Blog

Ini Alasan Brand Ritel Perlu Official Store di Marketplace

Saat ini semakin banyak orang memilih untuk membeli kebutuhannya secara online. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti ini dimana orang-orang membatasi aktivitas di luar rumah, penjualan online pun meningkat pesat. 

Makanya tak heran banyak pebisnis yang awalnya menjual produknya secara offline kemudian ikut bergabung ke platform penjualan online seperti marketplace. Marketplace merupakan salah satu platform yang bisa digunakan oleh pebisnis ritel untuk menjangkau lebih banyak konsumen. 

Namun, pebisnis ritel juga perlu mengetahui cara-cara yang tepat untuk berjualan di marketplace untuk bisa menghadapi persaingan yang ketat. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisnis ritel bisa meraih konsumen di marketplace adalah dengan memanfaatkan fitur official store

Baca juga: 6 Kategori Produk yang Laris Dijual di Marketplace, Apa Saja?

Tiap marketplace memiliki sebutan official store-nya sendiri. Di Shopee dan Bukalapak misalnya, official store disebut Shopee Mall dan BukaMall sementara di Tokopedia dan Blibli sebutannya adalah Official Store. Official store sendiri menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan toko reguler, di antaranya:

Lebih Mudah Dicari

Biasanya marketplace memiliki halaman ataupun bagian khusus untuk official store. Selain itu, sejumlah marketplace juga memberikan tambahan badge khusus untuk official store. Artinya, visibilitas toko online kamu akan lebih tinggi dibandingkan toko online reguler. Dengan begitu toko dan produk kami jadi bisa lebih terlihat saat pengguna mengunjungi marketplace tersebut atau mencari suatu barang.

Tampilan Toko yang Lebih Menarik

Tak hanya dari pencarian, kebanyakan marketplace juga memberikan tampilan khusus bagi toko official store. Biasanya official store diberikan akses ke tampilan desain yang lebih menarik sehingga toko terlihat lebih rapi dan profesional. Dengan tampilan yang mudah, pembeli pun akan lebih betah mengeksplorasi tokomu, melihat-lihat barang, dan akhirnya melakukan transaksi. 

Akses Data Penjualan

Rata-rata marketplace menawarkan akses terkait data penjualan kepada merchant official store. Artinya kamu bisa lebih memahami kebiasaan belanja konsumen kamu. Dari data-data tersebut, kamu kemudian dapat merencanakan strategi pemasaran dan penjualan yang tepat untuk ke depannya sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Mendapatkan Promo Khusus

Marketplace biasanya menawarkan promo spesial bagi para merchant official store. Ini akan memberikan tokomu keunggulan karena biasanya marketplace memiliki program promo khusus official store pada hari-hari tertentu. Jadi di saat toko reguler yang menjual produk serupa dengan tokomu menawarkan harga biasa, kamu bisa menarik calon pembeli lewat promo-promo tersebut. 

Sejumlah marketplace juga menawarkan sejumlah fitur promo spesial bagi official store. Di Tokopedia misalnya, penjual diberi kebebasan untuk merencanakan dan mengatur diskon sesuai anggaran. Di Shopee, official store bisa mendapatkan informasi terlebih dahulu terkait promo terbaru dibanding penjual reguler sehingga kamu bisa menyesuaikan strategi dengan promo yang diadakan oleh marketplace.

Akses ke Fitur-Fitur Khusus

Keuntungan menjadi official store lainnya adalah kamu akan mendapat akses ke fitur-fitur khusus yang tidak didapatkan toko reguler. Di Tokopedia misalnya, official store bisa bebas mengatur pengiriman serta dapat memberikan pembeli gratis ongkir. Di Shopee, kamu bisa mendapatkan akses prioritas ke fitur-fitur terbarunya. Di Bukalapak,  tokomu akan dipromosikan di newsletter dan media sosial. Dengan fitur-fitur khusus, kamu pun bisa memaksimalkan penjualan bisnis ritelmu. 

Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Terakhir dan paling penting, official store akan memberikan rasa aman dan kepastian kepada calon pembeli saat membeli barang. Pasalnya, pembeli tidak takut terjebak penipuan saat belanja dari official store. Tak hanya itu, beberapa marketplace seperti Tokopedia menawarkan asuransi gratis untuk semua barang. Hal ini tentunya akan membuat pembeli lebih yakin untuk membeli dari toko official store.

Apalagi dengan meningkatnya aktivitas belanja online akibat pandemi Covid-19, banyak orang pun mencari toko online yang terpercaya untuk membeli kebutuhannya. Apalagi di saat banyak orang mencari produk kesehatan dan sanitasi, keaslian dan keamanan produk menjadi krusial. 

Official store pun terbukti menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja online. Seminggu setelah pengumuman dua kasus pertama COVID-19 di Indonesia, official store di berbagai channel marketplace mengalami pertumbuhan traffic lebih dari 4 kali lipat dibandingkan minggu sebelumnya. 

Baca juga: Terapkan Tips-Tips Ini Agar Bisa Bersaing dengan Kompetitor di Marketplace

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, membuat official store di marketplace untuk bisnis ritelmu tidak hanya mendukung transformasi digital bisnismu tetapi juga membantumu meraih konsumen dan mendapatkan kepercayaan mereka. 

Agar jangkauan bisnis ritelmu semakin luas, kamu bisa membuat official store sekaligus di beberapa marketplace. Mengelola banyak channel marketplace tentu akan lebih mudah jika kamu menggunakan layanan channel management seperti SIRCLO Commerce yang memudahkan kamu untuk mengoperasikan toko secara end-to-end mulai dari pengelolaan gudang, pemesanan, hingga pengiriman. 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!