Blog

Ini Cara Mengelola Keuangan Bisnis yang Tepat setelah Ramadan!

Saat lebaran, omset bisnis pada umumnya meningkat khususnya bisnis online karena masyarakat lebih sering belanja dibanding biasanya. Pasca bulan Ramadhan, penjualan biasanya kembali menurun. Bahkan bisa turun lebih dari sebelum bulan puasa. 

Pada masa transisi ini, penting untuk bisa mengatur keuangan khususnya omset yang sudah didapat dari penjualan di bulan Ramadhan agar bisnis bisa tetap berkembang. Berikut beberapa tips menata keuangan bisnis dengan efektif setelah bulan Ramadhan.

Baca juga: Setelah Idul Fitri, Ini 4 Momentum yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Meningkatkan Penjualan

Atur Rencana Pengeluaran

Yang paling pertama harus kamu lakukan dalam menata omset yang telah didapat dari hasil penjualan di masa lebaran adalah membuat rencana pengeluaran. Bagi omset ke dalam beberapa pos, antara lain biaya produksi, pemasaran, dan lainnya. Baru kemudian sisanya kamu sisihkan untuk mengembangkan bisnismu, misalnya untuk peluncuran produk baru. Jangan lupa juga untuk sisihkan sebagian uang untuk dana darurat. 

Bayar Keperluan Operasional

Setelah menyusun rencana pengeluaran, segera penuhi pembayaran operasional yang harus diselesaikan. Hindari menunda-nunda pembayaran agar bisnis bisa tetap berjalan lancar dan stabil. 

Malah dengan dana lebih yang kamu dapat dari omset bulan Ramadhan, kamu jadi bisa memenuhi berbagai keperluan operasional yang tadinya kamu kesampingkan. Dengan demikian, kamu bisa melayani pelanggan dengan baik dan bahkan menarik lebih banyak lagi pembeli.

Lunasi Pinjaman

Jika kamu mengajukan pinjaman untuk meningkatkan kebutuhan produksi di bulan Ramadhan, gunakan omset yang kamu dapat dari penjualan untuk melunasi pinjaman tersebut. Menunda pembayaran hutang bisa menyakiti keuangan bisnismu. Maka itu, sisihkan juga hasil pendapatan untuk melunasi hutang-hutang yang ada. Sehingga nanti pendapatan di bulan-bulan selanjutnya bisa kamu fokuskan untuk mengembangkan bisnis alih-alih untuk membayar hutang beserta bunga.  

Alokasikan Dana untuk Mengembangkan Bisnis

Terakhir jangan lupa untuk sisihkan dana untuk mengembangkan bisnismu. Kamu tentu mau usahamu semakin besar dan memiliki banyak pelanggan. Dengan menyisihkan sebagian omset, kamu bisa fokus melakukan berbagai inovasi seperti mengembangkan produk baru, menerapkan strategi pemasaran, meningkatkan layanan, dan sebagainya. 

Baca juga: 5 Tips Pembukuan untuk Atur Keuangan Bisnis UKM

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis adalah dengan membuat website toko online. Dengan memiliki web jualan online, bisnismu jadi terlihat lebih profesional dan calon pembeli pun lebih yakin untuk menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Gunakan jasa pembuatan toko online murah dan lengkap agar website toko online-mu terlihat menarik dan mudah digunakan tanpa membuat pengeluaran membengkak. Dengan demikian, kamu bisa sukses jualan online!

Kami mengerti bahwa kesuksesan bisnis online Anda adalah yang paling utama.

Mulai kisah sukses Anda sekarang juga!