Blog

Ini 6 Kategori Produk yang Paling Diburu Saat Harbolnas

Momen Harbolnas memang menjadi momen dimana jumlah transaksi dan penjualan bisnis melonjak pesat. Pada momen ini, sebagian besar bisnis khususnya bisnis ritel dan marketplace memberikan potongan harga besar-besaran. Tahun lalu, jumlah transaksi Harbolnas mencapai Rp 9,1 triliun. Angka ini pun terus meningkat setiap tahunnya. 

Baca juga: Bagaimana Pengaruh Harbolnas Terhadap Perekonomian Digital di Indonesia?

Lalu produk apa saja yang paling banyak dicari dan dibeli selama Harbolnas? Berikut 6 kategori produk yang paling diburu saat pesta belanja online.

Pakaian

Walaupun pandemi membuat masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah, ternyata pakaian tetap menjadi salah satu produk yang paling banyak dicari. Namun berdasarkan data Tokopedia, pada Harbolnas kali ini pakaian yang lebih banyak dicari adalah celana pendek, kaos, baju tidur, pakaian dalam, dan aksesoris seperti kacamata dan jam tangan. Di samping itu, produk fashion muslim seperti jilbab dan gamis serta perlengkapan ibadah juga jadi salah satu jenis pakaian yang populer. 

Perawatan & Kecantikan

Produk perawatan dan kecantikan menjadi salah satu kategori produk yang penjualannya melonjak pesat pada Harbolnas tahun ini. Data dari penjualan Tokopedia pada kuartal ke-3 tahun ini menunjukkan jumlah pembelian produk kecantikan lokal meningkat 10 kali lipat. 

Produk-produk seperti pembersih wajah, krim, dan serum wajah lokal menjadi produk perawatan yang paling banyak dicari. Selain perawatan wajah, produk perawatan tubuh juga meningkat penjualannya. 

Makanan & Minuman

Selama pandemi, banyak orang yang jadi lebih sering memasak dibanding biasanya. Hal ini membuat produk sembako serta bahan makanan & minuman meningkat permintaannya. Beberapa produk yang banyak dicari di antaranya telur, mi instan, ikan, teh, kopi lokal, dan madu.

Produk Kesehatan

Sejak awal pandemi, produk kesehatan menjadi salah satu produk yang paling banyak diburu. Pasalnya, kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan lebih meningkat. Penjualan produk kesehatan disebutkan meningkat 2,5 kali lipat. Produk yang biasanya dicari adalah masker dan pelindung wajah.

Peralatan Rumah Tangga

Masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah juga menyebabkan penjualan peralatan rumah tangga meningkat. Produk-produk seperti pengharum ruangan, bantal, rak sepatu & sandal penjualannya meningkat hingga dua kali lipat. Hal ini dikarenakan menghabiskan sebagian besar waktu di rumah membuat banyak orang berupaya untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman di rumah.

Gadget & Alat Elektronik

Selain peralatan rumah tangga, meningkatnya aktivitas di rumah juga berpengaruh terhadap penjualan gadget & alat elektronik. Apalagi, pandemi membuat banyak aktivitas jadi beralih ke online mulai dari sekolah hingga bekerja. 

Alhasil, produk-produk seperti power bank, tripod untuk telepon seluler, meja laptop, webcam, headset, mouse, dan earphone mengalami peningkatan yang cukup pesat. Selain aksesoris gadget, produk elektronik seperti antena, bohlam pintar, receiver TV, hingga Wi-Fi extender juga cukup banyak diminati. 

Harbolnas menjadi peluang besar bagi pebisnis khususnya bagi kamu yang menjual kategori produk di atas. Namun, tingginya minat konsumen juga berarti tingkat kompetisi yang juga ketat. Maka itu, jangan lupa mempersiapkan strategi penjualan bisnismu untuk Harbolnas dengan matang.

Baca juga: SIRCLO Dukung UMKM dan Brand Lokal melalui Program #MulaiSekarang

Mendekati Harbolnas, kamu juga perlu mempersiapkan jualanmu, nih! Yuk, ikuti program #MulaiSekarang SIRCLO untuk berjualan online dengan platform pilihanmu dan biaya sesuai budget. Klik di sini untuk #MulaiSekarang!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!