih dahulu pasokan bahan baku bisa terpenuhi setiap harinya. Jangan sampai sudah terima pesanan, tetapi produk malah kosong. 

Cari SDM yang Berkualitas

Saat ini banyak perusahaan yang mulai memberhentikan karyawannya. Ini bisa menjadi kesempatan untuk kamu mencari sumber daya manusia yang berkualitas untuk membantumu menjalankan bisnis. Kualitas SDM ini penting untuk kelangsungan bisnismu dalam jangka panjang lho. Bagus tidaknya bisnismu di mata target pasarmu salah satunya bisa ditentukan oleh kualitas SDM yang kamu punya. 

Berikan Pelayanan Customer yang Terbaik

Kualitas layanan pelanggan sangat berpengaruh terhadap kelancaran bisnis. Jika terdapat dua bisnis yang sama persis, bisnis dengan pelayanan customer yang baik yang akan bertahan. Kalau kamu bisa memberikan pelayanan yang baik, maka customer pun tidak akan ragu merekomendasikan bisnismu ke orang-orang di sekitarnya. 

Dalam keadaan seperti ini, mungkin bisnis-bisnis yang lebih besar butuh waktu yang lebih lama untuk memproses permintaan pelanggan. Atau bisa juga mereka lebih susah untuk dihubungi. Dengan memberikan pelayanan yang lebih oke, kamu jadi bisa menarik hati pelanggan bisnis-bisnis besar tersebut dan menjadikan mereka customer bisnismu. 

Maksimalkan Kehadiran Online

Karena semua orang sebagian besar melakukan kegiatan berbelanja mereka secara online, kehadiran online jadi sangat penting dalam membangun bisnis. Maka itu, pastikan bisnismu mudah ditemukan secara online, mulai dari media sosial hingga website toko online. Jadi calon pelangganmu bisa dengan mudah menemukan apa yang mereka cari.

Pastikan profil media sosial dan tampilan website toko online-mu terlihat rapi dan profesional sehingga calon pembeli tidak ragu untuk mengambil tindakan lebih lanjut. Punya web jualan online yang responsif juga sangat penting agar calon pembeli tidak bingung saat mencari produk. Tuliskan deskripsi bisnis maupun tiap produkmu agar pengunjung web jualan online-mu tahu apa yang akan mereka beli.

Baca juga: Tips agar Bisnis Online Tetap Jalan saat Social Distancing

Jika kamu membutuhkan web jualan online secara cepat, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website ecommerce yang dapat membantumu membuat website toko online dalam waktu yang singkat. 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, memulai bisnis di tengah pandemi bukan menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan. Setelah menyusun strategi, jangan menunda-nunda untuk memulai ya. Nanti keduluan orang lain lho. Selamat mencoba!

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit