Blog

Ini Dia 6 Cara Membuat Deskripsi Produk Toko online Yang Baik dan Benar

Sebuah toko online yang bagus tentunya akan memiliki nilai profesionalitas yang tinggi. Hal ini dapat ditunjukan dengan berbagai cara seperti membuat desain tampilan toko online kamu secantik mungkin atau dengan membuat etalase produk yang selengkap dan sedetail-detailnya. Secara tidak langsung, pada masa sekarang ini pembeli dapat menebak mana toko online yang benar-benar bisa dipercaya atau tidak. Salah satunya adalah dengan kelengkapan deskripsi yang ada di toko online kamu. Nah, disitulah kesempatanmu !

Lengkapi produk-produk kamu dengan deskripsi produk yang bersifat informatif dan menarik perhatian. Usahakan agar para pembeli berlarut larut dalam menjelajah toko online kamu dengan membaca beberapa deskripsi yang bisa menambah wawasan. Jangan biarkan mereka hanya berkunjung sesaat kemudian pergi. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat deskripsi produk yang baik dan benar :

Gunakan Kalimat Persuasif, Dengan Begitu Pembeli Akan Merasa Bertemu Langsung Dengan Kamu

Seperti yang kamu ketahui, jual beli online itu dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Kamu dapat menjual produk kamu dari rumah tanpa harus bertemu langsung dengan pembeli. Pembeli cukup melihat-lihat produk yang kamu jual melalu etalase toko online miliki kamu. Namun tidak ada salahnya memberikan kesan nyaman kepada pembeli ketika mereka sedang membaca-baca deskripsi produk yang kamu tulis. Buat seolah-olah kamu sedang berbicara dan menawarkan produk kamu kepada mereka. Tulislah sesuatu yang mengajak mereka untuk membeli produk tersebut. Misalnya “Anda pecinta kuliner Jepang? Tapi tak punya waktu untuk mengunjungi restaurant Jepang? Ramen instan XYZ bisa menjadi plihan yang tepat. Kamu bisa mebuatnya di rumah hanya dengan waktu 5 menit”.

Tulis Apa Yang Menjadi Keunggulan Produk Tersebut, Kenapa Mereka Harus Membeli Produk Yang Kamu Jual

Ketika berjualan, seharusnya kita sudah mengetahui apa kelebihan produk yang kita jual. Begitupula dengan pembeli. Ketika ingin melakukan pembelian secara online, kebanyakan dari pembeli sudah melakukan riset kecil-kecilan. Mereka mebandingkan produk-produk di beberapa toko online. Disitulah kesempatan kamu untuk menarik mereka, sertakan deskripsi mengenai kelebihan dan keunggulan dari produk kamu. Tulis pula fitur-fitur yang dimiliki oleh produk tersebut. Tapi ingat, jangan pernah menyebut toko atau merek lain karena itu bisa menjadi persaingan yang tidak sehat.

Spesifikasi Produk Memang Penting, Tidak Ada Salahnya Mencantumkannya Dalam Bentuk List Atau Tabel

Berdasarkan fakta, mata manusia cenderung untuk menghindari bacaan dengan jumlah kalimat yang terlalu padat. Oleh karena itu hindari menulis deskripsi produk dalam paragraf yang bersusun-susun. Cukup satu atau dua paragraf singkat yang berisikan tentang deskripsi dan keunggulan produk. Sedangkan untuk spesifikasi produk bisa kamu tuliskan dalam bentuk list ataupun tabel. Misalnya adalah tabel ukuran baju, tabel spesifikasi handphone, atau dapat juga berupa list-list mengenai fitur produk kamu.

Sertakan Keyword Yang Sesuai Dengan Judul Produk, Itu Dapat Menambah Nilai SEO Toko Online Kamu

Dalam menulis deskripsi produk, ada baiknya kita tentukan terlebih dahulu keyword apa yang ingin kita gunakan untuk produk tersebut. Tujuannya adalah ketika kita atau pun pembeli di luar sana mengetik keyword tersebut pada mesin pencari google maka halaman toko online kita menempati urutan teratas pada halaman pertama google. Ulangi keyword tersebut pada deskripsi kamu sebanyak dua hingga tiga kali, tetapi jangan terlalu banyak. Misalkan kamu menjual kaos bergambar doraemon, kemudian keyword yang kamu tentukan adalah “kaos distro doraemon”, maka ulangi beberapa kali penulisan keyword tersebut pada deskripsi produk kaos bergambar doraemon.

Upload Foto Produk Dengan Background Polos dan Senada Sehingga Pandangan Pembeli Fokus Pada Produk Yang Kamu Jual

Mungkin kamu berpikir bahwa foto produk yang bagus adalah foto yang memiliki background beraneka warna dan difoto menggunakan kamera super canggih yang bisa menghasilkan background dengan efek blur yang sangat cantik. Jika tujuannya untuk fotografi, itu memang tidak salah, tetapi jika foto tersebut ingin kamu upload pada etalase produk toko online milik kamu, maka ada baiknya lakukan pengeditan terlebih dahulu. Hilangkan background foto menjadi warna putih ataupun warna cerah yang senada dengan desain toko kamu. Tujuannya adalah agar para pembeli online terfokus pada produk kamu, bukan pada background ataupun benda-benda dibelakangnya.

Buat Semuanya Menjadi Simple, 10 Detik Pertama Adalah Waktu Yang Tepat Untuk Menarik Minat Pembeli

Perlu dikatahui bahwa yang kamu tulis adalah deskripsi produk bukan sebuah artikel. Jangan membuat pembeli bosan dengan jumlah tulisan yang panjang lebar. Mereka cenderung untuk tidak membaca deskripsi produk jika deskripsi yang kamu buat terlalu panjang. Dalam waktu 10 detik mereka hanya akan melihat judul dan gambar produk kemudian pergi meningalkan halaman tersebut. Alangkah baiknya tulis saja hal-hal penting yang umumnya orang cari dari produk tersebut. Usahakan pula deskripsi yang kamu tulis berbeda dengan toko lain. Hindari menyalin deskripsi produk dari toko lain, selain bisa mengurangi nilai SEO juga bisa mengurangi nilai profesionalitas toko kamu.

Dari keenam cara membuat deskripsi produk diatas, manakah yang sudah kamu terapkan pada toko online milik kamu? Jika belum, ayo segera terapkan agar toko online milik kamu dipenuhi oleh pengunjung!

Mau punya toko online sendiri? Klik www.sirclo.com 

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!